30 Anime Mirip Sword Art Online (SAO), Salah Satu Anime Action Terbaik Yang Menceritakan Terjebak Di Dunia Game

Suitofile Mei 09, 2018
Sword Art Online (SAO) mengisahkan tentang seorang remaja bernama Kirigaya Kazuto yang terjebak di dalam dunia game online bernama "Sword Art Online". Seri ini merupakan anime bertema dunia game pertama yang berhasil merebut hati para penonton dan memiliki popularitas yang sangat tinggi di kalangan pengemar anime di seluruh dunia.

Walaupun banyak anime tentang dunia game seperti SAO yang sudah tayang terlebih dahulu, tapi nampaknya seri ini adalah seri yang pertama kali sukses merebut hati jutaan penggemar anime. Jadi jangan heran kalau anime ini sering sekali dibicarakan oleh banyak orang.

Nah dikesempatan kali ini, Suitosite akan membahas nih sederetan anime yang bisa dikatakan mirip dengan SAO, anime apa saja itu? Berikut adalah beberapa daftar anime mirip Sword Art Online (SAO) versi Suitosite.

Baca Juga30 Anime Mirip Darling in the FranXX, Salah Satu Anime Mecha Terbaik Dengan Kisah Cinta Segitiga

Daftar Anime Mirip SAO (Sword Art Online)


#30. Yu Gi Oh! Duel Monsters

anime mirip sao
Mengisahkan tentang petualangan seorang anak laki-laki bernama Yugi Mutou. Suatu hari ia diberi hadiah oleh kakeknya sebuah kotak yang berisi kepingan-kepingan puzzle antik, yang disebut sebagai Millenium Puzzle.

Setelah bertahun-tahun menyusun puzzle ini, tiba-tiba roh yang berada di dalamnya berhasil keluar dan merasuki tubuh Yugi dan menjadi semacam kepribadian yang lain, yaitu: Yami Yugi (Yugi Kegelapan). Yu-Gi-Oh! Duel Monster berkisar pada perjalanan roh seorang Pharaoh Mesir kuno yang mencoba untuk menemukan kembali ingatannya bertahun-tahun yang lalu.

Dengan bantuan Yugi Mutou, dan juga teman-temannya, ia berpertempuran melawan banyak penjahat. Banyak penjahat yang telah berhubungan dengan Pharaoh Tak Bernama terakhir itu, karena ia memegang Millenium Puzzle.

#29. Gin no Guardian

anime mirip sao
Lu Shuiyin mungkin miskin, tapi didalam game dia dikenal sebagai professional gamer, bahkan dia bisa mengalahkan banyak musuh hingga bos dengan perlengkapan gratisan, dan dia sudah terkenal akan kehebatannya.

Meskipun terkenal, tapi tidak ada orang yang mengetahi kebenaran identitasnya ini kecuali teman kelasnya, yaitu Lu Lian. Suatu hari Shuiyin menerima perangkat mobile misterius dari Lu Lian. Namun, tak lama setelah itu Lu Lian diculik sebelum menjelaskan perangkat tersebut.

Shuiyin pun segera mencari cara untuk menyelamatkannya, dan tanpa sengaja dia mengaktifkan perangkatnya yang membuatnya dapat masuk ke dalam permainan dunia virtual.

#28. Fractale

anime mirip sao
Bercerita tentang seorang anak yang tinggal di suatu tempat di dunia yang memakai sistem Fractale, dimana kedamaian, kesehatan, kesejahteraan, dan segala utopia manusia terjamin di dalamnya. Sementara itu, di lain pihak terdapat para teroris dari tempat yang tidak terjangkau sistem Fractale yang berusaha menghancurkan sistem Fractale karena mereka menginginkan kemerdekaan sesungguhnya dan mereka adalah orang-orang yang mengetahui rahasia sistem Fractale.

Cerita ini terjadi di sebuah pulau, di mana "Fractale System" mulai runtuh. Suatu hari, Clain menemukan seorang gadis yang terluka bernama Phryne di bawah tebing. Dia menghilang meninggalkan liontin. Clain melakukan perjalanan dengan gadis berbentuk avatar Nessa untuk mencari Phryne dan menemukan rahasia Sistem Fractale.

#27. Tales of Zestiria the X

anime mirip sao
Bercerita disebuah dunia fantasy, dimana hidup hewan mitos dan berbagai ancaman iblis kegelapan yang ingin menguasai dunia. Didunia yang busuk karena kedengkian orang orang, yang menyebabkan berbagai macam bencana, didalam dunia yang hampir mencapai kehancuran tersebut, sang penyelamat di dibutuhkan untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh iblis dan kedengkian.

Cerita utamanya berfokus pada Sorey, seorang manusia yang tumbuh di antara "seraphim" yaitu roh yang tak terlihat oleh manusia. Sorey percaya pada dongeng yang mengatakan bahwa "dulu kala semua orang bisa melihat seraphim" dan bermimpi mengungkap misteri kuno untuk menciptakan dunia dimana orang-orang dan seraphim dapat hidup damai bersama.

Suatu hari, Sorey mengunjungi ibu kota untuk pertama kalinya. Namun, ia terlibat dalam kejadian yang membuatnya mencabut pedang suci yang tertancap di batu dan menjadikannnya "Shepherd", seorang yang berperan untuk menyelamatkan dunia dari bencana.

Dari sinilah Sorey mengumpulkan berbagai macam Seraphim yang tersebar diseluruh dunia untuk dijadikan teman dan diselamatkan, serta berencana untuk mensucikan dunia dari kedengkian yang menjadikan iblis semakin kuat.

#26. Persona 4 the Animation

anime mirip sao
Anime yang diangkat dari sebuah game ini menceritakan tentang Yu Narukami yang merupakan murid pindahan di SMA Yasogami. Yu tinggal bersama pamannya yang berprofesi sebagai detektif dan sepupunya yang masih kecil. Saat pertama kali masuk ke SMA Yasogami ia mengalami kehidupan SMA seperti biasa.

Saat disekolah, Yuu mendengar rumor dari teman sekelasnya, bahwa pada tengah malam, TV di kota Inaba akan hidup dan berpindah cannel kesebuah saluran misterius, dan di saluran itu, ramalan mengatakan, bahwa orang yang terlihat didalam TV akan meninggal dunia.

Ternyata bukan hanya hal itu yang membuat Yu terkejut, ia juga terkejut mengetahui bahwa dirinya bisa masuk ke dalam televisi. Sejak kejadian tersebut, banyak peristiwa-peristiwa pembunuhan yang terjadi. Dengan tersedotnya Yuu dan kawan kawan, mereka menemukan diri mereka disebuah kota misterius, dimana kota sunyi, dengan monster kegelapan mengejar mereka, tapi, dengan terlibatnya mereka dengan kejadian supranatural itu, sebuah kekuatan yang disebut dengan "persona" mereka dapatkan.

#25. Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri

anime mirip sao
Cerita anime ini bermula ketika sebuah gerbang raksasa (Gate) muncul di Tokyo. Tiba-tiba dari gerbang tersebut muncul para tentara dengan pakaian abad pertengahan yang langsung menyerbu warga yang sedang berjalan-jalan di sana.

Tidak hanya para manusia, para makhluk yang hanya ada di cerita seperti Orc, Goblin dan Wyvern juga muncul dan ikut menyerang. Seorang tentara otaku bernama Youji Itami yang kebetulan sedang berlibur ditempat kejadian tersebut pun mau tak mau harus bergerak cepat untuk mengevakuasi penduduk sekitar yang terjebak diantara tentara misterius tersebut.

Setelah mereka dapat menaklukkan serangan dari dunia di balik gerbang, pihak pemerintah Jepang mengirim pasukan kecil untuk melihat situasi dunia baru tersebut. Dipimpin oleh Itami, mereka menemukan sebuah desa yang diserang oleh seekor naga.

Seorang elf yang berhasil selamat dari serangan tersebut akhirnya bergabung bersama Itami dan kawan-kawan, mereka pun berpetualang menjelajah dunia baru tersebut.

#24. Shakugan no Shana

anime mirip sao
Dahulu kala, seorang penyair menemukan bahwa ada makhluk-makhluk yang bukan penghuni dunia ini membaur di tengah-tengah manusia. Mereka berasal dari dunia lain yang kemudian disebut sebagai Guze (Dunia Merah). Para penghuni Guze yang menyeberang ke dunia manusia disebut Guze no Tomogara.

Untuk dapat bertahan dan melakukan berbagai hal di dunia manusia, para Tomogara membutuhkan kekuatan yang disebut Sonzai no Chikara atau kekuatan eksistensi manusia. Manusia yang "dimakan" akan kehilangan segala bukti bahwa dirinya pernah eksis di dunia dan tidak ada seorangpun yang mengingat mereka.

Namun masalah terbesar dari ulah Tomogara ini sebenarnya ada pada keseimbangan dua dunia yang menjadi goyah jika Sonzai no Chikara terus-menerus dimakan. Sekelompok Tomogara berkekuatan besar yang bergelar Guze no Oh kemudian memutuskan untuk menghentikan para Tomogara yang terus-menerus memakan eksistensi manusia ini.

#23. Sousei no Onmyouji

anime mirip sao
Rokuro adalah anak dari keluarga exorcist, tapi ia lebih suka menjadi seorang penyanyi, pemain sepak bola atau apa pun itu selain menjadi seorang exorcist. Kedatangan Benio membuat Rokuro dipaksa untuk meningkatkan potensi kemampuan spirit-nya. Karena persaingan mereka, keduanya justru mendapat gelar “Twin Star Exorcists”, dua pejuang tertinggi yang ditakdirkan untuk menikah dan melahirkan prajurit spiritual tertinggi.

#22. Ragnarok The Animation

anime mirip sao
Cerita anime ini terjadi di Rune Midgard, sebuah dunia yang dihuni manusia dan monster. Suatu hari terjadi keanehan dimana banyak manusia yang terbunuh oleh segerombolan monster. Sejak itu suasana di Rune Midgard dipenuhi dengan peperangan antara manusia dan monster dibawah kendali Dark Lord. Sang raja kegelapan ini ingin menciptakan kekacauan di dunia dengan bantuan tujuh kristal yang mewakili tujuh ambisi (juga dikenal sebagai Tujuh Kekuatan) yang disegel.

#21. Ixion Saga DT

anime mirip sao
Anime ini bercerita tentang seorang gamer bernama Hokaze Kon. Suatu hari, saat sedang bermain MMORPG kesukaannya, ia mendapat sebuah misi dari seorang gadis di dalam game. Tak lama setelah itu, ia terlempar ke sebuah dunia fantasi bernama Mira tepat di tengah pertarungan yang sedang berlangsung di dunia tersebut. Setelah secara tidak sengaja menyelamatkan Putri Ecarlate dari serangan musuh, ia diangkat menjadi kesatria yang bertugas melindungi Putri Ecarlate dari kerajaan St. Piria.

#20. Summer Wars

anime mirip sao
Summer Wars bercerita tentang seorang pelajar SMA bernama Koiso Kenji yang menghabiskan waktunya sebagai moderator sistem online OZ. Saat mulai musim panas dia diajak bekerja oleh Natsuki, seorang gadis senior yang populer untuk merayakan ulang tahun Neneknya yang ke 90.

Di tengah-tengah kegiatannya, sistem online OZ bernama "Love Machine" tiba-tiba mencuri akun Kenji dan avatarnya untuk menyerang infrastruktur di OZ, yang menyebabkan kerusakan yang cukup luas. Kaena hal ini, Kenji harus ekstra kerja keras supaya sitem OZ bisa pulih kembali.

#19. C: The Money of Soul and Possibility Control

anime mirip sao
Anime ini bercerita tentang kehidupan orang-orang yang saling bertarung di dunia lain untuk mendapatkan uang. Mereka bertarung di dunia Financial District. Pertarungan ini bisa mendatangkan uang yang banyak bagi mereka atau malah mendatangkan musibah di hidup mereka.

Yang menang akan mendapatkan banyak uang sementara yang kalah akan bangkrut dan masa depan mereka juga akan hancur. Mereka juga akan kehilangan sesuatu yang berharga bagi mereka seperti anak, istri, atau bahkan nyawa.

Cerita utamanya berpusat pada Kimimaro Yoga. Ia adalah siswa yang berharap bisa hidup dengan stabil dan menjalani hidup yang biasa tanpa terkena masalah.

#18. .hack//Roots

anime mirip sao
Setelah kehancuran "The World" pada tahun 2015, CC Korporasi dibangun kembali, permainan menggunakan data dari apa yang sebelumnya menjadi permainan lain dilakukan. "The World R: 2" kemudian dirilis pada 2016.

Sebuah pemain baru bergabung ke permainan itu, Haseo yang langsung dihidupkan kembali oleh seorang pria misterius yang dikenal sebagai Ovan. Dengan masalah PKS, Haseo segera menerima bantuan dari Harvest perempuan yang dikenal sebagai Shino.

Di tengah rasa ingin tahu dan kebingungan, Haseo bergabung dengan serikat yang dikenal sebagai Brigade Twilight. Yaitu serikat yang akan mencari objek legendaris yang dikenal sebagai "Kunci dari Twilight".

#17. Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku

anime mirip sao
Menceritakan Suzuki Ichirou, seorang programmer berumur 29 tahun yang tiba-tiba terlempar ke dunia fantasy seperti game. Di dunia itu, Suzuki berubah menjadi seorang anak berusia 15 tahun bernama Satou. Awalnya dia mengira sedang bermimpi, tapi keadaan disekitarnya terasa sangat nyata.

Tidak hanya itu, dia juga mendapat kekuatan besar yang membuatnya menjadi salah satu petualang level atas setelah mengalahkan segerombolan kadal. Demi bisa hidup damai dan bertemu dengan orang baru, Satou memutuskan untuk menyembunyikan levelnya.

#16. Hunter x Hunter (Arc Greed Island)

anime mirip sao
Anime ini bercerita tentang anak laki-laki berusia 12 tahun bernama Gon Freecss, yang berpetualang untuk menemukan ayahnya, Ging Freecss. Ging adalah seorang Hunter, yaitu anggota dari suatu kelompok elit yang memiliki segala macam izin untuk melakukan hal apapun dan memiliki segala macam hak akses istimewa lainnya.

Dalam petualangannya, Gon bertemu dengan tiga orang yang berasal dari latar belakang yang berbeda, yakni Killua Zoldyck, Leorio, dan Kurapika yang kemudian menjadi sahabatnya dalam mengarungi dunia Hunter x Hunter.

#15. Angel Beats!

anime mirip sao
Angel Beats! mengambil latar di sebuah SMA yang bertindak sebagai tempat untuk menghilangkan penyesalan mereka, di mana para siswanya belajar untuk menghilangkan sisa-sisa beban atau penyesalan dari kehidupan sebelumnya, sebelum melanjutkan ke kehidupan setelah kematian atau reinkarnasi.

Angel Beats bercerita tentang Otonasi Yuzuru, seorang pemuda yang terbangun di dunia afterlife dalam keadaan lupa ingatan. Setelah kebangkitannya di akhirat ini, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Nakamura Yuri (Yurippe) yang mengajaknya untuk bergabung dengan Shinda Sekai Sensen (SSS) untuk melawan gadis yang dianggap sebagai Tenshi (Malaikat).

#14. Guilty Crown

anime mirip sao
Anime ini berlatar waktu pada tahun 2039, dimana pada saat itu Jepang telah berada dibawah kendali sebuah organisasi multinasional yang disebut GHQ, akibat dilanda suatu virus tak dikenal sejak 10 tahun silam yang dikenal sebagai "Lost Christmas".

Suatu hari, secara kebetulan sang tokoh utama, Ouma Shu, seorang anak 17 tahun bertemu dengan Yuzuriha Inori, penyanyi kesukaannya yang terkenal di dunia internet. Pertemuan tak terduga ini menyebabkan kekuatan tesembunyi Ouma Shu muncul.

Ternyata Shu memiliki kekuatan supernatural di tangan kanannya yang dapat mengekstrak alat atau senjata dari tubuh teman-temannya. Kemampuan tersebut didapat Shu ketika ia bertemu dengan Inori yang ternyata merupakan anggota kelompok gerilyawan yang ingin membebaskan Jepang dari kendali GHQ yang disebut "Undertaker". Setelah pertemuan itu, Shuu mulai terseret dalam pertempuran sengit antara Undertakers dengan GHQ.

#13. Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

anime mirip sao
Dalam perjalanan pulang dari supermarket, Natsuki Subaru tiba-tiba dipindahkan ke sebuah dunia fantasi. Tanpa mengetahui kenapa ia bisa berada di sana dan tanpa mengetahui siapa yang memindahkan dirinya.

Saat akan menyusuri dunia itu tiba-tiba Subaru diserang oleh beberapa preman. Hanya berbekal tas belanjaan dan handphone ditangannya, ia tidak dapat berbuat apa-apa dan dipukuli oleh preman-preman itu.

Untungnya ia diselamatkan oleh wanita berambut perak yang mengakui dirinya sebagai Satella. Satella sedang mengejar orang yang mencuri lencananya, mengetahui hal itu Subaru berniat untuk membantu Satella karena telah menyelamatkan dirinya.

Saat Subaru berhasil menemukan pencuri dari lencana itu, ia tiba-tiba terlibat dengan hal yang lebih gelap dan menyebabkan dia dan gadis tersebut terbunuh. Namun dirinya tiba-tiba terbangun lagi di tempat awal ia berada pada dunia itu.

Tidak lama setelah itu Subaru menyadari bahwa dirinya mempunyai kemampuan "kembali dari kematian" yang memungkinkan dirinya kembali ke waktu sebelum ia meninggal dunia.

#12. Mondaiji-tachi ga Isekai kara Kuru Sou Desu yo?

anime mirip sao
Anime ini bercerita tentang 3 orang anak yaitu Sakamaki Izayoi, Kudou Asuka dan Kasukabe You, yang memiliki kekuatan super yang disebut "Gift". Saat ketiganya tengah bosan dengan keseharian mereka, muncullah amplop misterius yang saat dibuka, mereka malah terbawa ke dunia fantasi bernama "Little Garden".

Di dunia tersebut, terdapat kelompok-kelompok yang saling berseteru dan bertaruh nyawa untuk perebutan kekuasaan dalam kompetisi yang disebut dengan "Gift Game". Rupanya yang telah memanggil mereka bertiga ke dunia tersebut adalah seorang gadis bertelinga kelinci yang bernama Kuro Usagi.

Ketiga anak ini bergabung dengan komunitas "No Name" yang telah hancur dan membantu komunitas ini untuk meraih kembali kemakmuran mereka. Setelah mengetahui beberapa hal tentang Little Garden, mereka memutuskan untuk mengalahkan Demon Lords yang sedang berkuasa.

#11. Konosuba

anime mirip sao
Cerita bermula ketika Satou Kazuma, seorang pemuda yang merupakan hikikomori, meninggal dunia akibat kejadian yang sangat konyol dan memalukan. Sebelum masuk dunia afterlife, Kazuma bertemu dengan seorang dewi cantik bernama Aqua.

Dewi cantik ini menawarkan Kazuma bereinkarnasi ke sebuah dunia fantasi bergenre MMORPG dimana Kazuma bisa berpetualang layaknya hero dalam game dimana dia bisa melakukan petualangan dan bertarung melawan monster.

Aqua juga menawarkan beberapa item atau kemampuan yang hebat untuk dibawa ke dunia selanjutnya, tapi Kazuma malah memilih Aqua untuk dibawa ke dunia paralel ini. Namun, dia segera menyadari bahwa Aqua memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata, hal yang tidak menguntungkan bagi dirinya.

Dengan Aqua yang tidak dapat kembali ke dunianya sebelum Raja Iblis dikalahkan, mereka berdua membentuk sebuah tim dan merekrut dua anggota lain yaitu seorang penyihir yang terobsesi dengan ledakan bernama Megumin dan seorang crusader masokhis bernama Darkness.

#10. Quanzhi Gaoshou

anime mirip sao
Nah kalau anime mirip SAO yang satu ini sih menceritakan seorang pemain pro dalam game online Glory. Meskipun ia berada di puncak sebagai seorang player, ia dikeluarkan dari timnya karena berbagai alasan.

Dan tak lama setelah hal itu terjadi, ia mulai pensiun dari dunia game dan memilih bekerja di sebuah Internet Cafe sebagai seorang manajer. Suatu hari ketika Glory meluncurkan server kesepuluh, hasratnya untuk bermain game muncul lagi. Kini dengan bermodal pengalaman, kenangan masa lalu, dan senjatan buatan sendiri, ia kembali memainkan game ini.

#9. Mirai Nikki

anime mirip sao
Nah kalau anime ini sih bercerita tentang sebuah Survival Game untuk bertahan hidup. Kisahnya sendiri menceritakan Yukiteru Amano yang tiba tiba di jadikan kontestan oleh dewa ruang dan waktu bernama Deus Ex Machina.

Dalam permainan tersebut, ada 12 orang yang masing masing diberi semacam sebuah diari untuk membaca masa depan. Mereka yang ada dalam permainan ini hanya memiliki 2 pilihan untuk bertahan hidup, yaitu membunuh atau dibunuh. Bisa dibilang anime ini adalah salah satu anime action gore terbaik yang pernah ada hingga saat ini.

#8. Hai to Gensou no Grimgar

anime mirip sao
Anime mirip SAO berikutnya adalah Hai to Gensou No Grimgar. Nah kalo anime yang ini sih, para karakter dalam animenya ini tidak menyadari sama sekali kalau mereka sedang menjalani kehidupan seperti di dunia game. Hal ini terjadi karena ingatan mereka sebelum masuk ke dalam dunia game tersebut sudah dihapus.

Animenya sendiri menceritakan sekelompok pemuda yang terbangun di dunia baru bernama Grimgar. Mereka tak bisa mengingat apa-apa selain namanya. Satu-satunya cara untuk bertahan hidup di dunia ini adalah dengan cara menjual berbagai item dan juga berburu monster yang bisa dijual.

Sang tokoh bernama Haruhiro bersama dengan sekelompok orang asing yang juga sama sama mengalami hal serupa akan membentuk sebuah party untuk bertahan hidup. Layaknya sebuah game MMORPG, mereka juga dibekali dengan senjata dan juga armor untuk berburu monster.

#7. Overlord

anime mirip sao
Kalau anime mirip SAO yang satu ini sih menceritakan sang karakter utama bernama Momonga, ia sangat mencintai sebuah game virtual reality bernama Yggdrasil. Suatu hari kabar tentang penutupan game ini tersebar, dan ia tak menduga game kesayangannya ini bakal tutup usia.

Karena ingin bernostalgia sebelum gamenya tutup, Momonga berada di dunia game ini sampai batas waktu yang di tentukan habis, tapi pada saat saat terakhir gamenya akan tutup, Momonga malah tertidur didalam gamenya. Dan saat ia terbangun, ia malah terjebak dalam game Yggdrasil ini bersama dengan avatar skeletonnya ini.

#6. .hack//Sign

anime mirip sao
Nah kalau anime yang ini sih bisa dibilang mirip banget dengan anime SAO (Sword Art Online), kenapa bisa begitu? kurang lebih konsep yang ada di anime ini sama seperti anime SAO, selain sama sama bercerita dan bersetting di dunia game, jika ada pemainnya yang mati di dunia game tersebut, maka pemain tersebut juga akan mati di dunia nyata.

#5. DanMachi (Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka)

anime mirip sao
Anime mirip SAO yang satu ini bercerita tentang seorang petualang pemula bernama Bell Cranel. Ia bermimpi ingin jadi petualang paling hebat di seluruh daratan. Suatu ketika, saat Bell sedang menjelajah dungeon sendirian, ia diserang oleh monster Minotaur.

Dan disaat yang bersamaan pula, ia diselamatkan oleh seorang wanita cantik bernama Aiz Wallenstein. Sejak saat itu, Bell jatuh hati pada pandangan pertama karena Aiz memiliki paras yang cantik dan juga kuat. Dibantu oleh Dewi Hestia dan beberapa orang lainnya, dia bersumpah ingin menjadi kuat untuk berdiri disamping Aiz dan melindungi semua orang yang berharga baginya.

#4. No Game No Life

anime mirip sao
No Game No Life menceritakan sepasang kakak beradik yang sama sama seorang NEET alias pengangguran yang kerjaannya hanya bermain game setiap hari. Ceritanya berpusat pada Sora dan Shiro yang terkenal sebagai gamer yang ahli dalam hal apapun dan menganggap dunia nyata adalah game yang buruk.

Suatu hari mereka berdua dibawa ke dunia game oleh seorang bernama Tet, dimana dalam dunia game tersebut, segala bentuk kekerasan sangat dilarang, dan apapun masalahnya harus diselesaikan dengan bermain game.

#3. Btooom!

anime mirip sao
Sedikit berbeda dengan anime SAO, disini sang karakter utama tidak terjebak di dalam dunia game online. Melainkan ia malah terjebat di dunia nyata sebagai player yang harus benar benar menghabisi musuhnya seperti dalam game yang ia mainkan. Ya singkatnya sang karakter utamanya terjebak di dunia Btooom versi nyata.

Anime ini bercerita tentang seorang lelaki berusia 22 tahun bernama Ryota Sakamoto yang banyak menghabiskan waktu hanya untuk bermain game online bernama Btooom!. Suatu hari saat ia terbangun dari tidurnya ia berada di sebuah hutan pulau terpencil. Di pulau ini, Ryota harus bermain sebuah Death Game bersama orang orang yang ada di sana.

#2. Log Horizon

anime mirip sao
Log Horizon adalah anime mirip SAO (Sword Art Online) yang sama sama menceritakan tentang dunia game dan tentunya sang karakter utamanya juga sama sama terjebak didunia game.

Bedanya kalau anime SAO lebih memperlihatkan banyaknya aksi keren yang epic, sementara Log Horizon lebih banyak memperlihatkan banyaknya misteri kenapa mereka bisa terjebak di dunia game ini dan juga memperlihatkan berbagai unsur politik supaya mereka bisa hidup damai seperti di dunia nyata.

Kalau di anime Sword Art Online, para pemainnya yang mati dalam gamenya, mereka akan mati juga di dunia nyata, sedangkan di anime Log Horizon, mereka yang mati hanya akan mengalami respawn dan dapat hidup kembali dalam gamenya setelah timer respawn-nya habis.

Kisahnya sendiri menceritakan tentang sebuah game populer bernama Elder Tale, suatu hari saat game sedang melakukan update ekspansi ke-12, para gamer yang sedang bermain pada saat sistem melakukan update, tiba-tiba mendapati diri mereka masuk ke dalam dunia game dan menjadi avatar mereka sendiri di dalam game tersebut.

#1. Accel World

anime mirip sao
Jangan heran kalau anime Accel World ada di urutan pertama ya, selain mirip dengan anime SAO, cerita anime ini juga sama sama di karang oleh orang yang sama dengan orang yang membuat cerita anime SAO.

Perbedaan mendasar dari kedua anime ini adalah, anime SAO itu menceritakan karakter utama yang terjebak di dunia game, sementara seri Accel World bisa melakukan log in dan log out kedalam gamenya kapan saja.

Tapi, jika para pemain dalam seri Accel Word kalah dalam gamenya, mereka tidak akan pernah bisa lagi bermain dalam game tersebut. Bahkan, ingatan pemain yang kalah tentang game tersebut akan hilang secara otomatis.

Seri ini menceritakan Haruyuki Arita seorang pemuda bertubuh pendek dan gemuk yang sering diejek oleh berandalan di sekolahnya. Karena kekesalannya yang tak terlampiaskan, ia sering melarikan diri dari kehidupan nyata dengan cara log in ke jaringan lokal sekolah dimana ia selalu memainkan permainan dan menunjukkan kemampuannya.

Suatu hari, seorang perempuan paling populer bernama Kuroyukihime mendekatinya karena telah melihat kehebatannya dalam bermain game. Dan tak lama setelah itu. Kuroyukihime memperkenalkan Haruyuki dengan Brain Burst, sebuah program rahasia yang mampu mempercepat proses kognitif manusia ke titik dimana waktu tampak berhenti.

Baca Juga40 Anime Movie Terbaik Dari Genre Action Sampai Romance Dijamin Seru Dan Ceritanya Juga Keren

Nah itu dia beberapa daftar anime mirip sword art online (SAO) versi Suitosite. Dari daftar anime di atas, manakah yang menurut kamu paling mirip dengan anime SAO? oh ya jika kamu mau menambahkan seri anime mirip SAO lainnya dalam list ini, silahkan diskusikan di kolom komentar ya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
First
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar