Terpopuler Dan Ratingnya Tinggi! Ini 60 Anime Shounen Terbaik

Suitofile Juni 04, 2018
Anime Shounen itu punya ciri khas tersendiri. Biasanya genre ini selalu menyasar kepada kalangan remaja dan ceritanya juga punya banyak aksi yang keren. Ga jarang juga seri seperti ini banyak sekali menceritakan tentang karakter utama yang awalnya culun, tapi setelah berjalannya waktu karakter utamanya makin terlihat badass dan cool.

Kalau istilah kerennya itu from zero to hero. Nah anime dengan genre shounen ini biasanya lebih gampang dikenal dan juga sangat memorable alias susah untuk dilupakan karena memang anime shounen itu rata-rata sangat berkesan dan memiliki cerita yang bisa dibilang anti mainstream.

Berhubung anime shounen itu sangat banyak sekali dan alur ceritanya juga rata-rata sangat bagus, di kesempatan kali ini Suitosite akan merangkum beberapa anime shounen terbaik. Ok langsung saja ya, mulai dari anime shounen terkenal, anime shounen terpopuler sampai anime shounen terbaru, berikut adalah daftar anime shounen terbaik yang pernah ada hingga saat ini.

Baca Juga: Ceritanya Cukup Langka! Ini 42 Anime Vampire Terbaik

Daftar Anime Shounen Terbaik


#6o. Ao no Exorcist

anime shounen terbaik

Sinonim: Blue Exorcist,  Ao no Futsumashi, 青の祓魔師(エクソシスト)
Total Episode: 25 +
Status: Finished Airing
Tayang: 2011
Studio: A-1 Pictures
Source: Manga
Genre: Action, Demons, Fantasy, Shounen, Supernatural
Skor MAL: 7.83

Anime shounen terbaik berudul Ao no Exorcist ini berlatar di sebuah dunia dimana dunia tersebut terbagi kedalam 2 dimensi, yaitu Dimensi Assiah (manusia) dan Dimensi Gehenna (setan). Ceritanya berpusat pada seorang anak raja iblis bernama Rin Okumura.

Dunia tempat dimana manusia tinggal kini mulai di usik oleh pasukan setan karena sang raja iblis Satan mulai melakukan aksinya untuk merebut dunia manusia. Meskipun Rin adalah anak sang raja iblis, tapi ia memiliki mimpi menjadi Exorcist (pembasmi setan).

Dan karena ayah angkat yang selama ini membesarkannya di bunuh oleh Satan, ia juga bersumpah untuk membasmi Satan dan para pengikutnya yang mengganggu ketentraman umat manusia.

#59. Noragami

anime shounen terbaik

Sinonim: Noragami: Stray God, ノラガミ
Total Episode: 12+
Tayang: 2014
Studio: Bones
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Comedy, Supernatural, Shounen
Skor MAL: 8.15

Anime shounen terbaik selanjutnya adalah Noragami. Walau statusnya cuma dewa rendahan dan miskin, "Yato" salah satu dari delapan juta dewa dalam kepercayaan Shinto memiliki ambisi besar untuk menaikkan status kedewaannya ke puncak tertinggi dan ingin memiliki kuil sendiri.

Lucunya, untuk mewujudkan mimpinya ini ia melakukan pekerjaan apapun untuk manusia. Dan setiap pekerjaan tersebut ia kerjakan dengan bayaran hanya 5 yen.

Suatu hari, ketika sedang bekerja mencari kucing yang hilang, Yato diselamatkan oleh seorang gadis sekolah bernama Hiyori Iki dari tabrakan truk yang akan menabraknya di jalan raya.

Akibat kejadian ini roh Iki keluar dari tubuhnya dan tubuhnya tergeletak di pinggir jalan. Setelah pertemuan yang aneh itu, Iki berteman dengan Yato dan menggunakan jasa Yato untuk melindunginya serta mengatasi masalah rohnya yang sering tiba tiba keluar.

Untuk membalas budi, Yato menerima pekerjaan dari Hiyori untuk mencari cara mengembalikan keadaannya, yaitu kembali menjadi gadis normal. Dari sinilah petualangan demi petualangan yang seru, kocak dan terkadang mengharukan pun dimulai.

#58. Haikyuu!!

anime shounen terbaik

Sinonim: Haikyu!!, High Kyuu!!, HQ!!, ハイキュー!!
Total Episode: 25+
Tayang: 2014
Studio: Production I.G
Source: Manga
Genre: Comedy, Drama, School, Shounen, Sports
Skor MAL: 8.65

Anime Shounen terbaik selanjutnya ini menceritakan Hinata Shouyou, ia adalah seorang siswa SMP yang menyukai voli sejak ia melihat pertandingan Kejuaraan Nasional di TV. Meskipun tubuhnya pendek, ia bertekad untuk mengikuti jejak pemain bintang di Kejuaraan Nasional tersebut yang dijuluki "Little Giant".

Sejak saat itu Hinata masuk kedalam klub Voli, tetapi tidak ada anggota di klub Voli SMPnya tersebut. Jadi Hinata berlatih Voli dengan meminta bantuan dari anggota klub lain. Walaupun begitu Hinata tak pernah menyerah, hingga suatu saat SMP nya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pertandingan antar SMP.

Namun mereka kalah telak dalam pertandingan pertama setelah berhadapan dengan tim favorit juara yang salah satu pemainnya adalah Kageyama Tobio, yang dijuluki "Si Raja Lapangan". Meskipun timnya kalah, ia bertekad untuk melampaui dan mengalahkan Kageyama di pertemuan mendatang.

Hal itu membuat Hinata menjadi sedikit putus asa, namun Hinata berniat agar dapat menjadi lebih baik lagi saat SMA. Dan saat SMA, ia masuk ke SMA Karasuno untuk menjadi salah satu tim voli disana, tapi kejadian lucu terjadi, Kageyama yang tadinya akan menjadi saingan Hinata malah sekarang menjadi rekan satu timnya.

#57. Saiki kusuo no psi nan

anime shounen terbaik

Sinonim: The Disastrous Life of Saiki K. , Saiki Kusuo no Psi Nan, 斉木楠雄のΨ難
Total Episode: 120+
Tayang: 2016
Studio: J.C.Staff, Egg Firm
Source: Manga
Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, School, Shounen
Skor MAL: 8.56

Lahir dengan memiliki kemampuan supranatural, Saiki Kusuo terlihat memiliki kehidupan yang mudah. Dia memiliki banyak kemampuan Esper, diantaranya kemampuan telepati dan psikokinesis yang memungkinkannya untuk mendapatkan apapun yang diinginkan.

Saat masih TK, media mulai tertarik dengannya setelah beredar rumor bahwa dia tak pernah sekali pun kalah dalam pertandingan janken. Kejadian itu membuatnya berpikir untuk tidak menggunakan kemampuannya di hadapan orang umum agar tidak ada yang mengetahui bahwa dia adalah seorang yang memiliki kemamupuan supernatural.

#56. Hajime no Ippo

anime shounen terbaik

Sinonim: Fighting Spirit, The First Step, Hajime no Ippo: The Fighting, はじめの一歩 THE FIGHTING!
Total Episode: 75+
Tayang: 2000
Studio: Madhouse
Source: Manga
Genre: Comedy, Sports, Drama, Shounen
Skor MAL: 8.80

Anime shounen terbaik ini mengisahkan Makunouchi Ippo yang selalu diganggu oleh berandalan di sekolahnya. Ia selalu diperintah dan dipukul hingga ia merasa bosan dan bermimpi untuk mengubah dirinya. Tetapi ia tidak pernah memiliki semangat untuk bertindak.

Suatu hari, ketika ia diganggu oleh berandalan di kelasnya, Ippo ditolong oleh seorang petinju bernama Takamura. Dia berhasil membuat para berandalan itu kabur. Dan disaat yang sama ia membawa Ippo ke gym tinju Kamogawa untuk diobati karena cedera.

Di ruang gym ini, Ippo terpesona dan kagum pada lingkungan sekitar dan merasa ingin mencoba tinju, tapi ia terlalu malu dan tidak percaya diri untuk mencoba olahraga ini. Akhirnya Takamura berinisiatif menempatkan foto teman sekelas yang selalu mengganggunya di karung tinju dan memaksa dia untuk memukulnya.

Dari sinilah, Ippo mulai merasa sesuatu semangat baru dalam dirinya, dan akhirnya meminta Takamura untuk melatih dia tinju.

#55. Mahoutsukai no Yome: Hoshi Matsu Hito

anime shounen terbaik

Sinonim: The Ancient Magus' Bride, The Magician's Bride, 魔法使いの嫁
Total Episode: 24
Tayang: 2017
Studio: Wit Studio
Source: Manga
Genre: Slice of Life, Fantasy, Magic, Shounen
Skor MAL: 8.28

Anime shounen terbaik ini bercerita tentang seorang gadis berumur 16 tahun yang bernama Hatori Chise. Dalamnya, dia mendapatkan banyak sekali perlakuan tidak adil, dia sering mendapatkan kekerasan, karena mampu melihat makhluk-makhluk ghaib.

Putus asa atas nasibnya, ia pun memutuskan untuk menjual dirinya dalam suatu pelelangan untuk para penyihir. Di sanalah ia dipertemukan dengan Elias, seorang penyihir yang membeli Chise untuk dijadikan murid, sekaligus dipersiapkan untuk menjadi pengantinnya.

#54. Yamada kun to 7 nin no Majo (Yamada-kun and the Seven Witches)

anime shounen terbaik

Sinonim: Yamada-kun and the Seven Witches, Yamada-kun to Nananin no Majo, Yamada-kun and the 7 Witches, 山田くんと7人の魔女
Total Episode: 12
Tayang: 2015
Studio: LIDENFILMS
Source: Manga
Genre: Harem, Mystery, Comedy, Supernatural, Romance, School, Shounen
Skor MAL: 7.84

Anime shounen terbaik berjudul Yamada-kun to 7-nin no Majo menceritakan tentang seorang siswa nakal yang sering berkelahi, membuat onar, malas dalam pelajaran yang bernama Yamada Ryuu. Yamada merasa bahwa kehidupan disekolahnya ini sangat membosankan.

Suatu hari saat sedang dalam perjalanan menuju kelas, suatu insiden terjadi. Yamada menabrak seorang siswi cantik dan pintar yang merupakan teman sekelasnya yang bernama Shiraishi Urara. Akibatnya, mereka berdua jatuh dari tangga dan menyebabkan Yamada tidak sadarkan diri.

Akhirnya Yamada terbangun di UKS disekolahnya, namun ada yang aneh dengan dirinya. Ia terbangun dengan tubuh dari Shiraishi. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata mereka berdua saling bertukar tubuh akibat tidak sengaja "berciuman" saat insiden di tangga tadi.

Sejak insiden aneh itu, banyak hal aneh yang terjadi di kehidupan Yamada. Yang akhirnya menuju pada suatu kejadian. Yaitu disekolah mereka terdapat 7 Penyihir yang mempunyai kekuatan masing-masing, disinilah kisah Yamada mencari dan menemukan 7 Penyihir disekolahnya dimulai.

#53. Owari no Seraph (Seraph of the End: Vampire Reign)

anime shounen terbaik

Sinonim: Seraph of the End: Vampire Reign, Seraph of the End, 終わりのセラフ
Total Episode: 24
Tayang: 2015
Studio: Wit Studio
Source: Manga
Genre: Action, Military, Supernatural, Drama, Vampire, Shounen
Skor MAL: 7.63

Owari no Seraph merupakan salah satu anime vampire terbaik yang pernah suitosite bahas, anime ini sendiri bersetting pada tahun 2012, dunia diduga telah berakhir karena sebuah virus misterius yang melanda penduduk dunia dan hanya menyisakan anak-anak berusia di bawah tiga belas tahun.

Di saat yang sama para vampir muncul. Mereka mengatakan telah menaklukkan dunia dan akan menjadi pelindung baru bagi manusia. Tapi sebagai imbalannya pertolongan ini, para manusia yang selamat harus menyumbangkan darah kepada para vampir.

Merasa di permainkan dan dilakukan layaknya hewan ternak, Yuuchirou dan Mikaela Hyakuya, serta anak-anak lain yang ditangkap dari panti asuhan berencana untuk kabur dari mereka.

Namun, rencana ini gagal dan mengakibatkan Mikaela mati dan anak-anak lainnya juga mengorbankan diri mereka agar Yuichiro dapat pergi.

Setelah berhasil kabur dari para vampir, Yuichiro diselamatkan oleh anggota Moon Demon Company, sebuah unit militer jepang yang bergerak untuk membasmi vampir.

Empat tahun kemudian, Yuichiro mendedikasikan hidupnya untuk membasmi vampir dan membalas dendam terhadap mereka yang telah membunuh keluarganya. Tapi di saat yang bersamaan, Mikaela yang tadinya sudah mati kini hidup kembali dalam wujud vampir.

#52. Zetsuen no Tempest (Blast of Tempest)

anime shounen terbaik

Sinonim: Blast of Tempest, Zetsuen no Tempest: The Civilization Blaster, 絶園のテンペスト
Total Episode: 24
Tayang: 2012
Studio: Bones
Source: Manga
Genre: Action, Mystery, Psychological, Drama, Magic, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 8.11

Anime shounen terbaik selanjutnya adalah Zetsuen no Tempest. Buat kamu yang belum tau, seri ini merupakan salah satu anime action romance terbaik yang pernah suitosite bahas sebelumnya. Anime ini sendiri menceritakan tentang Takigawa Yoshino.

Ia merupakan seorang pemuda biasa yang sekarang berpacaran dengan adik dari sahabatnya yaitu Fuwa Aika tanpa diketahui oleh Mahiro.

Namun suatu ketika kejadian mengejutkan terjadi, Aika ditemukan di rumahnya dalam keadaan tak bernyawa dan mati mengenaskan.

Kematian yang begitu tiba-tiba tersebut kini jadi misteri bahkan Polisi dan semua orang terdekatnya tak tahu alasan dibalik kematiannya.

Yoshino sang kekasih hanya bisa menyerah dan merelakan kepergian Aika, Namun tidak bagi Mahiro, ia berjanji akan mencari dan pembunuh adiknya tersebut dan berharap bisa dihukum secara adil.

Setelah beberapa waktu pergi, kini Mahiro kembali dan ia sekarang memiliki kekuatan penyihir yang didapatkan setelah bekerja sama dengan seorang gadis penyihir bernama Hakaze Kusaribe. Gadis penyihir tersebut telah bekerja sama dengan Mahiro.

Mereka telah membuat kontrak dengan syarat Mahiro akan menyelamatkan gadis tersebut dari sebuah pulau terpencil dan sebagai gantinya ia meminta bantuan penyihir tersebut untuk mencari pembunuh adiknya.

Namun semuanya tidak semudah yang mereka bayangkan karena mereka telah memilih untuk mengikuti pertempuran antara penyihir dengan resiko hancurnya dunia.

Semakin mereka masuk kedalam masalah tersebut sedikit demi sedikit mereka tahu bahwa kematian Aika ternyata saling terhubung dengan kejadian kini.

#51. Nurarihyon no Mago

anime shounen terbaik

Sinonim: Nura: Rise of the Yokai Clan, The Grandson of Nurarihyon, Grandchild of Nurarihyon, ぬらりひょんの孫
Total Episode: 24+
Tayang: 2010
Studio: Studio Deen
Source: Manga
Genre: Action, Demons, Shounen, Supernatural
Skor MAL: 7.75

Anime shounen terbaik berjudul Nurarihyon no Mago ini mengisahkan tentang Nura Rikuo, seorang siswa sekolah yang tinggal di sebuah rumah tua bersama para youkai yang bertugas untuk melindungi dirinya.

Hal itu dikarenakan Rikuo adalah cucu Nurarihyon, yaitu pemimpin tetinggi dari segala youkai, dan segala roh yang berdiam di gunung dan hutan. Rikuo hanya ingin memiliki hidup normal seperti teman-temannya.

Tapi, hal itu sepertinya mustahil, karena dirinya adalah manusia dengan seperempat Youkai, terlebih lagi ia diharapkan bisa menjadi pemimpin generasi ketiga di Nuragumi (Nura Clan) menggantikan kakeknya yang sering berurusan dengan hal supranatural dan lebih tepatnya pengusir Youkai.

Demi menjaga kehidupan normal Rikuo, selama ini dia menyembunyikan kekuatan Youkainya dari teman teman sekelasnya. Dan sisi Youkainya akan keluar kalau malam tiba dengan batasan waktu 6 jam.

#50. Zettai Karen Children: The Unlimited - Hyoubu Kyousuke

anime shounen terbaik

Sinonim: Unlimited Psychic Squad, The Unlimited Hyobu Kyosuke, 絶対可憐チルドレン THE UNLIMITED 兵部京介
Total Episode: 12
Tayang: 2013
Studio: Manglobe
Source: Original
Genre: Action, Super Power, Supernatural, Shounen
Skor MAL: 7.65

Anime shounen terbaik ini mengisahkan jauh di masa depan, ketika Esper jumlahnya semakin banyak. Akibat hal ini, tindak kejahatanpun diduga akan meningkat. Untuk mengantisipasi hal itu, Pemerintah Jepang menetapkan Base of Backing ESP Laboratory (B.A.B.E.L.) sebuah organisasi esper khusus yang bertugas menangani situasi yang tidak dapat diselesaikan dengan cara biasa.

Cerita utamanya sendiri berpusat pada lelaki bernama Hyoubu Kyousuke, ia adalah seorang ESPer yang dikhianati beberapa tahun yang lalu, sekarang ia adalah salah satu ESPers yang paling kuat dan juga seorang buronan.

Namun, di balik tindakannya ini ternyata misi utamanya adalah untuk menyelamatkan ESPers yang dianiaya dan dihianati oleh manusia. Untuk menyelamatkan para esper lainnya, Hyoubu akan dibantu oleh kelompok bernama P.A.N.D.R.A.

#49. Sket Dance

anime shounen terbaik

Sinonim: SKET Dance, スケットダンス
Total Episode: 77
Tayang: 2011
Studio: Tatsunoko Production
Source: Manga
Genre: Comedy, School, Shounen
Skor MAL: 8.33

Anime shounen terbaik ini bercerita tentang petualangan tiga remaja sekolah bernama Bossun, Switch, dan Onihime yang membentuk Klub Sket Dan, klub untuk membantu para siswa di sekolahnya. SKET sendiri merupakan singkatan bahasa inggris dari: Support, Kindness, Encourgement, dan Troubleshoot.

Setiap harinya mereka hanya duduk-duduk santai di ruang klub. Namun, ketika ada yang meminta, bantuan kompak mereka pun membantu menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi baik siswa maupun guru.

#48. UQ Holder!: Mahou Sensei Negima! 2

anime shounen terbaik

Sinonim: UQ Holder!, Yuukyuu Holder, Eternal Holder, UQ HOLDER! ~魔法先生ネギま!2~
Total Episode: 12
Tayang: 2017
Studio: J.C.Staff
Source: Manga
Genre: Action, Sci-Fi, Magic, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 7.15

UQ Holder!: Mahou Sensei Negima! 2 adalah anime shounen terbaik selanjutnya. Film ini mengisahkan setelah sepuluh tahun lamanya dunia mengetahui tentang keberadaan sihir, dunia pun mengalami pergolakan hebat. Akan tetapi, seorang remaja yang diasingkan bernama Touta tinggal di sebuah desa pelosok tak mengetahui perubahan yang terjadi pada dunia ini.

Di sana ia hidup bersama gurunya, seorang wanita pengguna sihir bersama teman-teman yang selalu mendukungnya. Dan suatu ketika kehidupannya yang damai terusik, dan hal itu pun mengantarkannya pada sebuah petulangan yang unik.

#47. Arslan Senki (The Heroic Legend of Arslan)

anime shounen terbaik

Sinonim: The Heroic Legend of Arslan, アルスラーン戦記
Total Episode: 25
Tayang: 2015
Studio: SANZIGEN, LIDENFILMS
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Historical, Drama, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 7.82

Pada Tahun 320. Di bawah kekuasaan Raja Andragora III, Kerajaan Pars sedang berperang dengan kekaisaran tetangga, Lusitania. Meski berbeda dengan ayahnya dalam banyak aspek, Arslan, sang pangeran muda, siap untuk membuktikan keberaniannya di medan perang untuk pertama kalinya.

Namun, raja dikhianati oleh salah satu pejabat paling tepercayanya, tentara Parsian hancur dan ibu kota Ecbatana dikepung. Tentara kerajaan menjadi berantakan, Arslan menjadi incaran mereka, dan Ecbatanapun diambil alih oleh kerajaan Lusitania.

Arslan pun terpaksa harus melarikan diri dengan jenderal pengikutnya yang setia, Daryun. Bersama temannya yang baru Narsus, Elam, Gieve, dan Farangis, kini Arslan mulai membangun kekuatan yang baru untuk melawan tentara Lusitania yang dipimpin oleh ksatria yang dikenal dengan sebutan Silvermask dan berusaha keras agar dapat merebut kembali kerajaannya yang pernah jatuh.

#46. Sousei no Onmyouji (Twin Star Exorcists)

anime shounen terbaik

Sinonim: Twin Star Exorcists, 双星の陰陽師
Total Episode: 50
Tayang: 2016-2017
Studio: Studio Pierrot
Source: Manga
Genre: Action, Supernatural, Romance, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 7.41

Magano, sebuah alam paralel yang penuh dengan monster yang dikenal sebagai "Kegare" dan Onmyouji adalah sebutan untuk orang yang membunuh para "Kegare".

Adashino Benio bertekat untuk membunuh atau memusnahkan semua Kegare yang ada di Magano, Benio ingin menjadi lebih kuat untuk bisa balas dendam pada Kegare yang telah membunuh kedua orang tuanya.

Anime shounen terbaik ini cerita utamanya mengisahkan anak laki laki yang bernama Enmadou Rokuro. Rokuro mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa, tetapi dia sudah tidak ingin lagi menjadi Onmyouji karena masa lalu yang dia alami.

Rokuro juga merupakan anak dari keluarga exorcist, tapi ia lebih suka menjadi seorang penyanyi, pemain sepak bola atau apa pun itu selain menjadi seorang exorcist. Pertemuan ia dengan Benio membuat Rokuro dipaksa untuk meningkatkan potensi kemampuan spirit-nya.

Karena persaingan mereka, keduanya justru mendapat gelar "Twin Star Exorcists", dua pejuang tertinggi yang ditakdirkan untuk menikah dan melahirkan prajurit spiritual tertinggi.

#45. Magi: The Labyrinth of Magic

anime shounen terbaik

Sinonim: Magi: The Labyrinth of Magic, マギ The labyrinth of magic
Total Episode: 25+
Tayang: 2012
Studio: A-1 Pictures
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Fantasy, Magic, Shounen
Skor MAL: 8.21

Anime shonen terbaik berudul Magi ini menceritakan perjalanan Aladdin dan Alibaba. Ketika ruang bawah tanah misterius yang dikenal sebagai labirin/ dungeon yang kabarnya berisi banyak harta kekayaan yang sangat melimpah mulai muncul di mana-mana, banyak orang mulai menjelajahinya.

Demi mengungkap segudang misteri yang ada di dalamnya, Alibaba bersama Aladdin mulai menaklukan dungeon bersama. Dan dari perjalanan menelusuri dungeon ini, ternyata mereka berdua malah mulai terikat pada petualangan untuk menemukan kebenaran dan membawa keseimbangan pada dunia mereka.

#44. Nisekoi

anime shounen terbaik

Sinonim: Nisekoi: False Love, Nisekoi 2nd Season, Nisekoi Second Season, ニセコイ:
Total Episode: 12+
Tayang: 2015
Studio: Shaft
Source: Manga
Genre: Comedy, Harem, Romance, School, Shounen
Skor MAL: 7.50

Anime shounen terbaik ini menceritakan Raku Ichijou, siswa kelas 1 di SMA Bonyari. Ia, adalah anak satu-satunya dari pewaris keluarga yakuza. Sepuluh tahun yang lalu, Raku pernah membuat janji dengan teman masa kecilnya. Yaitu mereka akan menikah.

Untuk mengingat janji ini, Raku diberi sebuah liontin, dan kunci dari liontin ini dipegang oleh anak yang akan dinikahi Raku. Namun Raku yang sekarang duduk di bangku SMA telah lupa pada teman masa kecilnya itu.

Tapi janjinya untuk menikahi teman masa kecilnya ini masih ia ingat dan Raku berniat untuk mencari siapa wanita pemegang kunci dari liontinnya itu. Suatu hari, tiba-tiba saja anggota dari Gangster Amerika Bee Hive dan anggota keluarga Yakuza milik keluarga Raku terjadi perseteruan.

Ayah Raku selaku pemimpin Yakuza dan Ketua Bee Hive berniat untuk membuat anggotanya berdamai. Untuk melakukan hal ini, Raku dan Chitoge Kirisaki, anak dari bos geng masing-masing dimintai tolong oleh ayahnya untuk berpura-pura menjadi pacar.

Walaupun sempat menolak, tapi karena mereka lebih mementingkan perdamaian keluarga, maka Raku dan Chitoge setuju untuk berpura-pura pacaran. Dan sekarang rencana Raku untuk menjalani kehidupan biasa tanpa terlibat dengan latar belakangnya sebagai keturunan Yakuza berantakan. Kini ia juga sulit untuk mendekati gadis yang ia sukai yang bernama Kosaki Onodera.

#43. Samurai Champloo

anime shounen terbaik

Sinonim: Samurai Champloo, SAMURAI CHAMPLOO, サムライチャンプルー
Total Episode: 26
Tayang: 2004
Studio: Manglobe
Source: Original
Genre: Action, Adventure, Comedy, Historical, Samurai, Shounen
Skor MAL: 8.50

Anime shounen terbaik berjudul Samurai Champloo ini mengisahkan Fuu Kasumi seorang pelayan di sebuah kedai teh kecil. Suatu hari saat ia bekerja, 2 orang bernama Mugen dan Jin saling bertarung di tempat kerjannya ini dan mengakibatkan kedai toko hancur berantakan.

Tak hanya itu, akibat ulah mereka, seorang anak hakim setempat secara tidak sengaja ikut terbunuh. Atas kejahatan mereka, kedua samurai itu ditangkap dan ditetapkan untuk dieksekusi mati. Namun, pada saat eksekusi akan dilakukan, mereka diselamatkan oleh Fuu.

Sebagai bayaran atas pertolongannya, Fuu memaksa kedua samurai tersebut untuk berpetualang mencari samurai yang "beraroma bunga matahari".

#42. Koe no Katachi

anime shounen terbaik

Sinonim: A Silent Voice, The Shape of Voice, A Silent Voice: The Movie, 聲の形
Tipe: Movie
Total Episode: 1
Tayang: 17 September 2016
Studio: Kyoto Animation
Source: Manga
Genre: Drama, School, Shounen
Skor MAL: 9.04

Koe no Katachi merupakan salah satu anime movie terbaik yang pernah Suitosite bahas sebelumnya, film ini sendiri menceritakan tentang Ishida Shouya yang ketika dirinya menduduki bangku Sekolah Dasar (SD). Kelasnya yang membosankan mendadak jadi berubah saat seorang bocah yang mengidap tuna rungu (tuli) dan juga gagu pindah ke kelasnya. Dia bernama Shouko Nishimiya

Akibat rasa bosannya, Ishida dan teman-teman mulai membully Shouko. Karena kejadian ini, kelas menjadi ramai dan Shouko mulai tertekan dan menderita karena setiap hari selalu dibuli. Akibat bulian ini pula Shouko memutuskan pindah sekolah tanpa berpamitan dengan teman kelasnya.

Karena hal ini teman-teman Ishida menyalahinya, dan semenjak hari itu pula ia selalu jadi bahan bulian balik dan dikucilkan oleh teman-temannya. Semenjak hari itu, Ishida mulai menutup hatinya dengan rasa bersalah yang ia pendam dari SD.

Kini saat ia memasuki masa SMA, tanpa sengaja ia dipertemukan lagi dengan Shouko di SMA yang sama. Pertemuan itulah yang membuat Shouya mulai berubah. Dan dari sinilah ia memutuskan untuk berteman dan membuat Shouya tidak bersedih lagi.

#41. The World God Only Knows (Kami nomi zo Shiru Sekai)

anime shounen terbaik

Sinonim: The World God Only Knows, Kaminomi, 神のみぞ知るセカイ
Total Episode: 12+
Tayang: 2010
Studio: Manglobe
Source: Manga
Genre: Comedy, Harem, Romance, Shounen, Supernatural
Skor MAL: 7.88

Anime shounen terbaik berudul The World God Only Knows ini bercerita tentang seorang lelaki bernama Keima Katsuragi, ia memiliki julukan "Sang Dewa Penakluk" karena dapat menaklukan hati para gadis (tapi hanya dalam game simulasi kencan galge).

Namun dikehidupan nyatanya, ia hanyalah seorang otaku akut yang selalu memainkan game galge. Suatu hari ketika Keima membuka pesan dalam game, ia melihat banyak pesan yang belum terbaca. Dari sekian banyak pesan ini terdapat satu pesan yang bernada meremehkan Keima.

Dengan sifatnya yang angkuh, ia membalas pesan itu, dan setelah itu munculah seorang gadis pemburu roh yang datang dari neraka yang bernama "Elsie" yang memberinya misi untuk membantunya menangkap "Jiwa yang Lepas" yang merasuki tubuh wanita-wanita di dunia.

Satu-satunya cara untuk menangkap jiwa yang lepas ini adalah hal yang paling ia benci, yaitu menaklukan hati wanita 3D. Awalnya Keima tidak mau melakukan ini karena ia belum pernah berpengalaman menaklukan hati wanita di dunia nyata.

Tapi karena sudah terlanjur membuat janji dengan Elsie, mau tak mau ia harus melakukan permintaannya, karena jika ia gagal melakukannya, kepala Keima adalah taruhannya.

#40. Mob Psycho 100

anime shounen terbaik

Studio: Bones
Source: Manga
Genre: Action, Slice of Life, Comedy, Supernatural

Anime shounen terbaik berjudul Mob Psycho 100 ini menceritakan tentang Kageyama Shigeo (alias "Mob"). Ia adalah siswa kelas 8 yang memiliki kemampuan psikis. Sejak kecil dia bisa membengkokkan sendok dan mengangkat benda hanya dengan pikirannya.

Mob yang mempunyai kekuatan luar biasa itu seringkali kehilangan kesadaran akan kekuatannya itu sendiri, hingga akhirnya ia menyadari betapa mengerikannya kekuatannya itu. Kini perlahan-lahan ia mulai menahan kemampuannya di depan umum karena takut membuat orang memandangnya negatif.

Saat ini, satu-satunya hal yang dia inginkan adalah bisa berteman dengan gadis di sekolahnya, Tsubomi. Bersama dengan mentor psikisnya, Mob menjalani kesehariannya dan berusaha untuk mewujudkan tujuan hidupnya. 

#39. Black Butler (Kuroshitsuji)

anime shounen terbaik

Sinonim: Black Butler, Kuro Shitsuji, Kuroshitsuzi, 黒執事
Total Episode: 24
Tayang: 2008
Studio: A-1 Pictures
Source: Manga
Genre: Action, Comedy, Demons, Fantasy, Historical, Shounen, Supernatural
Skor MAL: 7.99

Seorang anak bernama Ciel Phantomhive hidup bersama kedua orang tuanya di sebuah manor megah di Inggris. Namun, tepat pada ulang tahunnya yang ke-10, kedua orang tuanya mati dibunuh dan manor tempat tinggalnya dibakar.

Sedangkan ia diculik untuk dijadikan persembahan demi memanggil iblis. Namun iblis yang muncul justru menawarkan sebuah perjanjian dengannya. Iblis ini akan membantunya menghilangkan penderitaannya, tapi sebagai bayarannya, Ciel harus membayar dengan jiwanya.

Akhirnya Ciel membuat perjanjian dengan iblis itu dan memberinya nama Sebastian Michaelis, sama seperti nama anjingnya yang telah mati. Kini Ciel yang mewarisi gelar "anjing penjaga Ratu" dari keluarga Phantomhive dan menjadi pimpinan tertinggi di dunia bawah tanah Inggris.

Bersama dengan Sebastian, kini Ciel memiliki tugas untuk memecahkan berbagai kasus yang membuat kegundahan hati ratu sambil menunggu pembunuh yang membunuh kedua orang tuanya datang kepadanya dan membalaskan dendamnya.

#38. Kekkai Sensen

anime shounen terbaik

Sinonim: Blood Blockade Battlefront, Bloodline Battlefront, 血界戦線
Total Episode: 12+
Tayang: 2015
Studio: Bones
Source: Manga
Genre: Action, Comedy, Super Power, Supernatural, Vampire, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 7.73

Suatu hari, sebuah gerbang dari dimensi lain tiba tiba muncul di New York City, Mereka yang bukan dari dunia manusia, seperti hewan mitos, vampire, alien, monster dan lain sebagainya telah muncul disana.

Setelah itu, kota New York dijadikan tempat dimana mereka yang dari dunia lain tinggal dan bersosialisasi dengan manusia biasa. Kini kota New York yang sekarang memiliki nama menjadi Hellsalem’s Lot mulai dipenuhi oleh berbagai mahluk dan orang yang ingin mengacau didunia.

Karena ancaman ini mulai meresahkan, sebuah organisasi dengan kemampuan diluar nalar manusia, bernama Libra dibentuk. Dan anime shounen terbaik ini cerita utamanya berfokus kepada Watch Leonardo yang memiliki kekuatan "Kamigami no Higan" atau "God Eye".

Dia adalah pemuda yang pindah ke Hellsalem’s Lot untuk memecahkan misteri dibalik kekuatan matanya tersebut sekaligus untuk menolong adik perempuannya yang sakit.

#37. Ansatsu Kyoushitsu (Assassination Classroom)

anime shounen terbaik

Sinonim: Assassination Classroom, Ansatsu Kyoushitsu, 暗殺教室
Total Episode: 22+
Tayang: 2015
Studio: Lerche
Source: Manga
Genre: Action, Comedy, School, Shounen
Skor MAL: 8.22

Bulan telah dihancurkan menjadi bentuk bulan sabit oleh makhluk super berbentuk gurita, lalu setelah itu bumilah yang menjadi targetnya. Tetapi dia menawarkan akan menunda penghancuran itu ke bulan Maret tahun depan asalkan diberi kesempatan mengajar sebagai wali kelas 3-E di SMP Kunugigaoka.

Murid-murid kelas itu pun ditugaskan oleh pemerintah untuk membunuh makhluk yang mereka namai "Korosensei" dengan janji hadiah sebesar 10 milyar yen itu dalam jangka waktu  1 tahun, jika tidak bumi menjadi taruhannya. Akan tetapi tugas ini sangat mustahil untuk dilakukan.

Karena korosensei adalah mahluk super yang memiliki kecepatan 20 Mach yang setara dengan kecepatan cahaya, tentu saja akan susah untuk di tangkap dan Korosensei selalu berhasil lolos dari rencana-rencana pembunuhan yang telah disusun oleh para muridnya.

Lalu yang membuatnya lebih rumit lagi adalah, ternyata Korosensei adalah guru terbaik yang para murid kelas 3-E pernah dapatkan!

#36. JoJo no Kimyou na Bouken (JoJo's Bizarre Adventure)

anime shounen terbaik

Sinonim: JoJo's Bizarre Adventure, JoJo no Kimyou na Bouken (2012), ジョジョの奇妙な冒険
Total Episode: 26+
Tayang: 2012
Studio: David Production
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Supernatural, Vampire, Shounen
Skor MAL: 8.41

Anime shounen terbaik berikutnya ini bercerita tentang keluarga Joestar, bangsawan Inggris yg mempunyai topeng batu misterius. Mereka kedatangan anak bernama Dio Brando, anak dari orang yang sudah menyelamatkan nyawanya.

Dan sejak kedatangan Dio, hidup pewaris kekayaan Joestar, Jonathan Joestar "Jojo" menjadi seperti neraka karena Dio yg bengis dan pandai cari muka.

Ceritanya makin seru saat kedua rival ini tumbuh dewasa dan makin kuat. Dio pun menjadi vampir setelah menemukan rahasia dibalik topeng batu. Dan anime shounen terbaik ini mengisahkan cucu dari Joseph Joestar, Jonathan Joestar.

Dibantu oleh keturunan Zeppeli, Caesar, Jojo harus berjuang melawan makhluk berusia ribuan tahun yang terbangun dari tidurnya. Mereka merupakan pembuat dari topeng batu yang bisa merubah orang menjadi makhluk seperti vampir.

#35. Highschool of the Dead

anime shounen terbaik

Sinonim: High School of the Dead, Gakuen Mokushiroku: Highschool of the Dead, HOTD, HSOTD, 学園黙示録 HIGHSCHOOL OF THE DEAD
Total Episode: 12
Tayang: 2010
Studio: Madhouse
Source: Manga
Genre: Action, Horror, Supernatural, Ecchi, Shounen
Skor MAL: 7.36

Saat ini dunia mulai tak aman lagi oleh suatu virus/ pandemik mematikan yang belum diketahui asalnya. Hal ini dapat membuat orang-orang yang terjangkit virus ini berubah menjadi zombie dan mulai kehilangan kendali serta akan mengejar dan menyerang manusia-manusia yang lainnya.

Kisah anime shounen terbaik ini sendiri bermula saat sang tokoh utama bernama Takashi Komuro, melihat kejadian aneh didepan gerbang sekolahnya. Disana ada orang yang mencoba memaksa masuk kedalam sekolah, namun dihalau oleh para penjaga sekolah yang ada disana.

Orang aneh tersebut terus memaksa masuk dan mendobrak gerbang sekolah hingga akhirnya ia menggigit lengan penjaga sekolah, untuk beberapa saat penjaga tak sadarkan diri hingga selang beberapa saat orang yang tergigit bangkit dan mulai menggigit guru-guru disana.

Melihat kejadian ini Takashi mulai merasa aneh dan curiga dan kemudian memberitahukan kejadian tersebut kepada orang-orang lainnya. Pada awalnya orang-orang hanya menyebut itu sebuah lelucon, tapi akhirnya orang-orang yang tergigit tadi benar-benar mulai kehilangan kendali dan menyebar keseisi sekolah.

Kini Takashi dihadapkan dengan situasi sulit, dimana jika ia kena gigitan ini ia akan menadi zombie seperti yang lainnya. Untuk menyelamatkan diri, kini Takashi mulai mengumpulkan orang-orang yang selamat untuk menyerang balik para zombi sebelum wabah ini menyebar lebih luas lagi.

#34. Trigun

anime shounen terbaik

Sinonim: Trigun, トライガン
Total Episode: 26
Tayang: 1998
Studio: Madhouse
Source: Manga
Genre: Action, Sci-Fi, Adventure, Comedy, Drama, Shounen
Skor MAL: 8.30

Meryl Stryfe dan Milly Thompson adalah dua orang agen dari perusahaan asuransi Bernardelli. Mereka berdua mendapat tugas untuk menghentikan setiap kekacauan yang diakibatkan dari seorang pembuat masalah bernama Vash the Stampede. Ia memiliki harga buronan $$ 60.000.000, yang membuat kota yang ia singgahi selalu berakhir menjadi puing-puing.

Karena memiliki harga buronan yang tinggi, pencarian Vash the Stampede bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak para bounty hunter bergerak untuk mendapatkan kepalanya baik hidup atau pun mati. Orang yang memiliki julukan The Humanoid Typhoon (manusia topan) ini selalu saja membuat seusi kota yang ia singgahi menjadi kacau karena Peristiwa Lost July menjadi saksi perbuatan Vash the Stampede yang tidak pernah terlupakan.

#33. Claymore

anime shounen terbaik

Sinonim: Claymore, クレイモア
Total Episode: 26
Tayang: 2007
Studio: Madhouse
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Super Power, Demons, Supernatural, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 7.87

Anime shounen terbaik ini berlatar di dunia fiksi pada zaman medieval, dimana manusia hidup berdampingan dengan makhluk pemangsa yang disebut Yoma. Yoma memiliki kecepatan, kekuatan, dan daya tahan diatas manusia biasa dan menjadikan manusia sebagai makanan utamanya.

Yoma juga dapat menyamar menjadi manusia dengan cara memakannya dan dengan memakan otak manusia, para Yoma dapat memiliki ingatan dan sikap yang sama percis dengan manusia yang dimakannya.

Oleh karena itu, mendeteksi Yoma yang sedang menyamar menjadi manusia adalah hal yang sangat sulit bahkan bisa dibilang mustahil, kecuali untuk seorang Claymore. Claymore adalah manusia setengah Yoma yang bekerja disebuah organisasi misterius untuk menghabisi para Youma.

#32. One Punch Man (OPM)

anime shounen terbaik

Sinopsis: One Punch Man, One Punch-Man, One-Punch Man, OPM, ワンパンマン
Total Episode: 12
Tayang: 2015
Studio: Madhouse
Source: Web manga
Genre: Action, Sci-Fi, Comedy, Parody, Super Power, Supernatural, Seinen
Skor MAL: 8.72

Anime shounen terbaik selanjutnya ini mengisahkan seorang tokoh utama bernama Saitama yang berasal dari kota metropolitan Z-City. Meskipun dirinya tinggal di tempat para monster ataupun penjahat kelas kakap sering muncul, ia malah cuek dengan keadaan ini, karena ia sudah sering menghadapi hal serupa dan mengalahkannya dengan sekali jotos.

Karena saking kuatnya, ia sering merasa bosan dan berharap bisa menemukan lawan yang tangguh. Melihat gurunya yang tidak dapat menemukan lawan yang pas, Genos menawarkan padanya untuk bergabung dengan sebuah asosiasi kepahlawanan supaya Saitama bisa menghilangkan rasa bosannya dan menemukan lawan yang tangguh sambil mencari kepopularitasan.

#31. Deadman Wonderland

anime shounen terbaik

Sinonim: Deadman Wonderland, DEADMAN WONDERLAND, デッドマン・ワンダーランド
Total Episode: 12
Tayang: 2011
Studio: Manglobe
Source: Manga
Genre: Action, Sci-Fi, Horror, Shounen
Skor MAL: 7.40

Anime shounen terbaik ini ceritanya bermula saat munculnya Akai Otoko (Red Man) yang tiba-tiba datang dan membunuh satu kelas di sebuah SMP. Dari seluruh murid di kelas tersebut, satu orang sengaja dibiarkan hidup. Dialah Igarashi Ganta.

Karena Ganta satu-satunya orang yang hidup, dia pun difitnah telah melakukan pembantaian atas kematian teman-teman sekelasnya. Walaupun sudah mengelak dan mengatakan yang sebenarnya dia tetap dinyatakan bersalah dan harus menerima hukuman.

Dan hukuman yang tepat untuknya adalah hukuman mati. Dia pun harus menjalani hari-harinya di sebuah penjara khusus bernama Deadman Wonderland sebelum hari kematiannya. Tempat ini merupakan sebuah penjara berbentuk taman bermain untuk menghibur para penonton.

Sayangnya permainan yang dimainkan adalah permainan beath battle. Jika kamu kalah, kamu mati. Demikianlah peraturannya. Disana para narapidana harus melakukan permainan hidup atau mati demi mendapatkan coin yang bisa di tukar untuk mendapat makan.

#30. Air Gear

anime shounen terbaik

Sinonim: Air Gear, エア・ギア
Total Episode: 25
Tayang: 2006
Studio: Toei Animation
Source: Manga
Genre: Action, Comedy, Ecchi, Shounen, Sports
Skor MAL: 7.64

Air Gear mengisahkan kehidupan Itsuki Minami, juga dikenal sebagai "Baby Face" dan "Little Crow" bersama teman-temannya. Cerita ini mengikuti penggunaan Air Trecks, sejenis sepatu roda yang memiliki mesin kecil di dalamnya.

Anime shounen terbaik ini ceritanya berpusat pada Itsuki Minami, pemimpin dari geng remaja "East Side Gunz" atau sering disebut "Higashi guns". Setelah dipermalukan oleh grup storm rider bernama skull saders, dia mengetahui rahasia tersembunyi dari keluarga angkatnya.

Noyamano bersaudara ternyata adalah anggota dari group storm riders legendaris dengan nama Sleeping forest. Suatu hari, saat ia membalaskan dendamnya, ia malah menikmati battle Air Track ini. Setelah merasakan pengalaman "terbang" saat menggunakan Air Track, Ikki makin hari terlibat dalam dunia Air Treks yang penuh dengan misteri.

#29. Shijou Saikyou no Deshi Kenichi

anime shounen terbaik

Sinonim: KenIchi: The Mightiest Disciple, History's Strongest Disciple Kenichi, 史上最強の弟子 ケンイチ
Total Episode: 50
Tayang: 2006-2007
Studio: TMS Entertainment
Source: Manga
Genre: Action, Comedy, Martial Arts, School, Shounen
Skor MAL: 8.22

Anime shounen terbaik selanjutnya ini bercerita tentang seorang siswa SMA kelas 1 bernama Shirahama Kenichi. Kenichi dari SMP selalu di panggil si "Kaki lemah", hanya karena dia orang yang lemah. Kenichi, yang dari dulu tertarik dengan dunia beladiri membuat dirinya selalu membaca buku tentang beladiri.

Suatu hari, Kenichi bertemu dengan seorang gadis bernama Fuurinji Miu. Dan ternyata Miu adalah murid pindahan di kelas Kenichi. Tapi, karena suatu alasan, Kenichi harus bertarung dengan kakak kelasnya di pertarungan karate.

Dengan tenggat waktu 1 minggu ia harus berlatih agar bisa mengalahkan kakak kelasnya itu.Tapi, beruntungnya Kenichi diberitahu oleh Miu yang menyarankannya untuk berlatih di dojo Ryouzanpaku. Ryouzanpaku bukanlah dojo biasa karena didalamnya terdapat banyak master dari beberapa seni beladiri.

Akhirnya Kenichi berlatih disana dengan berbagai macam beladiri. Tapi setelah Kenichi berhasil berlatih disini dan mengalahkan kakak kelasnya di pertarungan karater, kini ia menjadi incaran oleh sebuah geng yang disebut deliquents, Ragnarok karena kepihawaiannya dalam seni beladiri.

#28. Bakuman

anime shounen terbaik

Sinonim: Bakuman., Japanese: バクマン。
Total Episode: 25+
Tayang: 2010
Studio: J.C.Staff
Source: Manga
Genre: Comedy, Drama, Romance, Shounen
Skor MAL: 8.32

Anime shounen terbaik berikutnya ini ceritanya berfokus kepada Mashiro Moritaka, saat kecil, Moritaka pernah bercita cita menjadi seorang mangaka (seorang pembuat komik), dirinya terinspirasi dari pamannya, yang saat itu menjadi mangaka terkenal.

Tapi, setelah pamannya meninggal dunia dikarenakan bekerja terlalu keras, dirinya mengurungkan niat untuk menjadi mangaka dan mengubur mimpinya dalam dalam. Kini Moritaka sudah SMA, Suatu hari ia di ajak oleh Takagi Akito teman sekelasnya untuk berkerjasama menjadi mangaka, karena Akito tau bahwa Moritaka berbakat menjadi seorang mangaka.

Tapi, karena tau kelamnya dunia mangaka yang mengakibatkan pamannya meninggal, Moritaka menolak permintaan temannya ini. Bukannya mengolah bakatnya, Moritaka malah berpikir "cari aman" dan bercita-cita jadi pegawai kantoran seperti kebanyakan orang.

Tidak ingin berputus asa, Akito pun menggunakan otak encernya untuk memotivasi Moritaka. Jika ia bisa membuat manga yang populer ia bisa mendekati gadis yang ia suka bernama Miho Azuki yang kebetulan bercita-cita ingin menjadi seorang aktris pengisi suara, dan Moritaka bisa meminta Miho menjadi pengisi suara tokoh utama wanitanya jika manga buatannya mendapat adaptasi anime.

#27. Kuroko no Basket

anime shounen terbaik

Sinonim: Kuroko's Basketball, Kuroko no Basuke, KuroBas, 黒子のバスケ
Total Episode: 50+
Tayang: 2012
Studio: Production I.G
Source: Manga
Genre: Comedy, School, Shounen, Sports
Skor MAL: 8.37

Anime shounen terbaik berikutnya ini mengisahkan SMP Teikou yang memiliki klub basket dengan pemain super tangguh dan berbakat yang telah mengalahkan banyak sekolah dan memenangi banyak pertandingan-pertandingan.

5 pemain inti tersebut dijuluki "Generation of Miracles/ Generasi Keajaiban" (Kiseki No Sedai). Setelah mereka semua lulus dari sekolah, masing masing dari mereka pergi ke SMA yang berbeda satu sama lain yang memiliki prestasi di klub basket sebelumnya.

Akan tetapi ada satu lagi pemain yang juga merupakan "Generation of Miracles", Sang Bayangan Keenam (The Phantom Sixth Player) yang tidak disadari keberadaannya dan jarang diperhatikan orang-orang. Pemain keenam ini sekarang mendaftar ke SMA Seirin sebagai anak kelas satu.

Bersamaan dengan itu seorang siswa pindahan dari Amerika bernama Kagami Taiga masuk ke SMA Seirin. Untuk menjadi yang terbaik di jepang, kini Kuroko bersama Kagami akan mengalahkan anggota dari generasi keajaiban lainnya.

#26. Shaman King

anime shounen terbaik

Sinonim: Shaman King, シャーマンキング
Total Episode: 64
Tayang: 2001
Studio: Xebec
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Comedy, Supernatural, Drama, Shounen
Skor MAL: 7.83

Shaman King adalah anime shounen terbaik yang menceritakan tentang seorang anak bernama Yoh Asakura yang bisa melihat dan berkomunikasi dengan roh dan anak ini sedang berlatih untuk mengikuti pertandingan shaman (shaman fight) yang diadakan setiap 500 tahun sekali untuk menjadi shaman king.

Sang juara turnamen ini nantinya akan mendapatkan roh agung (Great Spirit) dan memimpin dunia. Apabila yang menjadi seorang Shaman King adalah orang baik maka dunia akan terbawa ke jalan yang baik pula, namun apabila yang menjadi shaman king orang yang jahat maka akan membawa dunia ini pada kehancuran.

#25. Shokugeki no Souma

anime shounen terbaik

Sinonim: Food Wars! Shokugeki no Soma, Shokugeki no Soma, Food Wars: Shokugeki no Soma, 食戟のソーマ
Total Episode: 24
Tayang: 2015
Studio: J.C.Staff
Source: Manga
Genre: Ecchi, School, Shounen, Food
Skor MAL: 8.54

Anime shounen terbaik ini bercerita tentang Yukihara Souma yang bermimpi menjadi koki profesional di restoran ayahnya, Jochirou Yukihara dan berusaha melampaui kemampuan memasak ayahnya karena dalam pertarungan memasak dengan ayahnya sendiri Souma bahkan belum pernah menang.

Suatu hari, Ayahnya Souma mengatakan pada Souma, bahwa ia akan menutup kedainya dan pinda ke Amerika untuk bekerja disana. Hal itu menyebabkan Souma frustasi. Tapi Ayahnya, memberikan janji kepada Souma untuk membuka kedainya kembali.

Ia memberi syarat bahwa Souma harus menjadi siswa yang berhasil bertahan di sebuah sekolah koki yang bernama Tootsuki Culinary Academy. Sekolah ini merupakan sarangnya anak koki elit berkumpul untuk belajar memasak dari seluruh dunia.

Dan sekolah ini juga memiliki rata rata kualitas yang tinggi dan rata-rata siswa yang lulus hanya 10% dari total yang mendaftar.

#24. Black Clover

anime shounen terbaik

Sinonim: Black Clover, ブラッククローバー
Total Episode: 51
Tayang: 2017-2018
Studio: Studio Pierrot
Source: Manga
Genre: Action, Comedy, Magic, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 6.62

Anime shounen terbaik ini bercerita tentang 2 anak yatim piatu bernama Asta dan Yuno yang dibesarkan bersama sedari kecil. Saat masih kecil, mereka pernah berjanji akan saling bersaing untuk melihat siapa yang akan menjadi Kaisar sihir berikutnya.

Namun, saat mereka tumbuh dewasa, perbedaan kemampuan di antara keduanya semakin jelas. Yuno adalah seorang penyihir yang jenius, sementara Asta sama sekali tidak bisa menggunakan sihir. Untuk menutupi kekurangannya, Asta melatih fisiknya setiap hari.

Ketika mereka menerima Grimoire (buku sihir) mereka pada usia 15 tahun, Yuno mendapat sebuah buku dengan semanggi bedaun empat yang langka (kebanyakan orang menerima semanggi berdaun tiga), sementara Asta tidak menerima apa pun.

Akan tetapi, saat Yuno berada dalam bahaya, Asta mendapatkan kekuatan yang sebenarnya. Dia menerima sebuah Grimoire yang sangat usang dengan semanggi berdaun lima berwarna hitam (yang tidak disadari siapapun).

#23. Akame Ga Kill

anime shounen terbaik

Sinonim: Akame ga Kill!, Akame ga Kiru!, アカメが斬る!
Total Episode: 24
Tayang: 2014
Studio: White Fox
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 7.80

Nah kalau anime shounen terbaik yang ini sih ceritanya tentang seorang pemuda bernama Tatsumi yang memutuskan pergi ke ibu kota untuk menjadi seorang prajurit agar bisa menyelamatkan orang-orang di desanya dari pajak yang sangat tinggi dan tidak masuk akal.

Namun saat dalam perjalanan menuju kota, Tatsumi bertemu dengan kelompok bernama "Night Raid" yang tiba-tiba menghabisi orang yang terlihat tidak berdosa dimatanya. Dan setelah Night Raid mengatakan kebenaran yang terjadi tentang ibu kota yang dipenuhi oleh pejabat-pejabat korup dan melihat sendiri kebenaran yang terjadi, Tatsumi memutuskan untuk bergabung dengan Night Raid.

Dan bersama Night Raid, Tatsumi memutuskan untuk menghabisi para koruptor dan berharap bisa membebaskan kerajaan dari para pejabat-pejabat yang rakus akan harta dan juga menolong desanya yang sudah sangat menderita.

#22. Nanatsu no Taizai (The Seven Deadly Sins)

anime shounen terbaik

Sinonim: The Seven Deadly Sins, Nanatsu no Taizai, 七つの大罪
Total Episode: 24+
Tayang: 2014
Studio: A-1 Pictures
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Supernatural, Magic, Ecchi, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 8.29

Anime shounen terbaik selanjutnya ini mengisahkan tujuh orang yang sangat kuat di kerajaan Liones yang setia akan perintah dari rajanya. Suatu hari, Meliodas, sang ketua nanatsu no taizai ini dituduh melakukan kudeta dan pembunuhan terhadap kapten ksatria suci di kerajaan Liones.

Dan kabarnya di saat-saat kelompok nanatsu no taizai mengkhianati negara, para kesatria suci berhasil memberantas mereka semua. Namun, rumor yang beredar menyebutkan bahwa mereka masih hidup. Dan sepuluh tahun kemudian, kebenaran terungkap.

Elizabeth, putri dari kerajaan Liones ini menyadari bahwa ada yang tidak beres dengan kerajaannya. Kesatria Suci ternyata telah melakukan kudeta dan memfitnah Meliodas dan rekan rekannya. Untuk menolong kerajaanya yang mulai terpuruk, Elizabet mulai mencari mereka yang ternyata telah mengasingkan diri dan berpencar ke berbagai tempat pasca insiden tersebut.

Baca Juga: Dijamin Seru! Ini 30 Anime Mirip Nanatsu No Taizai (No 18 Merupakan Anime Action Terbaik Dengan Karakter Utama Overpower)

#21. Katekyo Hitman Reborn

anime shounen terbaik

Sinonim: Reborn!,  Kateikyoushi Hitman Reborn!, Home Tutor Hitman Reborn!, 家庭教師ヒットマンREBORN!
Total Episode: 203
Tayang: 2006-2010
Studio: Artland
Source: Manga
Genre: Action, Comedy, Shounen, Super Power
Skor MAL: 8.30

Saat ini, dunia mafia dikuasai oleh keluarga mafia terkuat dari Italia yaitu Vongola. Boss dari keluarga Vongola yang sekarang yaitu Boss Generasi Kesembilan akan segera pensiun. Tapi sebelum dia turun dari jabatannya, dia meminta bantuan dari Hitman profesional untuk melatih Boss generasi berikutnya untuk memerintah Vongola dan menguasai dunia mafia.

Cerita anime shounen terbaik ini mengisahkan Sawada Tsunayoshi atau yang biasa dipanggil Tsuna, ia adalah murid SMP Namimori yang payah dalam pelajaran, lemah dalam olahraga sehingga dijuluki Dame Tsuna (Tsuna si payah).

Suatu hari, Ibu Tsuna (Sawada Nana) mendapat kiriman brosur tentang home tutor (katekyoshi) dan langsung menerimanya. Tetapi home tutor yang muncul adalah sesosok bayi berjas hitam yang memperkenalkan diri sebagai Reborn, hitman khusus yang datang dari Italia untuk mendidik Tsuna sebagai calon Vongola X (Vongola Decimo/Vongola Juudaime).

#20. Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

anime shounen terbaik

Sinonim: Your Lie in April, 四月は君の嘘
Total Episode: 22
Tayang: 2014-2015
Studio: A-1 Pictures
Source: Manga
Genre: Drama, Music, Romance, School, Shounen
Skor MAL: 8.88

Shigatsu wa Kimi no Uso adalalah anime shounen terbaik selanjutnya. Film ini menceritakan Arima Kousei merupakan seorang pianis berbakat yang mendominasi seluruh kompetisi dan seluruh anak mengenalnya. Tapi setelah ibunya meninggal yang merupakan gurunya juga, mentalnya hancur. Setelah kematian ibunya, ia tidak bisa mendengar lagi lantunan piano yang ia mainkan.

Tiga tahun telah berlalu dan Kousei belum menyentuh pianonya sama sekali, dia memandang dunia seperti note tanpa warna dan hidupnya juga monoton tanpa warna sama sekali. Dia menjalani kehidupannya bersama temannya Tsubaki dan Watari.

Suatu hari, seorang gadis merubah segalanya. Miyazono Kaori seorang violinis cantik nan ceria, masuk kedalam hidup Arima. Kaori yang sedari kecil menyukai permainan piano Arima kini menariknya kembali ke dunia musik dan menunjukkan pada Kousei kalau dunia itu lebih bebas dan indah daripada yang dia lihat.

#19. D.Gray Man

anime shounen terbaik

Sinonim: D.Gray-man, D. Gray-man, D. Grey-man, ディー・グレイマン
Total Episode: 103+
Tayang: 2006-2008
Studio: TMS Entertainment
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Comedy, Super Power, Demons, Shounen
Skor MAL: 8.15

Cerita anime shounen terbaik ini berlatar di Eropa abad ke-19 dimana iblis/ monster bernama Akuma hidup. Akuma adalah senjata mekanik yang diciptakan Millennium Earl dari jiwa orang yang sudah mati, dan ia berkeinginan untuk membasmi umat manusia.

Satu-satunya jalan untuk memerangi makhluk-makhluk ini adalah kelompok yang secara khusus dilatih untuk membasmi Akuma bernama Exorcist. Untuk membasmi jiwa yang kini menjadi Akuma dibuatlah senjata bernama "Innocence" .

Dengan senjata "Innocence" dan mata terkutuk yang dimiliki Allen Walker yang dapat melihat jiwa penderitaan dalam Akuma, ia bersama organisasi bernama Black Order harus berkeliling dunia untuk berjuang dan menghabisi semua Akuma dan Millenium Earl untuk mencegah kehancuran dunia.

#18. Samurai X (Rurouni Kenshin)

anime shounen terbaik

Sinonim: Rurouni Kenshin, Rurouni Kenshin: Meiji Kenkaku Romantan, Samurai X, るろうに剣心 -明治剣客浪漫譚-
Total Episode: 94
Tayang: 1996-1998
Studio: Studio Gallop, Studio Deen
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Comedy, Historical, Romance, Samurai, Shounen
Skor MAL: 8.40

Anime shounen terbaik selanjutnya ini bercerita pada akhir era Bakumatsu, hiduplah seorang pembunuh dan pendekar pedang legendaris yang bernama Batosai si pembantai. Dia merupakan pendekar pedang terhebat dan terkenal dengan kesadisan nya dalam membunuh orang.

Cerita utamanya berpusat pada zaman Meiji, seseorang tidak lagi diperbolehkan membawa pedang di jalanan. Pada masa ini, Batosai memutuskan untuk tidak membunuh orang lagi dan hidup sebagai pribadi yang baru bernama Kenshin Himura atau lebih di kenal sebagai Samurai X.

Kini Batosai si pembantai, menyesali perbuatannya di masa lampau yang telah membunuh banyak orang, dan dia bersumpah untuk tidak membunuh seorangpun di masa ini. Untuk berjaga-jaga kini Kenshin menggunakan pedang "Sakabatou" yang bermata tajam terbalik.

Dalam perjalanannya ia bertermu dengan Kaoru dan tinggal di Dojo Kamiya bersama temannya. Namun kenshin Himura selalu dicari orang yang dendam dan ingin mengalahkan nya karena masa lalu nya sebagai seorang Batosai Si Pembantai.

#17. Mirai Nikki

anime shounen terbaik

Sinonim: The Future Diary, Mirai Nikki, Mirai Nikki (2011), 未来日記
Total Episode: 26
Tayang: 2011-2012
Studio: Asread
Source: Manga
Genre: Action, Psychological, Supernatural, Thriller, Mystery, Shounen
Skor MAL: 7.89

Anime shounen terbaik mirip sao ini menceritakan tentang sebuah suvival game. Sang karakter utama bernama Amano Yukiteru tiba-tiba diseret kedalam game mematikan untuk mempertaruhkan nyawanya. Deus Ex Machina sang dewa ruang waktu ini juga membawa 11 kontestan lainnya.

Dibekali dengan sebuah diari yang dapat membaca masa depan, mereka akan saling berhadapan satu sama lain hingga menyisakan satu orang yang selamat. Dan barang siapa yang memenangkan game ini, ia akan mendapatkan kekuatan dan diangkat menjadi dewa ruang waktu selanjutnya menggantikan Deus.

#16. Soul Eater

anime shounen terbaik

Sinonim: Soul Eater, ソウルイーター
Total Episode: 51
Tayang: 2008-2009
Studio: Bones
Source: Manga
Genre: Action, Fantasy, Comedy, Supernatural, Shounen
Skor MAL: 8.03

Soul Eater merupakan anime shounen terbaik selanjutnya, film ini sendiri berlatar belakang di Sekolah Kejuruan Meister Senjata Shinigami, Death City. Sekolah ini dikepala sekolahi oleh Shinigami yang juga dikenal sebagai Death.

Ceritanya berpusat pada manusia yang memiliki kemampuan berubah wujud menjadi senjata, dan para pemegang manusia senjata, yang disebut pengendali senjata (meister).

Tujuan para meister adalah mengalahkan dan mengumpulkan 99 jiwa manusia jahat dan satu jiwa penyihir dengan senjata mereka.

Kemudian para senjata akan menyerap jiwa-jiwa itu untuk mengubah senjata yang dimiliki seorang meister menjadi "Death Scythe", gelar tertinggi yang diterima seorang senjata manusia dan yang dapat dipakai oleh Shinigami.

#15. InuYasha

anime shounen terbaik

Sinonim: InuYasha, Inu Yasha, 犬夜叉
Total Episode: 167
Tayang: 2000-2004
Studio: Sunrise
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Comedy, Historical, Demons, Supernatural, Magic, Romance, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 7.90

Anime shounen terbaik berjudul InuYasha ini ceritanya berawal di Tokyo, Jepang, seorang gadis SMU bernama Higurashi Kagome sedang mencari kucingnya yang jatuh ke sumur keramat, karena adiknya takut untuk masuk, akhirnya Kagome memutuskan untuk masuk kesana.

Tapi setelah sampai di mulut sumur keramat ini, siluman kelabang muncul dan menyerangnya dan membuat Kagome masuk kedalamnya. Siluman ini ternyata menginginkan Bola Empat Arwah (Shikon no Tama) yang ada di dalam tubuhnya.

Setelah masuk kesumur keramat tadi Kagome malah terperangkap di Era 500 Tahun di masa lampau pada Era Sengoku. Darisinilah kisahnya dimulai. Shikon no Tama yang ada di dalam tubuh Kagome hancur saat ia berhadapan degan siluman.

Untuk mencegah pecahan bola empat arwah ini jatuh ketangan para siluman yang jahat, Kagome, Inuyasha bersama teman-temannya memulai mengumpulkan pecahan Shikon no Tama yang tersebar keseluruh tempat.

#14. Yu Gi Oh! Duel Monsters

anime shounen terbaik

Sinonim: Yugioh, Yu-Gi-Oh!, Yugioh, Yu-Gi-Oh!, Yu-Gi-Oh!: Duel Monsters, Yugioh: Duel Monsters, Yu-Gi-Oh! Duel Monsters, 遊☆戯☆王 デュエルモンスターズ
Total Episode: 224
Tayang: 2000-2004
Studio: Studio Gallop
Source: Manga
Genre: Adventure, Game, Shounen
Skor MAL: 7.57

Anime shounen terbaik ini mengisahkan tentang petualangan seorang anak laki-laki bernama Yugi Mutou. Suatu hari ia diberi hadiah oleh kakeknya sebuah kotak yang berisi kepingan-kepingan puzzle antik, yang disebut sebagai Millenium Puzzle.

Setelah bertahun-tahun menyusun puzzle ini, tiba-tiba roh yang berada di dalamnya berhasil keluar dan merasuki tubuh Yugi dan menjadi semacam kepribadian yang lain, yaitu: Yami Yugi (Yugi Kegelapan). Yu-Gi-Oh! Duel Monster berkisar pada perjalanan roh seorang Pharaoh Mesir kuno yang mencoba untuk menemukan kembali ingatannya bertahun-tahun yang lalu.

Dengan bantuan Yugi Mutou, dan juga teman-temannya, ia berpertempuran melawan banyak penjahat. Banyak penjahat yang telah berhubungan dengan Pharaoh Tak Bernama terakhir itu, karena ia memegang Millenium Puzzle.

#13. Yu Yu Hakusho

anime shounen terbaik

Sinonim: Yu Yu Hakusho: Ghost Files, Yu Yu Hakusho, Ghost Fighter, Poltergeist Report, YuYu Hakusho, 幽☆遊☆白書
Total Episode: 112
Tayang: 1992-1995
Studio: Studio Pierrot
Source: Manga
Genre: Action, Comedy, Demons, Supernatural, Martial Arts, Shounen
Skor MAL: 8.48

Anime shounen terbaik berjudul Yu Yu Hakusho ini merupakan anime lawas yang juga sama melegendanya seperti seri dragon ball. Anime ini sendiri mengisahkan tentang seorang anak berusia 14 tahun bernama Yusuke Urameshi.

Ia merupakan anak yang nakal suka membolos sekolah, menyebabkan masalah, dan terlibat perkelahian setiap harinya Pada suatu saat, ia menyelamatkan seorang anak yang hampir tertabrak mobil. Namun sayangnya usaha ini mengorbankan nyawanya dan ia pun tewas.

Dunia alam baka terkejut dengan kematiannya. Dan akhirat belum siap untuk menerima Yusuke, karena mereka tidak pernah berpikir bahwa Urameshi akan membuat semacam pengorbanan. Karena kebaikannya ini, Yusuke Urameshi pun dihidupkan kembali.

Namun ia hidup kembali tidak secara cuma-cuma, karena kini ia harus bekerja sebagai detektif arwah yang menangani kasus dunia arwah yang terjadi di Bumi maupun di alam baka.

#12. My Hero Academia (Boku no Hero Academia)

anime shounen terbaik

Sinonim: My Hero Academia, 僕のヒーローアカデミア
Total Episode: 30+
Tayang: 2016
Studio: Bones
Source: Manga
Genre: Action, Comedy, School, Shounen, Super Power
Skor MAL: 8.44

Anime shounen terbaik ini menceritakan dunia di mana hampir semua orang memiliki kemampuan super yang disebut "Quirk", dan kemampuan khusus itu sudah dianggap normal di dunia tersebut. 80% populasi manusia memiliki kemampuannya masing-masing, dan profesi yang paling diinginkan oleh semua orang adalah menjadi seorang pahlawan.

Cerita anime shounen terbaik ini berpusat pada Izuku Midoriya, seorang anak SMP biasa yang tidak memiliki Quirk seperti kebanyakan orang. Meski begitu, ia tetap bermimpi untuk menjadi pahlawan suatu hari nanti.

Namun dalam perjalanannya, ia banyak melewati rintangan dan dibully oleh teman-temannya yang memiliki Quirk, terutama oleh Katsuki Bakugou, teman masa kecilnya yang mempunyai Quirk dan juga berbakat

Tapi suatu ketika, karena beberapa alasan dari suatu kejadian, kini ia mendapat Quirk "All For One" dari All Might, seorang Pahlawan terkuat yang ia kagumi. Izuku akhirnya memutuskan dan melanjutkan sekolah di SMA Yuuei (U.A), sebuah sekolah yang dikshususkan untuk melatih para calon Hero/ pahlawan.

#11. Hunter X Hunter (2011)

anime shounen terbaik

Sinonim: Hunter x Hunter, HxH (2011), HUNTER×HUNTER ハンターハンター
Total Episode: 148
Tayang: 2011-2014
Studio: Madhouse
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Super Power, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 9.11

Anime shounen terbaik ini bercerita tentang seorang anak laki-laki berusia 12 tahun bernama Gon Freecss yang bertualang mencari ayahnya, Ging Freecss. Dalam petualangannya, Gon memutuskan untuk menjadi seorang Hunter yang dikenal dapat memiliki hak akses istimewa dalam bidang apapun.

Hunter biasanya melakukan berbagai tugas berbahaya seperti menangkap penjahat dan dengan berani mencari harta karun yang hilang di wilayah yang belum dipetakan.

Dalam kisahnya, untuk mendapatkan lisensi Hunter, Gon mengikuti serangkaian ujian Hunter super sulit yang bahkan orang dewasapun tidak sanggup mengikutinya.

Dalam perjalannan ia bertemu dengan tiga orang yang berasal dari latar belakang yang berbeda, yakni Killua Zoldyck, Leorio, dan Kurapika yang kemudian menjadi sahabatnya dalam mengarungi dunia Hunter x Hunter.

#10. Gintama

anime shounen terbaik

Sinonim: Gintama, Gin Tama, Silver Soul, Yorinuki Gintama-san, 銀魂
Total Episode: 200+
Tayang: 2006-2018
Studio: Sunrise
Source: Manga
Genre: Action, Sci-Fi, Comedy, Historical, Parody, Samurai, Shounen
Skor MAL: 9.01

Anime shounen terbaik ini kisahnya bersetting di jaman Edo di mana umat manusia diserang oleh alien yang disebut "Amanto" dan para samurai Jepang bergabung untuk melawan alien ini.

Tetapi ketika shogun melihat kekuatan alien ini dan berpikir tidak sanggup untuk mengalahkannya, dia akhirnya mengkhianati para samurai dan menyerah pada alien.

Supaya negri ini damai, Shogun itu membuat kontrak dengan alien. Tapi kontrak ini malah berpihak pada Amanto dan kontrak ini juga malah melarang membawa pedang bagi samurai ditempat umum.

Dan anime shounen terbaik ini kisahnya mengikuti kisah sakata Gintoki yang bekerja sebagai freelancer bersama teman-temannya Shinpachi Shimura dan Kagura untuk membayar sewa bulanan di rumah dan kantor gabungan Gintoki.

#9. Fairy Tail

anime shounen terbaik

Sinonim: Fairy Tail, FAIRY TAIL, FT, フェアリーテイル
Total Episode: 200+
Tayang: 2009-2018
Studio: Satelight, A-1 Pictures
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Comedy, Magic, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 8.08

Anime shounen terbaik ini berlatar di sebuah dunia fiksi, di mana terdapat Guild penyihir bernama "Fairy Tail". Guild ini bertempat di kota Magnolia, yang berada di Kerajaan Fiore.

Saat ini guild tersebut dipimpin oleh Makarov. Lucy Heartfilia, seorang gadis 17 tahun yang ingin menjadi penyihir.

Ia telah pergi dari rumahnya untuk berkelana ke negara Fiore demi bergabung dengan Fairy Tail karena pamor dari salah satu anggotanya yang dijuluki Salamander.

Namun saat dalam perjalanan, ia malah ditipu oleh orang yang menyamar sebagai Salamander untuk dijual sebagai budak.

Tak lama setelah kejadian ini, Natsu sang Salamander asli muncul bersama sahabatnya yaitu Happy dan menolongnya.

Mengetahui bahwa Lucy ingin bergabung dengan serikatnya, akhirnya Natsu membawanya ke Guild FairyTail. Bersama dengan Erza, Gray, Happy dan teman-teman lainnya, Natsu dan Lucy memulai kisahnya untuk mencari dan mencapai impian mereka.

#8. Tokyo Ghoul

anime shounen terbaik

Sinonim: Tokyo Ghoul, Tokyo Kushu, Toukyou Kushu, Toukyou Ghoul, 東京喰種-トーキョーグール-
Total Episode: 20+
Tayang: 2014
Studio: Studio Pierrot
Source: Manga
Genre: Action, Mystery, Horror, Psychological, Supernatural, Drama, Seinen
Skor MAL: 8.00

Ghoul adalah suatu makhluk misterius yang memburu dan menjadikan manusia sebagai makanan dan mereka kini berada di puncak rantai makanan. Mereka telah lama hidup berbaur dengan manusia dan sulit untuk menemukan mereka karena penampilan mereka sangat mirip dengan manusia.

Anime shounen terbaik berudul Tokyo Ghoul ini mengisahkan kehidupan Ken Kaneki yang berubah secara drastis ketika bertemu dengan perempuan yang ia sukai bernama Rize Kamishiro yang ternyata adalah seorang Ghoul.

Ketika Kaneki tengah mengantarkan Rize pulang, dia hampir tewas dibunuh dan dimakan oleh Rize di tempat konstruksi. Beruntung beberapa batang besi jatuh dan menimpa tubuh Rize hingga tewas.

Untuk menyelamatkan nyawa Kaneki yang sekarat, akhirnya para dokter memindahkan organ Rize ke tubuh Kaneki hingga menjadikannya manusia setengah Ghoul.

Kini Kaneki harus berjuang untuk menjaga rahasia identitasnya dari manusia lainnya.

Baca JugaDijamin Menegangkan! Ini 30 Anime Mirip Tokyo Ghoul Yang Sama Sama Memiliki Kisah Dan Aksi Yang Keren

#7. Attack on Titan (Shingeki no Kyojin)

anime shounen terbaik

Sinonim: Attack on Titan, AoT, Shingeki no Kyojin, SnK, 進撃の巨人
Total Episode: 30+
Tayang: 2013
Studio: Wit Studio
Source: Manga
Genre: Action, Military, Mystery, Super Power, Drama, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 8.49

Anime shounen terbaik berikutnya ini bercerita di suatu zaman yang tidak diketahui, umat manusia hampir punah karena sebagian dari umat manusia dimangsa oleh sebuah makhluk raksasa bernama Titan.

Untuk berlindung dari serangan para Titan, umat manusia membangun tembok raksasa yang sangat besar dan tinggi. Namun suatu hari, satu Titan raksasa berhasil menghancurkan tombok yang tidak pernah tergoyahkan ini dan titan-titan lain pun masuk ke wilayah pemukiman.

Umat manusia pun tak punya pilihan lain selain bertempur untuk bertahan hidup. Titan itu sendiri sebenarnya adalah manusia yang bisa berubah wujud menjadi raksasa berkat Ymir, nenek moyang mereka yang melakukan perjanjian dengan setan.

Setelah kematian Ymir, kekuatan semua titan yang ada dalam diri Ymir terpecah jadi 9 titan.

#6. Death Note

anime shounen terbaik

Sinonim: Death Note, DN, デスノート
Total Episode: 37
Tayang: 2006-2007
Studio: Madhouse
Source: Manga
Genre: Mystery, Police, Psychological, Supernatural, Thriller, Shounen
Skor MAL: 8.67

Anime Shounen terbaik berjudul Death Note ini menceritakan Shinigami, sebagai dewa kematian mereka dapat membunuh setiap orang asalkan mereka melihat wajah sang korban dan menulis namanya dalam sebuah buku yang disebut Death Note.

Suatu hari, sang dewa kematian bernama "Ryuk" bosan dengan gaya hidup shinigaminya dan tertarik melihat bagaimana manusia akan menggunakan Death Note ini. Dan salah satu anime mirip tokyo ghoul yang pernah suitosite bahas ini bercerita tentang Light Yagami.

Ia adalah seorang siswa paling genius di Japan yang secara tidak sengaja menemukan sebuah buku catatan kematian Death Note milik Shinigami bernama Ryuk yang terjatuh di sekolahnya.

Setiap nama manusia yang dituliskan dalam Death Note ini maka akan mati karena serangan jantung dalam waktu 40 detik setelah namanya ditulis.

Awalnya Light tidak percaya dengan buku ini, namun setelah mengetesnya dengan menuliskan beberapa nama orang di dalam buku ini, orang yang ditulis namanya tadi benar-benar mati.

Karena kebetulan menemukan Death Note tersebut, Light yang selama ini berpikir bahwa dunia tempat dimana ia tinggal sudah semakin tak karuan yang diisi oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab akhirnya memutuskan untuk membuat dunia ideal yang hanya diperuntukkan bagi orang-orang baik saja.

Caranya? Dengan membunuh orang-orang jahat menggunakan Death Note yang kini dimilikinya. Untuk melancarkan aksinya, Light menggunakan nama samaran "Kira" dalam melancarkan setiap aksinya.

Sayangnya, Light semakin tak terkendali dan bukan cuma membunuh yang jahat saja, tapi juga orang-orang yang menghalanginya.

Alhasil, aksinya tersebut memancing perhatian seorang detektif paling jenius yaitu "L". Semenjak saat itu L memutuskan untuk menawarkan dirinya kepada pihak kepolisian Jepang untuk menyelesaikan kasus Kira. Dari sinilah pertarungan adu kecerdasan antara Kira vs L dimulai.

#5. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

anime shounen terbaik

Sinonim: Fullmetal Alchemist: Brotherhood, Hagane no Renkinjutsushi: Fullmetal Alchemist, Fullmetal Alchemist (2009), FMA, 鋼の錬金術師 FULLMETAL ALCHEMIST
Total Episode: 64
Tayang: 5 April 2009 - 4 Juli 2010
Studio: Bones
Source: Manga
Genre: Action, Military, Adventure, Comedy, Drama, Magic, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 9.25

Fullmetal Alchemist: Brotherhood merupakan salah satu anime mirip nanatsu no taizai yang pernah Suitosite bahas. Animenya sendiri menceritakan kisah Ed dan Al.

Untuk menghidupkan kembali ibunya yang sudah meninggal, sepasang kakak beradik bernama Alphonse dan Edward Elric melakukan transmutasi manusia yang dilarang oleh negaranya.

Karena tindakan yang berbahaya ini, Ed kehilangan sebagian lengan dan kakinya sementara Al kehilangan seluruh tubuhnya.

Untuk mengembalikan tubuh Al seperti sedia kala, Ed menjalani serangkaian tes untuk menjadi Alchemist Negara demi mencari info supaya tubuh mereka bisa kembali seperti semula.

Dan saat berbagai macam riset mengarah pada sebuah Batu Bertuah, mereka pun mulai mencarinya. Namun saat mereka melakukan perjalanan untuk menemukan batu bertuah yang konon dapat menyembuhkan penyakit apapun tanpa melakukan pertukaran setara, kebenaran tentang batu ini terungkap.

Batu bertuah ini ternyata terbuat dari jiwa manusia hidup. Sepanjang perjalanan, mereka akan berhadapan dengan tujuh dosa mematikan yang ternyata mengincar batu bertuah demi kepentingannya sendiri.

Untuk mengembalikan tubuh mereka dan juga melindungi manusia dari eksperimen berbahaya ini, sepanjang perjalanan mereka akan berhadapan dengan berbagai konflik antar Al, Ed dan juga sebuah misteri kenapa batu ini bisa ada.

#4. Bleach

anime shounen terbaik

Sinonim: Bleach, BLEACH - ブリーチ -
Total Episode: 366
Tayang: 2004-2012
Studio: Studio Pierrot
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Comedy, Super Power, Supernatural, Shounen
Skor MAL: 7.90

Anime shounen terbaik berjudul Bleach ini bercerita tentang Ichigo Kurosaki, seorang pelajar SMA yang memiliki kemampuan untuk melihat roh, dan juga Rukia Kuchiki, seorang shinigami (dewa kematian) yang pada suatu hari bertemu dengan Ichigo sewaktu sedang memburu roh jahat yang disebut Hollow.

Pada saat Rukia bertarung melawan hollow tersebut ia terluka, karena tidak memiliki pilihan lain, Rukia akhirnya memindahkan kekuatan shinigami-nya kepada Ichigo untuk menggantikannya sebagai Shinigami pengganti.

Sejak saat itulah kekuatan Ichigo yang selama ini terpendam pun mulai bangkit dan memperlihatkan bakatnya sebagai Shinigami yang hebat. Akibat kejadian ini, Ichigo mulai terlibat menjadi shinigami untuk membasmi para Hollow.

Semenjak saat itu juga Ichigo mulai menjadi seorang shinigami yang bertugas untuk mengantarkan Hollow/ arwah gentayangan ke Soul Society.

#3. Naruto Series

anime shounen terbaik

Sinonim: Naruto, NARUTO, ナルト, Naruto: Shippuden, Naruto Hurricane Chronicles, ナルト- 疾風伝
Total Episode: 500+
Tayang: 2002-2017
Studio: Studio Pierrot
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Comedy, Super Power, Martial Arts, Shounen
Skor MAL: 8.17

Anime shounen terbaik ini ceritanya dimulai ketika seekor monster rubah ekor sembilan bernama Kyuubi menyerang Konoha. Akibatnya kekacauan terjadi di desa ini dan korban banyak berjatuhan. Dua belas tahun kemudian, diceritakan seorang anak bernama Naruto Uzumaki yang sering membuat onar di desa Konoha.

Naruto melakukan hal itu karena menginginkan perhatian dari penduduk desa yang menjauhinya. Dan anime berjudul Naruto: Shippuden ini menceritakan petualangan Uzumaki Naruto yang sudah dewasa, ia bersama Haruno Sakura sedang melakukan sebuah misi untuk mencari sahabatnya Uchiha Sasuke setelah ia meninggalkan desanya.

Disini, pergerakan organisasi bernama Akatsuki juga semakin terlihat. Naruto dan kawan-kawannya juga diberi misi kelas S untuk menolong Gaara, sang Kazekage sekaligus sahabat Naruto dari tangan organisasi misterius bernama Akatsuki karena mereka akan mengabil Bijuu di dalam tubuh Gaara.

Dibalik rencana penculikan Gaara ternyata Akatsuki sedang mengunpulkan bijuu untuk membangkitkan monster berekor sepuluh bernama Juubi.

#2. Dragon Ball Series

anime shounen terbaik

Sinonim: Dragon Ball, DB, Dragon Ball Z, DBZ, Dragonball Z, ドラゴンボールZ, Dragon Ball GT, DBGT, Dragon Ball Super, Dragon Ball Chou, DB Super, DBS
Total: Episode: 400+
Tayang: Apr 26, 1989 to Jan 31, 1996
Studio: Toei Animation
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Martial Arts, Shounen, Super Power
Skor MAL: 8.31+

Menceritakan seorang anak bernama Goku, seorang bangsa saiya yang kini dikirim ke bumi oleh ayahnya, karena planet Vegeta tempat dimana bangsanya tingal telah di hancurkan oleh Frieza. Sesampainya ia dibumi, Goku ditemukan oleh seorang kakek bernama Son Gohan.

Kisah anime legendaris ini menceritakan petualangan Goku yang dirawat oleh Son Gohan. Setelah tumbuh bersama kakeknya Goku yang tadinya bandel kini menjadi anak yang baik dan penurut. Suatu hari sang Kakek memperlihatkan bola naga bintang 4 yang ia miliki.

Ia mengatakan, bila ketujuh bola naga ini terkumpul maka akan muncul seekor naga yang bisa mengabulkan permintaan apapun. Dan anime shounen terbaik ini kisah utamanya sendiri berfokus pada Goku dan Bulma, mereka berpetualan untuk mencari dragonball.

#1. One Piece

anime shounen terbaik

Sinonim: One Piece, OP, ONE PIECE
Total Episode: 850+ (Masih Tayang)
Tayang: 20 oktober 1999 - ?
Studio: Toei Animation
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Comedy, Super Power, Drama, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 8.54

Anime shounen terbaik ini caritanya berfokus pada Monkey D. Luffy, seorang anak laki-laki yang terinspirasi oleh Younko bernama Shanks untuk menjadi bajak laut. Awalnya Luffy ingin menjadi bajak laut agar bisa menemukan harta karun paling berharga peninggalan raja bajak laut sebelumnya yang bernama "One Piece".

Namun suatu hari, karena ia selalu diledek oleh Shanks karena ia tak mungkin bisa menjadi bajak laut, akhirnya tanpa sadar Luffy nekad memakan buah iblis yang Shanks bawa di kediaman makino. Tak lama setelah itu, Luffy tak bisa berenang karena effek buah iblis yang ia makan.

Semenjak saat itu pula Luffy juga bermimpi akan menjadi Raja Bajak laut dan juga akan menemukan One Piece. Tapi Sebelum cita-citanya ini terwujud Luffy harus menaklukan lautan yang sangat buas bernama Grand Line untuk menuju pulau diujung dunia yaitu Raftel.

Seiring berjalannya waktu saat Luffy bersama anggota bajak lautnya mengarungi lautan untuk mencari One Piece, kini ia malah dihadapkan dengan berbagai musuh kuat dan juga banyaknya misteri dunia yang belum terungkap.

Sebelum Luffy menjadi raja bajak laut dan menemukan One Piece, kini ia juga harus bisa memecahkan sebuah misteri lain yang tertulis disebuah batu bersejarah bernama poneglyph, karena di dalam batu ini sejarah dunia tertuang didalamnya termasuk, sejarah yang hilang, senjata pemusnah masal dan juga petunjuk dimana Raftel dan One Piece berada.

Baca Juga32 Anime Isekai Terbaik Yang Menceritakan Berpetualang Di Dunia Lain

Nah itu dia beberapa daftar anime shounen terbaik yang ada hingga saat ini. Dari daftar di atas sebenarnya masih banyak lagi anime shounen terbaik yang belum masuk kedalam list ini. Jika admin ada waktu luang, artikel ini akan diupdate lagi.

Nah dari daftar di atas, mana anime favoritmu? jangan lupa komen, share dan tunggu pembahasan anime menarik lainnya hanya di Suitosite ya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar