Ceritanya Ringan Dan Menarik! Ini 46 Anime Light Novel Terbaik

Suitofile Juni 09, 2018
Anime Light Novel juga punya kisah yang keren dan ga kalah serunya dari seri film yang di angkat dari media manga. Nah buat kamu yang belum tau, Light Novel alias Novel Ringan sendiri adalah sejenis novel yang sering disertai dengan ilustrasi anime atau manga menurut Wikipedia.

Ceritanya juga biasanya cukup ringan di cerna jadi buat para anime lover yang ga terlalu suka dengan cerita yang berat, anime yang di adaptasi dari sebuah Light Novel sangat cocok untuk diikuti. Nah berhubung anime light novel ini cukup banyak juga serinya dan menarik juga untuk dibahas, di kesempatan kali ini Suitosite bakal membahas nih tentang anime Light Novel terbaik.

Mulai dari anime light novel bernuansa romance, action, sampai thriller, berikut adalah beberapa daftar anime light novel terbaik yang telah Suitosite rangkum.

Baca JugaTerpopuler Dan Ratingnya Tinggi! Ini 60 Anime Shounen Terbaik

Daftar Anime Light Novel Terbaik


#46. Chrome Shelled Regios

anime light novel terbaik

Sinonim: Chrome Shelled Regios, Koukaku no Regios, Kokaku no Regios, 鋼殻のレギオス
Total Episode: 24
Tayang: 2009
Studio: Zexcs
Source: Light novel
Genre: Action, Adventure, Fantasy, School, Sci-Fi
Skor MAL: 7.50

Anime light novel terbaik ini mengisahkan bumi pasca-apokaliptik yang dibanjiri dengan binatang bermutasi disebut Filth Monster atau Limbeekoon, umat manusia dipaksa untuk hidup di kota-kota besar bernama Regios dan belajar menggunakan senjata yang disebut Dite serta memanfaatkan kekuatan KEI untuk bertahan hidup.

Pusat ceritanya berada di Kota Zuellni, Layfon Alseif sang karakter utama berharap untuk memulai hidup baru dan melupakan masa lalunya. Namun, masa lalunya sebagai pasukan elit telah menarik perhatian orang bernama Karian Loss dan Kapten Peleton 17 bernama Nina Antalk yang langsung mengakui kemampuannya dan memutuskan dia calon yang sempurna untuk bergabung dengan kelompoknya.

#45. Katanagatari

anime light novel terbaik

Sinonim: Katanagatari, Sword Story, 刀語
Total Episode: 12
Tayang: 2010
Studio: White Fox
Source: Light novel
Genre: Action, Adventure, Historical, Martial Arts, Romance
Skor MAL: 8.44

Anime light novel terbaik berjudul katanagatari ini bercerita pada era Edo di Jepang, gaya bertarung menggunakan pedang merupakan hal yang sedang digemari. Shichika Yasuri memiliki gaya berpedang yang sangat unik yaitu Kyotouryuu, teknik dimana tubuh pengguna berayun seperti pisau.

Shichika tinggal dengan tenang disebuah tempat bersama kakaknya Nanami, sampai suatu hari ahli strategi yang sangat ambisius, Togame masuk dalam kehidupan mereka.

Togame mengajukan permintaan yang tidak biasa kepada Shichika, yaitu untuk mengumpulkan 12 pedang unik yang dikenal sebagai "Deviants Blades" untuk shogun.

Shichika menerima permintaan itu, dan sedikit tertarik dengan gadis itu, dan akhirnya memulai perjalanan. Dan anime action romance ini menceritakan tentang Togame yang mendapat tugas dari Shogun untuk mengumpulkan 12 pedang terkuat karya pembuat pedang terkenal, Shikizaki Kiki.

Namun ternyata pedang-pedang ini mengandung semacam "racun" yang menggoda pemegangnya untuk terus memilikinya. Dan akibat "racun" tersebut Togame telah dua kali dikhianati oleh anak buahnya sendiri.

Demi mencegah pengkhianatan yang ketiga, Togame mencari bantuan ke Yusari Mutsue, ahli bela diri Kyotouryuu yang pantang menggunakan pedang. Namun ternyata Mutsue telah lama meninggal. Togame pun terpaksa untuk mengajak anak laki-laki dari Mutsue, Shichika.

Dari sinilah kisah cerita anime ini dimulai, dimana Shichika dan Togame berkelana mengelilingi Jepang untuk mengumpulkan pedang-pedang Shikizaki Kiki satu persatu.

#44. Violet Evergarden

anime light novel terbaik

Total Episode: 13
Tayang: 2018
Studio: Kyoto Animation
Source: Light novel
Genre: Slice of Life, Drama, Fantasy
Skor MAL: 8.59

Anime light novel terbaik selanjutnya ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Violet Evergarden yang sebelumnya dikenal sebagai "senjata". Saat masih perang, dia bertemu dengan seorang yang bernama Gilbert.

Di masa masa perang mereka hadapi bersama, sampai akhirnya pada misi terakhirnya Violet mengalami cidera parah dan Gilbert menolongnya. Namun pada perang terakhir yang mereka berdua jalani ini, ada ucapan yang yang tidak bisa di lupakan oleh Violet sebelum ia dan Gilbert berpisah.

Kini perang telah usai, Violet yang masih mencari tahu nasib Gilbert, bekerja di sebuah perusahaan CH Postal Service. Disana dia tertarik oleh pekerjaan yang disebut "Auto Memories Dolls", yang mengubah sebuah ucapan sederhana menjadi sebuah kata kata bermakna mendalam bentuk surat. Sambil bekerja, dia ingin mengetahui arti dari kata kata orang yang dia sayangi disaat terakhir dia bertemu.

#43. Rakudai Kishi no Cavalry

anime light novel terbaik

Sinonim: Chivalry of a Failed Knight, A Chivalry of the Failed Knight, Rakudai Kishi no Eiyuutan, A Tale of Worst One, 落第騎士の英雄譚《キャバルリィ》
Total Episode: 12
Tayang: 2015
Studio: Silver Link., Nexus
Source: Light novel
Genre: Action, Romance, Ecchi, Fantasy, School
Skor MAL: 7.75

Anime light novel terbaik ini menceritakan tentang sekolah penyihir yang menggunakan sihir modern. Dalam pertempuan, penyihir menggunakan senjata yang merupakan perwujudan dari jiwa mereka.

Kurogane Ikki belajar di sekolah ini untuk menjadi Kesatria Sihir, namun dia disebut sebagai "Kesatria Gagal" karena tidak memiliki kekuatan sihir.

Tidak seperti murid lainnya yang memiliki kekuatan sihir atau lebih dikenal dengan sebutan Blazers, kekuatan Magis Kurogane Ikki sangat buruk dan ia berada di Rank F disekolahnya.

Walaupun begitu Ikki tidak menyerah begitu saja, ia ingin membuktikan bahwa dia juga bisa menjadi yang terkuat. Ikki bahkan berniat untuk mengikuti turnamen pertandingan antar siswa di sekolahnya.

Suatu hari ketika pulang sekolah ia terkejut karena dikamarnya terdapat siswi dengan Blazers rank-A yang tengah mengganti pakaian, siswi itu bernama Stella Vermilion yang merupakan seorang putri kerajaan.

Tentu saja hal itu memancing kemarahan Stella, karena menanggap Ikki telah mengintip dirinya, walaupun padahal kepala sekolah telah menentukan bahwa mereka ber 2 adalah roommate dikamar itu.

Stella langsung saja mengajak Ikki untuk berduel untuk menentukan siapa yang berkuasa di kamar itu. Dalam duel ini, siapa yang kalah harus patuh pada yang menang seumur hidupnya!

#42. Strike The Blood

anime light novel terbaik

Sinonim: Strike the Blood, SutoBura, ストライク・ザ・ブラッド
Total Episode: 24+
Tayang: 2014
Studio: Silver Link., Connect
Source: Light novel
Genre: Action, Harem, Supernatural, Ecchi, Vampire, Fantasy, School
Skor MAL: 7.35

Anime light novel terbaik selanjutnya adalah Strike The Blood. Ceritanya berfokus kepada Akatsuki Kojou, seorang siswa SMA yang biasa biasa saja. Dirinya tinggal di sebuah distrik di pulau Itogami, sebuah pulau yang menampung berbagai macam ras, seperti vampire, werewolf dan sebagainya.

Kojou, awalnya adalah manusia biasa, tapi, karena kejadian tak terduga, dirinya kini mewarisi darah dari raja vampire ke 4 (Fourth Progenitor), vampire terkuat di dunia yang seharusnya hanya ada didalam legenda. Konon, Fourth Progenitor ini memiliki 12 familiar yang dapat mengancam keamanan.

Suatu hari, saat Kojou sedang berjalan jalan dikota, ia diikuti oleh seorang gadis. Ternyata gadis tersebut adalah prajurit dari organisasi Lion King, yang menugaskannya untuk mengawasi Kojou yang sekarang mewarisi raja vampire ke 4.

Gadis itu bernama Himeragi Yukina, karena kesalah pahaman dan kejadian yang rumit, sekarang Yukina mengikuti Kojou, dan bermaksud untuk mengawasinya dari dekat. Niat awal ingin mengawasi Kojou, tapi lama kelamaan Himeragi justru jatuh cinta kepada Kojuo karena sering bertarung bersama.

Kini keduanya pun sering bahu membahu menjaga keamanan kota dari serangan para penjahat berkekuatan super sejenis vampir, homunculus, exorcist dan juga para penyihir.

#41. Gosick

anime light novel terbaik

Total Episode: 24
Tayang: 2011
Studio: Bones
Source: Light novel
Genre: Mystery, Historical, Drama, Romance
Skor MAL: 8.19

Kujou Kazuya, seorang siswa pindahan dari jepang yang pindah ke Negara bagian selatan eropa yang disebut Sauville. Disana dia bersekolah di akademi yang disebut Akademi Saint Marguerite. Karena Kazuya memiliki rambut hitam, berbeda dengan kebanyakan orang eropa, dirinya di takuti dan di jauhi, karena rambut hitam identik dengan shinigami (dewa kematian).

Suatu hari Kujou mengunjungi perpustakaan di sekolah itu karena mendengar cerita hantu. Namun disana ia menemukan seorang gadis dengan rambut berwarna emas semerti boneka bernama Victorique de Blois.

Setelah pertemuan itu, Kazuya selalu pergi ke perpustakaan untuk bertemu dengan Victorique, ternyata Victorique memiliki kemampuan menyimpulkan dan strategi, dia adalah orang terpintar yang sanggup memecahkan masalah seperti detektif, sampai akhirnya mereka selalu bersama dan memecahkan misteri yang bahkan polisi tidak bisa pecahkan.

#40. Kokoro Connect

anime light novel terbaik

Sinonim: Kokoro Connect, Kokoroco, ココロコネクト
Total Episode: 13
Tayang: 2012
Studio: Silver Link.
Source: Light novel
Genre: Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, Romance, School
Skor MAL: 7.95

Cerita anime light novel terbaik ini berpusat pada lima anggota dari Klub Penelitian Kebudayaan "Bunka Kenkyuu bu" yakni Taichi Yaegashi, Nagase Iori, Himeko Inaba, Yui Kiriyama, dan Yoshifumi Aoki. Dimana kelimanya dihadapkan pada sebuah fenomena aneh yakni bertukarnya kesadaran atau tubuh dari masing-masing anggota.

Dimulai dari Aoki yang bertukar kesadaran dengan Yui. Hal yang sama kemudian mulai terjadi pada anggota klub lain, yang mengakibatkan kekacauan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Meski sangat aneh, kadang mereka dapat menikmati sensasi bertukar tubuh ditengah fenomena tersebut.

Namun itu tidak berlangsung lama, karena seiring waktu, masalah demi masalah dari tiap anggota yang selama ini disembunyikan mulai terbongkar berkat adanya fenomena pertukaran kesadaran serta fenomena-fenomena lanjutan yang semakin memperkeruh keadaan.

Disinilah persahabatan mereka diuji. Walaupun begitu, hal tersebutlah yang membuat mereka harus jujur satu sama lain dan membuat persahabatan mereka lebih erat lagi.

#39. Hidan no Aria

anime light novel terbaik

Sinonim: Aria the Scarlet Ammo, Hidan no Aria, 緋弾のアリア
Total Episode: 12
Studio: J.C.Staff
Source: Light novel
Genre: Action, Comedy, Romance, School
Skor MAL: 7.07

Dalam menanggapi tingkat kejahatan yang semakin memburuk, Jepang menciptakan Tokyo Butei High School, akademi elit di mana "Butei" atau detektif bersenjata mengasah kemampuan mereka dengan harapan dapat menjadi agen tentara bayaran untuk menumpas kejahatan.

Di sekolah ini, siswa yang memiliki bakat melakukan pelatihan khusus untuk mengasah kemampuannya. Pusat cerita anime light novel terbaik ini mengisahkan sang tokoh utama bernama Kinji Tooyama, ia merupakan siswa kelas dua yang telah memutuskan untuk berhenti dari Akademi karena alasan pribadi.

Tapi, niat awal Kinji yang ingin hidup damai tanpa berurusan dengan Butei kini mulai sirna, beberapa waktu ia diserang oleh Pembunuh Butei, seorang penjahat yang terkenal karena telah banyak menghabisi para Butei dan kini statusnya telah menjadi buronan.

Beruntung, saat Kinji di incar oleh pembunuh Butei, seorang Elite Butei Assault yang luar biasa bernama Aria H. Kanzaki datang menyelamatkannya dan sejak saat itu, masa depan Kinji sebagai Butei berubah drastis.

#38. Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri

anime light novel terbaik

Sinonim: GATE, Gate: Thus the JSDF Fought There!, GATE(ゲート)自衛隊 彼の地にて、斯く戦えり
Total Episode: 24
Tayang: 2015
Studio: A-1 Pictures
Source: Novel
Genre: Action, Military, Adventure, Fantasy
Skor MAL: 7.89

Cerita anime light novel terbaik ini bermula ketika sebuah gerbang raksasa (Gate) muncul di Tokyo. Tiba-tiba dari gerbang tersebut muncul para tentara dengan pakaian abad pertengahan yang langsung menyerbu warga yang sedang berjalan-jalan di sana.

Tidak hanya para manusia, para makhluk yang hanya ada di cerita seperti Orc, Goblin dan Wyvern juga muncul dan ikut menyerang. Seorang tentara otaku bernama Youji Itami yang kebetulan sedang berlibur ditempat kejadian tersebut pun mau tak mau harus bergerak cepat untuk mengevakuasi penduduk sekitar yang terjebak diantara tentara misterius tersebut.

Setelah mereka dapat menaklukkan serangan dari dunia di balik gerbang, pihak pemerintah Jepang mengirim pasukan kecil untuk melihat situasi dunia baru tersebut. Dipimpin oleh Itami, mereka menemukan sebuah desa yang diserang oleh seekor naga.

Seorang elf yang berhasil selamat dari serangan tersebut akhirnya bergabung bersama Itami dan kawan-kawan, mereka pun berpetualang menjelajah dunia baru tersebut.

#37. Youjo Senki

anime light novel terbaik

Sinonim: The Saga of Tanya the Evil, The Military Chronicles of a Little Girl, 幼女戦記
Total Episode: 12
Tayang: 2017
Studio: NUT
Source: Light novel
Genres: Magic, Military
Skor MAL: 8.14

Anime light novel terbaik ini berlatar waktu pada masa peperangan yang tiada hentinya, terdapat sebuah negara kekaisaran yang memiliki kekuatan yang sangat besar, armada militer dan penyihir handal dalam jumlah besar. Serta kekuatan Industri yang sangat unggul dari negara lainnya.

Walaupun begitu, posisi mereka tidak menguntungkan karena dikelilingi oleh banyak negara lain yang membuatnya rentan terhadap serangan luar dari berbagai tempat.

Oleh karena itu, mereka membuat strategi dengan mengirim banyak pasukan ke perbatasan dan menghalau musuh sembari pasukan utama datang ke wilayah mereka.

Di medan perang, terdapat pasukan khusus yang dipimpin oleh seorang gadis yang mempunyai rambut pirang, berkulit putih, dan memiliki mata berwarna biru.

Ia bernama Tanya Degurechaff. Lahir sebagai gadis kecil dari makhluk yang menyebut dirinya sendiri sebagai dewa.

Gadis muda ini menjabat sebagai seorang Letnan 2 serta dijuluki iblis yang paling berbahaya dan paling ditakuti diantara semua ahli sihir kerajaan.

#36. Mondaiji-tachi ga Isekai kara Kuru Sou Desu yo?

anime light novel terbaik

Sinonim: Problem children are coming from another world, aren't they?, Mondaiji-tachi ga Isekai kara Kuru Sou Desu yo?, 問題児たちが異世界から来るそうですよ?
Total Episode: 10
Tayang: 2013
Studio: Diomedea
Source: Light novel
Genre: Action, Comedy, Fantasy, Supernatural
Skor MAL: 7.78

Kalau di lihat-lihat, anime light novel terbaik selanjutnya ini cerita dan alur serta karakter utamanya itu mirip dengan film No Game No Life. Kisahnya sendiri bercerita tentang 3 orang anak yaitu Sakamaki Izayoi, Kudou Asuka dan Kasukabe You, yang memiliki kekuatan super yang disebut "Gift".

Saat ketiganya tengah bosan dengan keseharian mereka, muncullah amplop misterius yang saat dibuka, mereka malah terbawa ke dunia fantasi bernama "Little Garden".

Di dunia tersebut, terdapat kelompok-kelompok yang saling berseteru dan bertaruh nyawa untuk memperebutkan kekuasaan dalam kompetisi yang disebut dengan "Gift Game".

Rupanya yang telah memanggil mereka bertiga ke dunia tersebut adalah seorang gadis bertelinga kelinci yang bernama Kuro Usagi.

Ketiga anak ini bergabung dengan komunitas "No Name" yang telah hancur dan membantu komunitas ini untuk meraih kembali kejayaan mereka. Setelah mengetahui beberapa hal tentang Little Garden, mereka memutuskan untuk mengalahkan Demon Lords yang sedang berkuasa.

#35. Trinity Blood

anime light novel terbaik

Sinonim: Trinity Blood, トリニティ・ブラッド
Total Episode: 24
Tayang: 2005
Studio: Gonzo
Source: Light novel
Genre: Action, Supernatural, Vampire
Skor MAL: 7.41

Selain menjadi anime light novel terbaik, film berjudul Trinity Blood ini merupakan salah anime vampire terbaik yang ada hingga saat ini. Ceritanya sendiri berada di masa depan yang jauh setelah kehancuran yang ditimbulkan oleh Armageddon.

Perang antara vampir dan manusia terus berlanjut. Untuk melindungi manusia dari vampir, Vatikan harus bergantung pada sekutu lain untuk mengatasi situasi. Sang tokoh utamanya bernama Abel Nightroad, adalah pendeta yang bepergian dari Vatikan bersama seorang crusnik, vampir yang meminum darah vampir.

Dia adalah anggota "Axe", kelompok operasi khusus yang dipimpin oleh Kardinal Catherina Sforza. Dalam perjalanan ia bertemu dengan seorang gadis muda bernama Esther, yang memutuskan untuk pergi bersamanya ke Roma dan berlatih di Vatikan.

Tapi setelah dia bertemu dengannya, ordo Rozencreuz, yang dipimpin oleh Cain, mencoba untuk melanjutkan perang sehingga mereka dapat menguasai dunia.

#34. Date A Live

anime light novel terbaik

Total Episode: 12
Tayang: 2013
Studio: AIC Plus+
Source: Light novel
Genre: Comedy, Harem, Mecha, Romance, School, Sci-Fi
Skor MAL: 7.46

Date A Live merupakan salah satu anime mecha terbaik yang pernah suitosite bahas sebelumnya. Ceritanya sendiri mengisahkan 30 tahun yang lalu terjadi sebuah gempa besar di Asia Timur yang membuat 150 juta orang meninggal akibat kejadian ini.

Tragedi ini dikenal dengan istilah "Spacequake", bencana alam ini tidak bisa dijelaskan dan masih menjadi misteri sampai sekarang. Pusat ceritanya dari anime light novel terbaik ini menceritakan tentang siswa SMA bernama Itsuka Shidou, ia tinggal bersama adiknya, sementara orang tuanya kerja diluar kota.

Suatu hari, tiba-tiba saja muncul sebuah Spacequake dikota Shidou tinggal. Ternyata penyebabnya adalah kemarahan para Spirit. Spirit/ roh ini ternyata adalah gadis-gadis dengan kekuatan yang sangat besar yang kehadirannya ditolak dunia.

Hanya ada 1 cara untuk mengehentikan para Spirit, yaitu dengan membuatnya "jatuh cinta". Nah, tugas Shidou disini adalah untuk merayu dan membuat Spirit untuk jatuh cinta kepadanya. Tujuannya adalah untuk menyelamatkan dunia dan juga menyelamatkan Spirit tersebut.

#33. Kyoukai no Kanata

anime light novel terbaik

Sinonim: Beyond the Boundary, Beyond the Horizon, 境界の彼方
Total Episode: 12
Tayang: 2013
Studio: Kyoto Animation
Source: Light novel
Genre: Slice of Life, Supernatural, Fantasy
Skor MAL: 7.87

Anime light novel terbaik ini berlatar di sebuah dunia, dimana Youmu (monster) hidup berdampingan dengan manusia. Suatu hari, seorang pelajar SMU bernama Akihito Kanbara melihat seorang gadis berkacamata bernama Mirai Kuriyama yang terlihat mencoba melompat dari atap sekolah.

Saat mencoba menyelamatkannya, Akihito malah ditusuk menggunakan pedang yang terbentuk dari darah Mirai. Tapi, Akihito tidak mati akibat tusukan ini, karena Akihito adalah manusia setengah Youmu, dimana Youmu yang berdiam didalam tubuhnya adalah Youmu terkuat (Kyoukai no Kanata) yang bisa menghancurkan dunia.

Mirai sendiri terkejut, karena Akihito ternyata adalah seorang imortal "setengah youmu" dan luka yang ia derita dengan cepat mulai menutup dan beregenerasi. Setelah mengetahui bahwa Mirai adalah seorang Ksatria Dunia Arwah (Spirit World Warrior) dan merupakan yang terakhir dari klan keluarganya yang masih hidup, keduanya mulai menjadi dekat dan Akihito membantunya supaya dapat membasmi para youmu jahat.

#32. Oregairu

anime light novel terbaik

Sinonim: My Teen Romantic Comedy SNAFU, Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru., Oregairu, My youth romantic comedy is wrong as I expected., やはり俺の青春ラブコメはまちがっている。
Total Episode: 26
Tayang: 2013
Studio: Brain's Base
Source: Light novel
Genre: Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, School
Skor MAL: 8.11

Anime light novel terbaik selanjutnya ini menceritakan tentang seorang siswa SMA bernama Hikigaya Hachiman. Hachiman memiliki sifat anti-sosial, pesimis, dan memiliki pandangan yang unik dan berbeda tentang kehidupan remaja disekitarnya.

Dia menganggap bahwa sekumpulan pertemanan dalam kelompok itu adalah lelucon, bahkan menganggapnya sekelompok pendusta. Suatu hari Hachiman mendapat hukuman dari gurunya karena mengerjakan tugas dengan tidak benar dan menyimpang.

Karena hal itu ia di masukan kedalam sebuah klub yang bernama "Klub Relawan". Didalam klub itu sudah berisikan 1 anggota, yaitu seorang gadis paling populer dan pintar di sekolahnya bernama Yukinoshita Yukino.

Awalnya, Hachiman yang anti sosial sering bertikai dengan Yukino yang selalu bersikap dingin terhadapnya. Namun seiring berjalannya waktu keduanya mulai saling memahami dan mulai menjalankan kegiatan klub relawan bersama dengan Yuigahama yang ikut bergabung setelah sebelumnya pernah meminta bantuan untuk mengajari membuat kue.

Nah diklub inilah akan terjalin banyak cerita, mulai dari comedy, romance dan cerita tentang keseharian sekolah bersama Hachiman yang memiliki pandangan anti mainstream tentang kehidupan anak sekolah yang ia alami.

#31. Black Bullet

anime light novel terbaik

Total Episode: 13
Tayang: 2014
Studio: Kinema Citrus, Orange
Source: Light novel
Genre: Action, Sci-Fi, Mystery, Seinen
Skor MAL: 7.38

Black Bullet merupakan salah satu anime mirip darling in the franxx yang pernah suitosite bahas sebelumnya, dan anime ini sendiri mengisahkan keadaan bumi jauh di masa depan, dimana pada tahun 2021, umat manusia diserang oleh monster raksasa bernama Gastrea.

10 tahun berlalu setelah serangan tersebut, umat manusia terpaksa hidup dalam dinding yang terbuat dari logam Varanium Monolith yang mampu melemahkan Gastrea. Tak lama setelah itu, ditemukan "Anak-anak Terkutuk" yang lahir dengan kemampuan super yang dapat mengontrol virus Gastrea.

Dibentuklah pasukan khusus pembasmi Gastrea yang terdiri dari anak-anak tersebut. Dan cerita utama dari anime light novel terbaik ini mengisahkan seorang agen dari biro keamanan sipil bernama Satomi Rentarou.

Ia menerima panggilan tugas untuk membasmi Gastrea yang menyerang di salah satu apartemen. Namun sesampainya disana, alih-alih menemui Gastrea, ia malah bertemu dengan sesosok pria bertopeng misterius yang bertekad untuk membawa dunia kepada kehancuran.

#30. Sakurasou no Pet na Kanojo

anime light novel terbaik

Sinonim: The Pet Girl of Sakurasou, Sakura-sou no Pet na Kanojo, さくら荘のペットな彼女
Total Episode: 24
Tayang: 2012-2013
Studio: J.C.Staff
Source: Light novel
Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life
Skor MAL: 8.33

Anime light novel terbaik ini bercerita tentang seorang murid SMA bernama Kanda Sorata, seorang murid yang dikeluarkan dari asrama reguler di sekolahnya karena bersikeras untuk memelihara kucing yang terlantar yang ia temukan di pinggir jalan.

Menurut peraturan asrama yang lama, siswa tidak boleh membawa hewan apapun kedalam asrama, tetapi karena Sorata tidak tega dengan anak kucing yang terlantar itu, ia pun rela pindah ke asrama Sakurasou, yaitu asrama yang dikhususkan untuk murid-murid bermasalah.

Asrama Sakurasou juga dikenal dengan penghuninya yang aneh. Bahkan Sorata berniat untuk pergi secepatnya dari asrama itu setelah menemukan orang yang mau mengadopsi kucingnya yang terlantar. Namun suatu hari asrama Sakurasou kedatangan seorang siswi baru bernama Shina Mashiro.

Mashiro ini adalah gadis yang sangat lugu dan polos, bahkan ia tidak dapat mengurus dirinya sendiri. Berhubung ia adalah keponakan gurunya dan ia diberi tanggung jawab untuk mengurusnya, dengan terpaksa Sorata harus mengurus kehidupan Mashiro dimulai dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Hidup berdampingan dengan orang-orang sinting di asrama barunya itu membuat Sorata stress bukan kepalang. Tapi, sejak Sorata pindah, kehidupannya kini berubah drastis, kehidupan tenang yang sebelumnya ia alami menjadi sirna dan beralih ke kehidupan yang seru nan melelahkan.

#29. Chuunibyou demo Koi ga Shitai!

anime light novel terbaik

Sinonim: Love, Chunibyo & Other Delusions!, Chu-2 Byo demo Koi ga Shitai!, Regardless of My Adolescent Delusions of Grandeur, I Want a Date!, 中二病でも恋がしたい!
Total Episode: 12
Tayang: 2012
Studio: Kyoto Animation
Source: Light novel
Genre: Slice of Life, Comedy, Drama, Romance, School
Skor MAL: 7.89

Anime light novel terbaik selanjutnya ini bercerita tentang Togashi Yuuta, seorang anak yang mengidap sindrom "chuunibyou". Bisa dibilang sindrom ini membuat penderitanya sering berhalusinasi dan tidak merasa malu menunjukan kisah fantasi yang ada didalam otaknya di tempat umum.

Untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMA, ia memilih sekolah yang jauh dari rumahnya agar tidak bertemu dengan teman SMP-nya. Alasannya, ketika SMP Yuuta pernah jadi pengidap chuunibyou akut dan menganggap dirinya seorang karakter kegelapan "Dark Flame Master".

Dan sekarang, dia ingin mengubur masa lalunya sebagai seorang chuunibyou. Tapi sayang, saat ia memilih sekolah yang jauh agar ia terbebas dari sindrom ini, di sekolah barunya tersebut, dia malah dipertemukan dengan seorang cewek super koplak yang mengidap chuunibyou bernama Takanashi Rikka.

#28. Accel World

anime light novel terbaik

Sinonim: Accelerated World, アクセル・ワールド
Total Episode: 24
Tayang: 2012
Studio: Sunrise
Source: Light novel
Genre: Action, Game, Sci-Fi, Romance, School
Skor MAL: 7.52

Anime light novel terbaik selanjutnya ini menceritakan Haruyuki Arita, seorang lelaki bertubuh pendek dan gemuk yang sering diejek oleh berandalan di sekolahnya. Karena kekesalannya yang tak terlampiaskan, ia sering melarikan diri dari kehidupan nyatanya dengan cara log in ke jaringan lokal sekolah dimana ia selalu memainkan game online untuk mendapatkan highscore dari game tersebut.

Namun suatu hari highscorenya dipecahkan oleh seorang dengan nama Kuroyukihime, dan orang tersebut adalah siswi yang cantik dan populer disekolahnya. Setelah mengetahui bakat Haruyuki, Kuroyukihime memanggilnya untuk menemuinya saat istirahat sekolah.

Di pertemuan ini ternyata Kuroyukihime memperkenalkan sebuah program rahasia kepada Haruyuki bernama "Brain Burst", sebuah program yang memungkinkan penggunanya mempercepat kerja otak mereka sehingga terlihat seperti waktu yang berhenti.

Namun untuk menggunakan program itu membutuhkan poin dan untuk mendapatkan poin, mereka harus bermain game dan mengalahkan musuh. Jika poin yang dimiliki 0 maka ingatan mereka tentang "Brain Burst" akan dihapus.

Alasan Kuroyukihime mengajak Haruyuki karena dirinya ingin meminta bantuan kepadanya untuk mencapai Lvl 10 dalam game tersebut dengan mengalahkan Raja 6 Warna agar dapat bertemu dengan pencipta dari game itu.

#27. NHK ni Youkoso!

anime light novel terbaik

Sinonim: Welcome to the N.H.K., Welcome to the NHK, N・H・Kにようこそ!
Total Episode: 24
Tayang: 2006
Studio: Gonzo
Source: Novel
Genre: Comedy, Psychological, Drama, Romance
Skor MAL: 8.38

Anime light novel terbaik selanjutnya ini mengisahkan Tatsuhiro Satou umur Dua puluh dua tahun yang telah lulus sekolah dan telah menjadi hikikomori hampir empat tahun sampai sekarang. Dalam keterasingannya, dia mulai percaya pada banyak teori konspirasi yang tidak jelas.

Namun dari banyaknya konspirasi yang ada, ia percaya bahwa status NEET (Not in Employment, Education or Training) yang ia alami adalah ulah dari Nihon Hikikomori Kyokai (NHK) yaitu sebuah organisasi jahat dan rahasia yang didedikasikan untuk menyebarkan budaya hikikomori.

NHK ni Youkoso! sendiri mengisahkan Tatsuhiro yang berusaha melepaskan diri dari serangan jahat NHK dan penyakit hikikomorinya. Namun dibalik niatnya ini untuk mencari pekerjaan dan meninggalkan apartemennya, ia harus bertemu banyak orang yang merupakan ketakutan terbesarnya

#26. Baccano!

anime light novel terbaik

Total Episode: 13
Tayang: 27 Juli 2007 - 2 November 2007
Studio: Brain's Base
Source: Light novel
Genre: Action, Mystery, Comedy, Historical, Supernatural
Skor MAL: 8.49

Baccano! merupakan anime mirip nanatsu no taizai yang pernah suitosite bahas sebelumnya, film ini sendiri menceritakan pada tahun 1930an tepatnya di Chicago, sebuah kereta lintas antar benua yang bernama "Flying Pussyfoot" memulai perjalanan legendarisnya yang akan meninggalkan jejak darah keseluruh negeri.

Pada saat yang sama di New York, ilmuwan ambisius bernama Szilard dan asistennya Ennis mencari botol ramuan "imortality elixir" atau ramuan keabadian.

Selain itu, perang antar kelompok mafia semakin memburuk. Di atas kapal Advena Avis, pada tahun 1711, ahli alkimia berniat untuk mempelajari tentang keabadian.

Anime light novel terbaik berjudul Baccano! ini mengikuti sebuah cerita yang lebih besar tentang Alikimia, kehidupan dan keabadian.

Peristiwa ini berlangsung bersama dengan seorang pencuri yang baik hati, bernama Ishak dan Miria yang saling menghubungkan orang-orang.

#25. OreImo (Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai)

anime light novel terbaik

Sinonim: OreImo, My Little Sister Can't Be This Cute, 俺の妹がこんなに可愛いわけがない
Total Episode: 12
Tayang: 2010
Studio: AIC Build
Source: Light novel
Genre: Slice of Life, Comedy
Skor MAL: 7.34

Anime light novel terbaik ini bercerita tentang kehidupan Kousaka Kyousuke yang sudah bertahun-tahun tidak akur dengan adiknya sendiri, Kousaka Kirino. Suatu hari, Kyousuke menemukan DVD anime bertemakan Magical Girl yang berjudul Stardust Witch Meruru di rumah.

Tapi setelah di buka, didalam DVD ini isinya ternyata sebuah game dewasa. Karena penasaran, Kyousuke pun memutuskan untuk mencari tau siapa pemilik game ini. Saat makan dengan keluarganya, Untuk memancing pelaku, Kyousuke membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan Anime dan Game, namun hasilnya tidak ada.

Namun saat malam hari, tiba-tiba saja adiknya sendiri mengatakan bahwa benda itu adalah miliknya. Lucunya, insiden itu justru membuat hubungan mereka lambat laun makin membaik. Dengan dalih "bimbingan konseling", Kirino pun memaksa Kyosuke untuk ikut terjun kedalam hobi nyelenehnya ini.

#24. DanMachi (Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka)

anime light novel terbaik

Sinonim: Is It Wrong to Try to Pick Up Girls in a Dungeon?, DanMachi, Is It Wrong That I Want to Meet You in a Dungeon, ダンジョンに出会いを求めるのは間違っているだろうか
Total Episode: 13
Tayang: 2015
Studio: J.C.Staff
Source: Light novel
Genre: Action, Adventure, Comedy, Romance, Fantasy
Skor MAL: 7.83

DanMachi adalah anime light novel terbaik selanjutnya, film ini mengambil setting di suatu kota berbasis RPG yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petualang, yang mencari nafkah dengan berburu monster di dungeon.

Ceritanya mengikuti kisah Bell Cranel, seorang petualang yang baru saja masuk kedalam sebuah guild kecil yang dipimpin oleh dewi Hestia. Suatu hari saat sedang berburu di dungeon, Bell tiba-tiba saja bertemu dengan Monster Minoutaur dan hapir terbunuh.

Untungnya, Bell diselamatkan oleh ksatria wanita bernama Aiz Wallenstein. Dan semenjak kejadian itu, Bell jatuh cinta pada pandangan pertama padanya. Semenjak hari itu, Bell menjadi termotivasi agar dapat menjadi lebih kuat dan dapat bertarung disisi Aiz Wallenstein.

Dari sinilah dimulainya kisah seorang petualangan Bell bersama dewi Hestia untuk menjadi lebih kuat demi melindungi orang yang berharga baginya.

#23. Kore wa Zombie Desu ka?

anime light novel terbaik

Sinonim: Is This a Zombie?, Koreha Zombie Desuka?, Kore ha Zombie Desu ka?, Kore wa Zombie Desuka?, これはゾンビですか?
Total Episode: 12
Tayang: 2011
Studio: Studio Deen
Source: Light novel
Genre: Action, Comedy, Ecchi, Harem, Magic, Supernatural
Skor MAL: 7.59

Suatu malam saat dalam perjalanan pulang dari toko, Ayumu Aikawa seorang siswa SMA biasa dibunuh oleh seorang pembunuh berantai, tapi anehnya Ayumu tidak mati. Ternyata dia dihidupkan kembali oleh seorang Necromancer dari dunia bawah bernama Eucliwood Hellscythe.

Selanjutnya dengan kehidupan barunya sebagai seorang zombie, Ayumu berniat menemukan dan membalas dendam pada pembunuh berantai yang telah menghabisi nyawanya. Namun saat dia mencoba untuk mencari sang pembunuh, dia malah bertemu dengan seorang penyihir bernama Haruna dan tanpa sengaja mengambil kekuatan magis nya, dan akhirnya ia dipaksa menjadi seorang penyihir untuk menggantikan Haruna

#22. Log Horizon

anime light novel terbaik

Total Episode: 50
Tayang: 2013
Studio: Satelight, Studio Deen
Source: Novel
Genre: Action, Game, Adventure, Magic, Fantasy
Skor MAL: 8.09

Log Horizon berlatar di sebuah game MMORPG bernama "Elder Tale", game yang sangat terkenal dengan jutaan pemain dari seluruh dunia.

Tapi suatu keanehan terjadi saat game ini melakukan update ekspansi ke-12, tiba-tiba seluruh pemain yang sedang memainkan game ini mendapati diri mereka masuk ke dalam gamenya dan menjadi avatar mereka sendiri di dalam game tersebut tanpa bisa logout.

Kejadian tersebut membuat keributan di antara para player terutama 30.000 pemain yang berasal dari Jepang. Barang, item, dan sihir mereka masih dapat digunakan seperti layaknya game, namun NPC yang sebelumnya bergerak melalui sistem kini mulai bertingkah layaknya manusia pada umumnya.

Dan anime light novel terbaik ini ceritanya berfokus pada seorang player bernama Shiroe, seorang pemain veteran yang merupakan salah satu pemain pro strategi yang tergabung dalam party legendaris. Untuk bertahan hidup di dalam dunia game itu, dia membentuk sebuah guild bernama "Log Horizon".

Bersama dengan teman-temannya yang hebat, kini ia harus berpetualang untuk mencari tahu apa yang sebenarnya telah terjadi dengan game ini.

#21. Baka to Test to Shoukanjuu

anime light novel terbaik

Sinonim: Baka & Test - Summon the Beasts, The Idiot, the Tests, and the Summoned Creatures, Baka to Test to Shokanju, BakaTest, バカとテストと召喚獣
Total Episode: 13
Tayang: 2010
Studio: Silver Link.
Source: Light novel
Genre: Comedy, Romance, School, Super Power
Skor MAL: 7.76

Akademi Fumizuki adalah sekolah yang mengedepankan prinsip bahwa siswa yang pintar berhak mendapat fasilitas terbaik, maka dari itu sekolah tersebut dibagi menjadi 6 kelas dari kelas A hingga F. Kelas A memiliki ruangan dan fasilitas yang serba elit, sangat bertolak belakang dengan kondisi ruangan kelas F yang memprihatinkan.

Namun terdapat cara untuk melakukan penukaran kelas dan fasilitas. Yaitu dengan cara pertarungan summoning antar kelas. Jadi setiap siswa mempunyai karakter summon tersendiri yang kekuatannya berdasarkan nilai ujian mereka. Karakter dari summoning tadi akan bertarung berdasarkan kekuatannya. Nah pemenang dari pertarungan summon itu dapat meminta untuk bertukar kelas.

Dengan cara inilah murid-murid dari "kelas bawah" bisa melawan murid-murid "kelas atas" untuk mendapatkan fasilitas kelas yang lebih baik. Cerita utamanya sendiri berkisah tentang anak-anak kelas F yang sudah muak dengan kondisi kelasnya yang memprihatinkan dan mencoba untuk mengalahkan anak-anak kelas lain agar bisa mendapatkan fasilitas kelas yang lebih baik.

#20. Kaze no Stigma

anime light novel terbaik

Sinonim: Kaze no Stigma, Kaze no Seikon, Stigma of the Wind, 風のスティグマ
Total Episode: 24
Tayang: 2007
Studio: Gonzo
Source: Light novel
Genre: Action, Magic, Romance, Fantasy, Shounen
Skor MAL: 7.44

Anime light novel terbaik ini bercerita tentang Yagami Kazuma, pada awalnya ia bagian dari keluarga Kannagi, keluarga yang dihormati dengan kekuatan pengguna api yang memiliki kontrak dengan api.

Namun, pada saat ia bertarung dengan sepupunya yang bernama Ayano yang tidak memiliki bakat apapun dalam sihir api, Kazuma dengan mudah dikalahkan olehnya, tak lama setelah itu Kazuma lalu dibuang dan diusir dari keluarganya.

Empat tahun kemudian, setelah berlatih keras Kazuma akhirnya kembali ke Jepang, kali ini sebagai pengguna angin yang sangat kuat. Serangkaian pembunuhan anggota keluarga Kannagi telah terjadi seiring dengan kedatangannya.

Sebagian besar dari keluarga Kannagi termasuk Ayano, yakin kalau Kazuma adalah pelaku pembunuhan ini. Dan peristiwa ini memicu perang habis-habisan antara keluarga Kannagi dengan Kazuma dan Ayano terjebak di tengah perang bersama Kazuma.

#19. Ookami to Koushinryou (Spice and Wolf)

anime light novel terbaik

Total Episode: 13
Tayang: 2008
Studio: Imagin
Source: Light novel
Genre: Adventure, Fantasy, Historical, Romance
Skor MAL: 8.34

Anime light novel terbaik ini menceritakan Craft Lawrence, seorang pedagang yang berkeliling dunia untuk berdagang demi bisnisnya. Ia bercita-cita untuk membuat toko nya sendiri dan menetap sebagai pedagang kota. 

Sebagai seorang pedagang, ia selalu berpindah tempat untuk menjual dagangannya. Pada malam hari, saat akan memulai perjalanannya ia menemukan seorang gadis dengan telinga dan ekor serigala tertidur di gerobaknya.

Gadis itu bernama Holo, dewa panen yang ingin kembali ke rumah yang dirindukannya. Tapi setelah berbincang dan mendengar kisahnya, Lawrance memutuskan untuk menemani perjalanan Holo. Dan dari sinilah dimulainya kisah perjalanan seorang pedagang sederhana dan gadis serigala ke Utara untuk pulang ke tempat asalnya.

#18. Hataraku Maou-sama

anime light novel terbaik

Sinonim: The Devil is a Part-Timer!, Hataraku Maou-sama!, はたらく魔王さま!
Total Episode: 13
Tayang: 2013
Studio: White Fox
Source: Light novel
Genre: Comedy, Demons, Supernatural, Romance, Fantasy
Skor MAL: 7.97

Anime light novel terbaik selanjutnya ini bercerita tentang raja iblis bernama Maou Sadao yang terkenal akan kebengisannya yang tinggal selangkah lagi berhasil menaklukkan Ente Isla.

Namun sayang, usahanya dalam menaklukkan Ente Isla harus gagal total ketika umat manusia yang dipimpin oleh Hero Emilia melakukan perlawanan besar-besaran.

Karena terdesak oleh serangan umat manusia, si raja iblis pun terpaksa melepas ranah kekuasannya di Ente Isla dan memutuskan untuk kabur ke dimensi lain bersama salah satu jendral setianya, Ashiya Shirou.

Malangnya, Maou-sama dan Ashiya malah terlempar disebuah planet yang tak ia kenali, planet dengan teknologi-teknologi maju yang didalamnya sangat minim kekuatan Sihir sehingga ia tak dapat menggunakan kekuatan sihir dengan leluasa.

Planet itu adalah Bumi. Bersama dengan jendral setianya Ashiya Shirou, mereka mulai mengidentifikasi planet bumi itu. Karena tidak memiliki kekuatan sihir dan tenaga yang cukup, Maou-sadaou memutuskan untuk bekerja mencari uang dengan menjadi pekerja paruh-waktu disebuah restoran cepat saji.

Sedangkan Ashiya ditugaskan untuk belajar mengenai bumi. Mereka tinggal di kos-kosan yang sangat lusuh, bahkan hidup mereka sangat sudah dibumi itu.

#17. Shakugan no Shana

anime light novel terbaik

Sinonim: Shakugan no Shana, Burning-Eyed Shana, 灼眼のシャナ
Total Episode: 48
Tayang: 2005
Studio: J.C.Staff
Source: Light novel
Genre: Action, Drama, Fantasy, Romance, School, Supernatural
Skor MAL: 7.65

Dahulu kala, seorang penyair menemukan bahwa ada makhluk-makhluk yang bukan penghuni dunia ini membaur di tengah-tengah manusia. Mereka berasal dari dunia lain yang kemudian disebut sebagai Guze (Dunia Merah).

Para penghuni Guze yang menyeberang ke dunia manusia disebut Guze no Tomogara. Untuk dapat bertahan dan melakukan berbagai hal di dunia manusia, para Tomogara membutuhkan kekuatan yang disebut Sonzai no Chikara atau kekuatan eksistensi manusia.

Manusia yang kekuatannya "dimakan" akan kehilangan segala bukti bahwa dirinya pernah ada di dunia mereka dan tidak ada seorangpun yang mengingatnya. Namun masalah terbesar dari ulah Tomogara ini sebenarnya ada pada keseimbangan dua dunia yang menjadi goyah jika Sonzai no Chikara terus-menerus dimakan.

Dan anime light novel terbaik ini ceritanya berpusat pada sekelompok Tomogara berkekuatan besar yang bergelar Guze no Oh yang kemudian memutuskan untuk menghentikan para Tomogara yang terus-menerus memakan kekuatan dari eksistensi manusia.

#16. Durarara!!

anime light novel terbaik

Sinonim: Durarara!!, Dhurarara!!, Dyurarara!!, Dulalala!!, Dullalala!!, DRRR!!, デュラララ!!
Total Episode: 30+
Tayang: 2010
Studio: Brain's Base, Shuka
Source: Light novel
Genre: Action, Mystery, Supernatural
Skor MAL: 8.29

Berlatarkan di distrik pusat kota Tokyo, Ikebukuro, di tengah-tengah itu terdapat rumor tentang adanya sebuah geng berbahaya yang tidak di ketahui identitasnya, dan ada 1 legenda yang paling terkenal dari semua itu adalah "Pengendara Hitam" tanpa kepala yang konon terlihat mengendarai sepeda motor hitamnya di jalannan kota.

Anime light novel terbaik ini cerita utamanya mengisahkan sang karakter utama bernama Mikado Ryuugamine yang pindah ke Ikebukuro untuk bersekolah di Raira Academy bersama dengan sahabat masa kecilnya, Kida Masaomi.

Sesampainya di sana, Mikado dijemput oleh Kida dan berjalan-jalan di jalanan Ikebukuro. Tapi setelah ia sampai di sana ia melihat si "pengendara hitam" pada hari pertamanya di kota. Semenjak saat itu, ia bersama dengan penduduk Ikebukuro terlibat dalam kekacauan yang luar biasa di kota itu.

#15. Full Metal Panic!

anime light novel terbaik

Sinonim: Full Metal Panic!, FMP, Fullmetal Panic!, フルメタル・パニック!
Total Episode: 49
Tayang: 2002
Studio: Gonzo, Kyoto Animation, Xebec
Source: Light novel
Genre: Action, Military, Sci-Fi, Comedy, Mecha
Skor MAL: 7.75

Full Metal Panic merupakan anime mecha terbaik yang ada hingga saat ini, dan film ini memiliki genre action comedy yang biasa dibilang cukup gokil. Filmnya sendiri menceritakan tentang Sousuke Sagara, seorang spesialis militer yang berusia tujuh belas tahun.

Ia bekerja untuk sebuah organisasi rahasia bernama Mithril, untuk membasmi para teroris dan juga semua ancaman terhadap perdamaian di muka bumi. Yang lucunya, sejak lahir ia hanya mengetahui tentang hal militer, dan pengetahuan serta pengalamannya tentang bersekolah ia tidak punya.

Dan anime light novel terbaik ini kisahnya menceritakan tentang si Sousuke Sagara yang diperintahkan untuk masuk ke SMA. Disana ia harus sedekat mungkin dan menjaga seorang Whispered (seseorang yang memiliki pengetahuan luar biasa untuk menciptakan perangkat dan mesin hebat) bernama Kaname Chidori.

Sambil menyembunyikan identitas aslinya dan melindungi Chidori, Sousuke Sagara harus bisa berteman dekat dengannya tanpa membuat curiga siapapun di sekolah barunya ini, karena musuhnya ternyata sudah bergerak dan berbahaya dari perkiraannya.

#14. Zero No Tsukaima

anime light novel terbaik

Sinonim: The Familiar of Zero, Zero's Familiar, ゼロの使い魔
Total episode: 49
Tayang: 2006
Studio: J.C.Staff
Source: Light novel
Genre: Action, Adventure, Harem, Comedy, Magic, Romance, Ecchi, Fantasy, School
Skor MAL: 7.53

Anime light novel terbaik ini bercerita tentang Louise Françoise, seorang gadis bangsawan yang sangat buruk dalam menggunakan sihir. Oleh teman-temannya ia dijuluki Louise the Zero (Louise si payah) karena ia tidak bisa menggunakan satu pun dari keempat elemen sihir umum.

Pada awal tahun ajaran di Akademi Sihir Tristain, siswa tahun kedua harus melakukan ritual khusus di mana mereka memanggil familiar mereka, yang berfungsi sebagai mitra dan pelindung abadi. Biasanya familiar yang dipanggil berupa makhluk sihir. Tapi entah kenapa Louise malah memanggil Saito Hiraga, seorang anak remaja biasa dari Jepang.

#13. Suzumiya Haruhi no Yuutsu

anime light novel terbaik

Sinonim: The Melancholy of Haruhi Suzumiya, Suzumiya Haruhi no Yuuutsu, 涼宮ハルヒの憂鬱
Total Episode: 14
Tayang: 2006
Studio: Kyoto Animation
Source: Light novel
Genre: Comedy, Mystery, Parody, School, Sci-Fi, Slice of Life
Skor MAL: 7.99

Anime light novel terbaik selanjutnya ini menceritakan tentang siswa SMA yang biasa saja yang bernama Kyon yang tidak percaya dengan hal-hal supernatural. Namun suatu hari dia bertemu dengan Suzumiya Haruhi teman sekelasnya yang sangat percaya akan hal-hal supernatural seperti Ufo, Penjelajah Waktu, Esper dan lain-lain.

Saat itu Haruhi mengeluhkan tentang klub disekolahnya yang tidak ada satupun yang menyenangkan. Lalu Kyon menyarankan padanya untuk membuat klub sendiri, Akibatnya Haruhipun membuat sebuah klub dengan nama SOS, sebuah klub yang khusus berhubungan dengan hal supernatural.

Kyon juga dipaksa masuk dalam klub itu. Bersama dengan kakak kelas yang pendiam bernama Yuki Nagato, lalu si penakut dan pemalu Mikuru Ashahina, dan seorang siswa pindahan bernama Himuki Koizumi.

Mereka harus melakukan "petualangan gila" yang dipimpim oleh ketua anehnya Haruhi. Semua hal itu berawal dari apa yang diinginkan Haruhi. Yang pastinya berhubungan dengan hal-hal supernatural.

#12. Toradora!

anime light novel terbaik

Sinonim: Toradora!, Tiger X Dragon, とらドラ!
Total Episode: 25
Tayang: 2008
Studio: J.C.Staff
Source: Light novel
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School
Skor MAL: 8.39

Anime light novel terbaik ini menceritakan tentang seorang siswa SMA bernama Ryuuji Takasu yang suka dengan pekerjaan rumah tangga dan memiliki sifat yang lemah lembut. Namun kebalikan dengan sifatnya, Ryuuji memiliki wajah yang menyeramkan seperti preman, sehingga 1 sekolah takut dengannya.

Disisi lain ada seorang wanita bernama Aisaka Taiga, yang memiliki tubuh kecil seperti boneka tapi memiliki sifat yang galak dan kasar. Suatu hari saat Ryuuji sekolah, ia tak sengaja menabrak Taiga dan tanpa pandang bulu Taiga langsung memukul Takasu sampai terjatuh.

Ceritanya kemudian berlanjut saat pulang sekolah, Ryuuji pulang terlambat karena dia harus mengerjakan beberapa hal dari gurunya di kantor. Tapi saat Ryuuji hendak mengambil tasnya di kelas, disana Taiga muncul dan mengacaukan beberapa meja dan kursi. Saat itu pula Ryuuji mencoba untuk bersikap tenang dan menghiraukan kejadian disana.

Tapi saat Ryuuji mengambil tasnya di kursi, tiba tiba Taiga merebut tasnya, Takasu pun bingung apa yang Aisaka lakukan dengan tasnya. Saat sampai dirumah Takasu mencari barang di tasnya dan menemukan sebuah surat atas nama "Taiga untuk Yuusaku Kitamura"

Setelah selang beberapa menit, Taiga muncul di rumahnya dan beberapa rahasia keduanya terungkap, Taiga ternyata menyukai sahabat Ryuuji yang bernama Yuusaku Kitamura, sedangkan Ryuuji yang kala itu takut dengan Taiga mengungkapkan bahwa ia menyukai sahabatnya yang bernama Kushieda Minorin untuk mencairkan suasana.

Semenjak saat itu, keduanya jadi semakin dekat dan berusaha untuk mendapatkan orang yang mereka sukai.

#11. Mahouka Koukou no Rettousei

anime light novel terbaik

Sinonim: The Irregular at Magic High School, 魔法科高校の劣等生
Total Episode: 26
Tayang: 2014
Studio: Madhouse
Source: Light novel
Genre: Action, Sci-Fi, Supernatural, Magic, Romance, School
Skor MAL: 7.74

Mahouka Koukou no Rettousei berlatar pada abad ke 21, dimana sihir yang dulunya hanyalah dongeng atau cerita rakyat belaka kini telah menjadi teknologi sistematis yang dipelajari setiap sekolah.

Dan cerita utamanya menceritakan tentang sekolah sihir (Magic High School) dimana para murid-muridnya dididik sebagai Magician (penyihir) yang diharapkan dapat berguna dalam masyarakat.

Anime light novel terbaik ini bercerita tentang 2 Kakak beradik bernama Shiba Tatsuya dan Shiba Miyuki mendaftar ke sebuah sekolah sihir.

Setelah melaksanakan ujian masuk, Miyuki mendapatkan kelas First Course yang dikenal sebagai "Bloom", sedangkan kakaknya Tatsuya mendapatkan Second Course yang dikenal sebagai "Weed".

Meskipun nilai dan status praktik sihir Tatsuya berada dikelas "weed" yang menunjukan bahwa dirinya sebenarnya tidak kompeten, tetapi sebenarnya sistem sekolah telah salah menilai bakat Tatsuya.

#10. Golden Time

anime light novel terbaik

Total Episode: 24
Tayang: 2013
Studio: J.C.Staff
Source: Light novel
Genre: Comedy, Drama, Romance
Skor MAL: 7.89

Karena sebuah kecelakaan, Tada Banri mengalami penyakit amnesia, dan melupakan berbagai kenangan di desa asal tempat tinggalnya. Sekarang, ia memutuskan untuk pindah dan memulai hidup baru di universitas hukum di Tokyo dan mendapatkan teman baru bernama Yanagisawa Mitsuo.

Tapi saat baru saja memulai kehidupan kuliahnya, muncul seorang gadis cantik bernama Kaga Kouko yang merupakan seorang teman masa kecil Mitsuo sekaligus wanita yang menyukai Mitsuo. Kemunculan gadis itu menjadi awal dari kisah Tada Banri.

Banri menyukai Kouko sejak pandangan pertama, namun disisi lain Kouko sudah membuat janji dengan Mitsuo untuk menikah secara sepihak.

#9. Another

anime light novel terbaik

Total Episode: 12
Tayang: 2012
Studio: P.A. Works
Source: Novel
Genre: Mystery, Horror, Supernatural, Thriller, School
Skor MAL: 7.77

Anime light novel terbaik ini bercerita pada tahun 1972, seorang siswa yang populer di kelas 3-3 SMP Yomiyama North bernama Misaki meninggal. Sejak itu, kota Yomiyama telah diselimuti oleh atmosfir yang menakutkan dari rahasia-rahasia gelap yang tersembunyi akibat kejadian ini.

Dua puluh enam tahun kemudian, seorang anak berusia 15 tahun bernama Kouichi Sakakibara pindah ke kelas 3-3 ini. Dan segera setelah itu ia merasakan atmosfer aneh dan menakutkan selama berada di sekolahnya.

Atmosfer menakutkan ini tertuju kepada seorang gadis yang memakai penutup mata bernama Mei Misaki. Meskipun para guru dan siswa di sekolahnya tidak ada yang menyadari atau melihat keberadaannya, hal tersebutlah justru menarik perhatian Koichi untuk mendekati Mei Misaki.

Hingga akhirnya, dia menyadari bahwa hanya dirinya saja yang bisa melihat kehadiran Mei Misaki di sekolah tersebut.

#8. Sword Art Online (SAO)

anime light novel terbaik

Sinonim: Sword Art Online, S.A.O, SAO, ソードアート・オンライン
Total Episode: 50+
Tayang: 2012
Studio: A-1 Pictures
Source: Light novel
Genre: Action, Adventure, Fantasy, Game, Romance
Skor MAL: 7.63

Sao merupakan salah satu anime action romance terbaik yang pernah Suitosite bahas. Dan anime ini berlatarkan pada tahun 2022, game Virtual Reality Massively Multiplayer Role-Playing online (VRMMORPG) bernama Sword Art Online (SAO) diluncurkan. Dengan bantuan "Nerve Gear", pemain dapat melakukan full dive dan mengontrol avatar mereka didalam game.

Kirigaya Kazuto yang dikenal dengan nama Kirito merupakan salah satu dari 1.000 orang yang telah mencoba versi Beta dari game SAO ini.

Setelah full versi dari game SAO ini telah rilis, Kirito langsung membeli gamenya dan langsung memainkannya. Kirito log-in kedalam game tersebut bersama 10.000 pemain lainnya.

Awalnya, game tersebut berjalan seperti biasa tanpa ada kendala. Namun saat ia akan melakukan log-out dari game, Kirito baru sadar bahwa tombol log out untuk keluar dari game tidak ada. Awalnya Kirito menganggap itu adalah BUG dari game, karena masih baru rilis.

Tapi tak lama setelah itu, Kirito bersama 10.000 player lainnya yang sedang bermain SAO tiba tiba dikumpulkan disuatu tempat dan Kayaba sang pencipta SAO yang kini ada di dalam gamenya sebagai Game Master muncul.

Kayaba menjelaskan bahwa hilangnya tombol log-out bukanlah sebuah BUG, melainkan itu adalah fitur baru dari game Sword Art Online. Kini semua player SAO tidak bisa log-out dari gamenya, dan mereka dipaksa untuk menamatkan game ini hingga lantai 100 dan mengalahkan boss terakhir.

Yang lebih horor, mereka yang mengalami kekalahan dalam game, atau pun melepas NerveGear sebelum selesai permainan akan mengakibatkan kematian di kehidupan nyata mereka.

Baca Juga: 30 Anime Mirip Sword Art Online (SAO), Salah Satu Anime Action Terbaik Yang Menceritakan Terjebak Di Dunia Game

#7. Overlord

anime light novel terbaik

Total Episode: 26
Tayang: 2015
Studio: Madhouse
Source: Light novel
Genre: Action, Game, Adventure, Supernatural, Magic, Fantasy
Skor MAL: 8.06

Kalau film anime light novel terbaik ini ceritanya berlatar di masa depan, saat di mana DMMO-RPG (Dive Massively Multiplayer Online Role Playing Game) merupakan salah satu genre game yang sudah umum dimainkan. Yggdrasil adalah salah satu game DMMO-RPG yang terkenal dan sukses.

Suatu hari, server Yggdrasil akan dimatikan karena popularitasnya yang sudah menurun. Salah satu playernya, dengan username Momonga tidak menyangka game kesayangannya ini bakal tutup usia.

Untuk bernostalgia, ia memutuskan berada di dalam gamenya sampai detik detik terakhir sampai servernya dimatikan.

Akan tetapi, saat detik-detik terakhir gamenya akan tutup usia, Momonga malah tertidur didalamnya. Momonga yang seharusnya sudah keluar dari game tersebut karena servernya sudah mati, ternyata masih berada di dalam game tersebut.

Dan saat terbangun dari tidurnya kini momonga malah terjebak di dalam game kesayangannya ini. Lebih anehnya lagi, seakan-akan game tersebut benar-benar menjadi kenyataan untuknya.

Semua NPC penjaga guild-nya tiba-tiba memiliki kepribadian layaknya manusia. Dan fungsi-fungsi yang seharusnya bisa diakses layaknya sebuah online game pun menghilang.

Dengan segala kejadian misterius tersebut, Momonga mencoba untuk mengumpulkan informasi apapun yang bisa ia dapatkan tentang dunia baru ini.

#6. To Aru Series

anime light novel terbaik

Sinonim: A Certain Magical Index, Toaru Majutsu no Kinsho Mokuroku, A Certain Scientific Railgun, Toaru Kagaku no Choudenjihou
Total Episode: 50+
Tayang: 2009
Studio: J.C.Staff
Source: Light novel
Genre: Action, Magic, Sci-Fi, Super Power
Skor MAL: 7.63

To aru series itu ceritanya mencakup to aru majutsu index dan to aru kagaku no railgun. Anime light novel terbaik ini sendiri menceritakan sang tokoh utama yang bernama Toma Kamijo, salah satu siswa di Academy City yang memiliki kemampuan Imagine Breaker di tangan kanannya, yakni kemampuan untuk menetralkan kekuatan supernatural yang dilakukan oleh Magicican dan Esper.

Dunia dimana Touma tinggal, orang-orangnya kini memiliki kemampuan supernatural yang dikenal sebagai Esper. Esper yang memiliki kemampuan sejak lahir disebut sebagai Gemstones, sedangkan orang-orang yang mendapatkan kekuatan dari buku-buku Grimoire atau kekuatan simbolisme dikenal sebagai Magician.

Cerita utamanya sendiri mengisahkan Toma yang bertemu dengan seorang gadis bernama Index, seorang biarawati dari Necessarius, cabang sihir rahasia gereja inggris. Otak Index telah ditanamkan "Index Librorum Prohibitorum", yakni 103.000 buku sihir yang telah dihapus dan dilarang peredaraannya oleh Gereja.

Pertemuan Toma dengan Index membuatnya berada di tengah konflik antara Magician dan Esper di Academy City yang mencoba untuk mengungkap rahasia gelap dari kota tersebut.

#5. Monogatari Series

anime light novel terbaik

Total Episode: 50+
Tayang: 2009
Studio: Shaft
Source: Light novel
Genre: Romance, Supernatural, Mystery, Vampire
Skor MAL: 8.35

Monogatari adalah salah satu anime vampire terbaik yang pernah Suitosite bahas sebelumnya. Film ini sebenarnya ada banyak sekali judulnya termasuk, Bakemonogatari, Nisemonogatari, Nekomonogatari (Black), Kizumonogatari, Nekomonogatari (White), Kabukimonogatari, Otorimonogatari, Onimonogatari, Koimonogatari, Hanamonogatari, Tsukimonogatari, Owarimonogatari, Koyomimonogatari, Owarimonogatari II, Zokuowarimonogatari.

Ceritanya mengikuti kisah Araragi Koyomi, Seorang siswa kelas 3 SMA yang pada liburan musim semi mengalami kejadian aneh setelah bertemu dengan seorang vampir legendaris (Kizumonogatari), Kiss-shot Acerola-Orion Heart-Under-Blade.

Ia adalah Vampir yang Abadi dan Legendaris, Araragi menjadi manusia setengah vampir dan mulai mengetahui sesuatu yang di sebut "Kai" (Keanehan, Roh, Makhluk halus, dsb) setelah kejadian itu. Sekarang ia menjalani kehidupan dengan hal hal "kai" tersebut.

Bersama Oshino Meme, yang merupakan seorang Ahli dalam menangani Keganjilan dan Kai, ia juga adalah seorang Ghost buster, kini Araragi yang mempunyai sifat suka menolong mulai membantu orang yang mempunyai masalah dengan "Kai", dan bahkan berurusan bahkan bersahabat dengan "Kai".

#4. Fate/Zero

anime light novel terbaik

Total Episode: 25
Tayang: 2011
Studio: ufotable
Source: Novel
Genre: Action, Supernatural, Magic, Fantasy
Skor MAL: 8.44

Anime light novel terbaik berjudul Fate/Zero ini bercerita tentang Holy Grail War ke 4 di Kota Fuyuki, yaitu sebuah perang antar para penyihir guna mendapatkan Holy Grail (cawan suci) yang konon bisa mengabulkan permintaan apapun bagi pemiliknya.

Perang ini merupakan perang yang diikuti oleh 7 orang bersama dengan 7 roh pahlawan (servant) yang mereka panggil untuk bersaing memperebutkan cawan suci. Masing masing peserta yang mengikuti perang Cawan Suci memiliki seorang servant untuk mendampinginya yaitu Archer, Assassin, Rider, Lancer, Saber, Berserker, dan Caster.

Cerita utamanya sendiri mengisahkan Emiya Kiritsugu, seorang pria yang menginginkan keadilan dan rasa aman di seluruh dunia. Berniat untuk mewujudkan mimpinya ini ia akhirnya mengikuti perang Cawan Suci Dengan bantuan Irisviel, Saber, dan Maiya, ia pun mencoba untuk mengalahkan Master lainnya satu demi satu.

#3. Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

anime light novel terbaik

Sinonim: Re:ZERO -Starting Life in Another World-, Re: Life in a different world from zero, ReZero, Re:ゼロから始める異世界生活
Total Episode: 25
Tayang: 2016
Studio: White Fox
Source: Light novel
Genre: Psychological, Drama, Thriller, Fantasy
Skor MAL: 8.43

Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu merupakan salah satu anime isekai terbaik yang ada hingga saat ini. Kisahnya sendiri bercerita dalam perjalanan pulang dari supermarket, sang tokoh utama bernama Natsuki Subaru tiba-tiba dipindahkan ke sebuah dunia fantasi.

Saat akan menyusuri dunia itu, tiba-tiba Subaru diserang oleh beberapa preman. Hanya berbekal tas belanjaan dan handphone ditangannya, ia tidak dapat berbuat apa-apa dan dipukuli oleh preman tadi habis-habisan

Untungnya ia diselamatkan oleh wanita berambut perak yang mengakui dirinya sebagai Satella. Satella seenarnya sedang mengejar orang yang mencuri lencananya, mengetahui hal itu Subaru berniat untuk membantu Satella karena telah menyelamatkan dirinya.

Saat Subaru berhasil menemukan pencuri dari lencana itu, ia tiba-tiba terlibat dengan hal yang lebih gelap dan menyebabkan dia dan gadis tersebut terbunuh. Namun dirinya tiba-tiba terbangun lagi di tempat awal ia berada pada dunia itu.

Tidak lama setelah itu Subaru menyadari bahwa dirinya mempunyai kemampuan "kembali dari kematian" yang memungkinkan dirinya kembali ke waktu sebelum ia meninggal dunia.

#2. No Game No Life

anime light novel terbaik

Sinonim: No Game, No Life, NGNL, ノーゲーム・ノーライフ
Total Episode: 12
Tayang: 2014
Studio: Madhouse
Source: Light novel
Genre: Game, Adventure, Comedy, Supernatural, Ecchi, Fantasy
Skor MAL: 8.40

No game no life merupakan salah satu anime isekai terbaik yang pernah suitosite bahas sebelumnya. Film ini sendiri menceritakan sepasang kakak beradik yang sama sama seorang NEET (Not in Education, Employment, or Training) alias pengangguran yang kerjaannya hanya bermain game setiap hari.

Cerita anime light novel terbaik ini berpusat pada Sora dan Shiro yang terkenal sebagai gamer yang ahli dalam hal apapun dan menganggap dunia nyata adalah game yang buruk. Suatu hari mereka berdua dibawa ke dunia game oleh seorang bernama Tet, dimana dalam dunia game tersebut, segala bentuk kekerasan sangat dilarang, dan apapun masalahnya harus diselesaikan dengan bermain game.

#1. Konosuba (Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!)

anime light novel terbaik

Sinonim: KonoSuba: God's Blessing on This Wonderful World!, Give Blessings to This Wonderful World!, この素晴らしい世界に祝福を!
Total Episode: 20
Tayang: 2016
Studio: Studio Deen
Source: Light novel
Genre: Adventure, Comedy, Parody, Supernatural, Magic, Fantasy
Skor MAL: 8.17

Anime light novel terbaik selanjutnya ini ceritanya bermula ketika Satou Kazuma, seorang pemuda yang merupakan hikikomori (pengangguran), meninggal dunia akibat kejadian yang sangat konyol dan memalukan.

Sebelum masuk dunia setelah kematian, Kazuma bertemu dengan seorang dewi cantik bernama Aqua. Dewi cantik ini menawarkan Kazuma bereinkarnasi ke sebuah dunia fantasi bergenre MMORPG dimana Kazuma bisa berpetualang layaknya pahlawan seperti di dalam game dimana dia bisa melakukan petualangan dan bertarung melawan monster.

Aqua juga menawarkan beberapa item atau kemampuan yang hebat untuk dibawa ke dunia selanjutnya. tapi dari tawaan yang diajukan Aqua, Kazuma malah memilih dirinya untuk dibawa ke dunia paralel ini berharap ia bisa berguna di dunia barunya nanti.

Namun, setelah ia sampai didunia baru yang sangat di harapkan Kazuma, dia baru sadar bahwa Aqua memiliki otaknya sangat standar dan sering membuat kekacauan.

Dengan Aqua yang tidak dapat kembali ke dunianya sebelum Raja Iblis dikalahkan, mereka berdua membentuk sebuah tim dan merekrut dua anggota lain yaitu seorang penyihir yang terobsesi dengan ledakan bernama Megumin dan seorang crusader masokhis bernama Darkness.

Baca JugaCeritanya Cukup Langka! Ini 42 Anime Vampire Terbaik

Nah itu dia beberapa daftar anime light novel terbaik yang ada hingga saat ini. Sebenarnya dari banyaknya anime light novel yang ada, masih banyak lagi yang belum tertulis di list ini. Tapi Suitosite cukupkan sekian dulu untuk daftar anime terbaik kali ini.

Mungkin dilain kesempatan, list ini akan ditambah lagi jika admin punya waktu luang. Jangan lupa untuk simak pembahasan anime menarik lainnya hanya di suitosite ya. Oh ya jangan lupa share dan komennya di setiap artikel yang kamu baca ya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar