30 Anime Mirip Attack On Titan (Shingeki No Kyojin) Ini Dijamin Seru! Apalagi No 12, Ceritanya Bikin Nagih

Suitofile Juni 24, 2018
Attack on Titan (Shingeki no Kyojin) merupakan salah satu anime action terbaik yang ada hingga saat ini. Kisahnya sendiri menceritakan umat manusia yang kini berada di ambang kepunahan akibat munculnya monster misterius pemakan manusia bernama "titan".

Dinding kokoh yang telah melindungi kota dimana Eren tinggal selama ber tahun tahun kini mulai bisa ditembus oleh para titan yang entah dari mana munculnya. Untuk melindungi sisa peradaban manusia dari titan ini, Eren sang karakter utama bergabung dengan pasukan tentara elit, dan mencoba untuk menguak kenapa para titan ini bisa muncul.

Karena anime ini memiliki popularitas yang sangat tinggi sejak pertama kali tayang, jadi jangan heran kalau banyak pengemar anime yang mencari anime mirip Attack On Titan (Shingeki no Kyojin) ini. Dari banyaknya anime yang ada, anime terbaik apa saja yang mirip dengan Attack On Titan? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Dijamin Seru! Ini 15 Anime Mirip Black Clover

Daftar Anime Mirip Attack on Titan


#30. Mirai Nikki

anime mirip attack on titan

Sinonim: The Future Diary, Mirai Nikki, Mirai Nikki (2011)
Total Episode: 26
Tayang: 2011-2012
Studio: Asread
Source: Manga
Genre: Action, Psychological, Supernatural, Thriller, Mystery, Shounen

Anime mirip attack on titan ini menceritakan tentang sebuah suvival game. Sang karakter utama bernama Amano Yukiteru tiba-tiba diseret kedalam game mematikan untuk mempertaruhkan nyawanya. Deus Ex Machina sang dewa ruang waktu ini juga membawa 11 kontestan lainnya.

Dibekali dengan sebuah diari yang dapat membaca masa depan, mereka akan saling berhadapan satu sama lain hingga menyisakan satu orang yang selamat. Dan barang siapa yang memenangkan game ini, ia akan mendapatkan kekuatan dan diangkat menjadi dewa ruang waktu selanjutnya menggantikan Deus.

#29. The Heroic Legend of Arslan (Arslan Senki)

anime mirip attack on titan

Sinonim: The Heroic Legend of Arslan
Total Episode: 25
Tayang: 2015
Studio: SANZIGEN, LIDENFILMS
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Historical, Drama, Fantasy, Shounen

Anime mirip attack on titan ini bercerita pada tahun 320. Di bawah kekuasaan Raja Andragora III, Kerajaan Pars sedang berperang dengan kekaisaran tetangga, Lusitania.

Meski berbeda dengan ayahnya dalam banyak aspek, Arslan, sang pangeran muda, siap untuk membuktikan keberaniannya di medan perang untuk pertama kalinya.

Namun, raja dikhianati oleh salah satu pejabat paling tepercayanya, tentara Parsian hancur dan ibu kota Ecbatana dikepung.

Tentara kerajaan menjadi berantakan, Arslan menjadi incaran mereka, dan Ecbatanapun diambil alih oleh kerajaan Lusitania.

Arslan pun terpaksa harus melarikan diri dengan jenderal pengikutnya yang setia, Daryun. Bersama temannya yang baru Narsus, Elam, Gieve, dan Farangis, kini Arslan mulai membangun kekuatan yang baru untuk melawan tentara Lusitania yang dipimpin oleh ksatria yang dikenal dengan sebutan Silvermask dan berusaha keras agar dapat merebut kembali kerajaannya yang pernah jatuh.

#28. Schwarzesmarken

anime mirip attack on titan

Total Episode: 12
Tayang: 2016
Studio: ixtl, LIDENFILMS
Source: Light novel
Genre: Action, Military, Sci-Fi, Historical, Drama, Mecha

Anime mirip attack on titan ini ceritanya berawal semenjak bergabung nya sang karakter utama bernama Katia Waldheim ke kelompok tentara TSF squadron 666, yaitu tentara khusus pembasmi BETA.

Ia punya alasan yang kuat mengapa bergabung dengan salah satu pasukan militer jerman timur satu ini, yang dikenal dengan julukan "nomor buas".

Katia mencari letnan jenderal alfred strachwitz,orang yang menginspirasi katia akan damai nya jerman barat dan timur dan saling bekerja sama untuk menumpas BETA.

Namun ideologi tersebut ditolak keras oleh theodor dan teman pasukan TSF 666 yang lainya, karena jika hal itu diketahui oleh pihak STASI maka nyawa katia dalam keadaan terancam, dan seluruh pasukan squadon TSF 666 dalam keadaan masalah karena merekrut orang yang dianggap mata-mata dari jerman barat.

#27. Ajin

anime mirip attack on titan

Sinonim: Ajin: Demi-Human
Total Episode: 13
Tayang: 2016
Studio: Polygon Pictures
Source: Manga
Genre: Action, Mystery, Horror, Supernatural, Seinen

Anime mirip attack on titan selanjutnya ini menceritakan manusia abadi bernama "Ajin". Ceritanya berfokus pada seorang anak bernama Kei, ia telah hidup sebagai manusia normal pada umumnya. Namun suatu hari, sebuah kecelakaan terjadi, ia tertabrak sebuah mobil.

Bukannya mati atau mengalami cidera, tak lama setelah kecelakaan itu, Kei malah terlihat seperti tidak kenapa kenapa. Orang yang melihat kejadian itu pun menjadi kaget dan baru menyadari bahwa Kei adalah seorang Ajin yang keberadaannya masih diliputi berbagai misteri yang belum diketahui.

#26. Twin Star Exorcists (Sousei no Onmyouji)

anime mirip attack on titan

Sinonim: Sousei no Onmyouji, Twin Star Exorcists
Total Episode: 50
Tayang: 2016-2017
Studio: Studio Pierrot
Source: Manga
Genre: Action, Supernatural, Romance, Fantasy, Shounen

Magano, sebuah alam paralel yang penuh dengan monster yang dikenal sebagai "Kegare" dan Onmyouji adalah sebutan untuk orang yang membunuh para "Kegare".

Adashino Benio bertekat untuk membunuh atau memusnahkan semua Kegare yang ada di Magano, Benio ingin menjadi lebih kuat untuk bisa balas dendam pada Kegare yang telah membunuh kedua orang tuanya.

Anime mirip attack on titan ini cerita utamanya mengisahkan anak laki laki yang bernama Enmadou Rokuro.

Rokuro mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa, tetapi dia sudah tidak ingin lagi menjadi Onmyouji karena masa lalu yang dia alami.

Rokuro juga merupakan anak dari keluarga exorcist, tapi ia lebih suka menjadi seorang penyanyi, pemain sepak bola atau apa pun itu selain menjadi seorang exorcist.

Pertemuan ia dengan Benio membuat Rokuro dipaksa untuk meningkatkan potensi kemampuan spirit-nya.

Karena persaingan mereka, keduanya justru mendapat gelar "Twin Star Exorcists", dua pejuang tertinggi yang ditakdirkan untuk menikah dan melahirkan prajurit spiritual tertinggi.

#25. D.Gray Man

anime mirip attack on titan

Sinonim: D-Gray Man, D.Gray-man, D. Gray-man, D. Grey-man
Total Episode: 110+
Tayang: 2006-2008
Studio: TMS Entertainment
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Comedy, Super Power, Demons, Shounen

Cerita anime mirip attack on titan ini berlatar di Eropa abad ke-19 dimana iblis/ monster bernama Akuma hidup. Akuma adalah senjata mekanik yang diciptakan Millennium Earl dari jiwa orang yang sudah mati, dan ia berkeinginan untuk membasmi umat manusia.

Satu-satunya jalan untuk memerangi makhluk-makhluk ini adalah kelompok yang secara khusus dilatih untuk membasmi Akuma bernama Exorcist. Untuk membasmi jiwa yang kini menjadi Akuma dibuatlah senjata bernama "Innocence" .

Dengan senjata "Innocence" dan mata terkutuk yang dimiliki Allen Walker yang dapat melihat jiwa penderitaan dalam Akuma, ia bersama organisasi bernama Black Order harus berkeliling dunia untuk berjuang dan menghabisi semua Akuma dan Millenium Earl untuk mencegah kehancuran dunia.

#24. Darling in the FranXX

anime mirip attack on titan

Total Episode: 24
Tayang: 2018
Studio: A-1 Pictures, Trigger, CloverWorks
Source: Original
Genre: Action, Drama, Mecha, Romance, Sci-Fi

Bersetting di masa depan dimana bumi sudah hancur, dan kini umat manusia mendirikan benteng yang dinamakan Plantation. Anime mirip attack on titan ini menceritakan para anak-anak yang tidak tau tentang dunia luar dan hidupnya bagaikan burung dalam sangkar.

Setiap hari, mereka berjuang untuk menjalankan misi dengan mengendarai robot bernama Franxx, dan harus menghadapi raksasa misterius yang dikenal sebagai Kyouryuu. Cerita utamanya berpusat pada seorang anak bernama Hiro yang dikenal dengan panggilan Code 016.

Hiro yang tidak bisa mengendarai Franxx bagaikan seorang yang tidak diperlukan lagi keberadaannya. tapi suatu hari, seorang gadis misterius yang memiliki tanduk di kepalanya yang dikenal dengan nama Zero Two muncul di hadapannya, berkat pertemuan ini, Hiro tak disangka bisa memiloti sebuah FranXX tipe khusus.

Baca Juga: 30 Anime Mirip Darling in the FranXX, Salah Satu Anime Mecha Terbaik Dengan Kisah Cinta Segitiga

#23. World Trigger

anime mirip attack on titan

Total Episode: 73
Tayang: 2014-2016
Studio: Toei Animation
Source: Manga
Genre: Action, Sci-Fi, Supernatural, School, Shounen

Anime mirip attack on titan ini kisahnya menceritakan tentang sebuah kota yang tiba-tiba diserang oleh mahlauk misterius seperti anime anime attack on titan. Para manusianya juga sama-sama terancam dan berlindung dibalik sebuah bangunan/ gerbang raksasa.

Mengisahkan suatu hari di Kota Mikado, sebuah gerbang menuju dimensi lain telah terbuka secara paksa. Dari situ muncul makhluk yang tak mempan terhadap senjata manusia yang disebut "Neighbors" yang mengancam seluruh umat manusia.

Satu-satunyanya pertahanan bumi adalah sebuah kelompok prajurit misterius bernama "Border". Para Border ini telah meneliti teknologi "Neighbors" untuk melindungi gerbang. Dan dalam waktu singkat mereka membangun markas besar untuk melindungi kota dari serangan "Neighbors".

#22. Sidonia no Kishi

anime mirip attack on titan

Sinonim: Knights of Sidonia, Sidonia no Kishi, Knights of Sidonia: Battle for Planet Nine, Knights of Sidonia: War of the Ninth Planet, Sidonia no Kishi: Dai-kyuu Wakusei Seneki
Total Episode: 24
Tayang: 2014-2015
Studio: Polygon Pictures
Source: Manga
Genre: Action, Mecha, Sci-Fi, Seinen, Space

Hidup dibawah bayang bayang keputusasaan, dan ras manusia kini mulai terancam, anime mirip attak on titan ini mengisahkan manusia yang hidup disebuah kapal bernama Sidonia. Umat manusia yang kini tersisa hanya kurang dari 500 ribu orang ini harus bisa bertahan hidup di luar angkasa dari serangan ras alien bernama gauna. Untuk mencegah serangan tak terduga dari gauna, seorang pemuda bernama Nagate Tanikaze berlatih dengan sebuah simulator guardian tua.

#21. Terra Formars

anime mirip attack on titan

Total Episode: 26 (2 season)
Tayang: 2014
Studio: LIDENFILMS, TYO Animations
Source: Manga
Genre: Action, Sci-Fi, Space, Horror, Drama, Seinen

Anime mirip attack on titan selanjutnya adalah Terra Formars. Untuk menjadikan planet Mars sebagai tempat tinggal yang layak, para ilmuan melakukan penelitian dengan cara mengirim kecoa ke planet ini. Lima ratus tahun kemudian, kapal berawak pertama dikirim ke Mars.

Setelah sampai disana mereka malah diserang oleh kecoa yang berbentuk manusia dengan kekuatan fisik yang luar biasa, yang kemudian diberi label "Terraformar". Untuk meneliti hubungan antara virus bernama Alien Engine Virus, atau A.E. Virus yang mulai mewabah di bumi dan kecoa yang mulai bermutasi menjadi sosok yang mengerikan, tentara manusia yang dimodifikasi secara genetis mulai dikirim untuk menghadapi para kecoa ini.

#20. Tokyo Ghoul

anime mirip attack on titan

Sinonim: Tokyo Ghoul, Tokyo Kushu, Toukyou Kushu, Toukyou Ghoul
Total Episode: 36
Tayang: 2014, 2015, 2018
Studio: Studio Pierrot, Pierrot Plus
Source: Manga
Genre: Action, Mystery, Horror, Psychological, Supernatural, Drama, Seinen

Selain memiliki banyak aksi dan jalan cerita yang juga keren, salah satu anime gore terbaik ini juga mirip anime attack on titan. Bisa dibilang sang karakter utama masing masing seri ini juga merupakan manusia setengan monster.

Kisahnya sendiri menceritakan seorang mahasiswa bernama Ken Kaneki yang menyukai seorang gadis bernama Rize Kamishiro. Setelah ia mengobrol di cafe dan mau mengantarnya pulang, Rize memperlihatkan identitas aslinya yang ternyata seorang ghoul.

Untungnya, sebuah kecelakaan terjadi di sebuah konstruki bangunan yang membuat Rize wafat, namun karena kejadian ini juga Kaneki menjadi sekarat. Untuk menolongnya, transplantasi organ dalam di lakukan antara organ tubuh Rize dengan Kaneki.

Tak lama selang kejadian ini Kaneki berubah menjadi seorang Ghoul.  Tak lama setelah itu juga Kaneki menyadari bahwa Tokyo dimana ia tinggal telah menjadi kota yang telah lama dihuni oleh para "Ghoul" yaitu sejenis mahluk yang haus akan darah dan daging manusia.

Baca Juga: Dijamin Menegangkan! Ini 30 Anime Mirip Tokyo Ghoul Yang Sama Sama Memiliki Kisah Dan Aksi Yang Keren

#19. Blood C

anime mirip attack on titan

Total Episode: 12
Tayang: 2011
Studio: Production I.G
Source: Manga
Genre: Action, Mystery, Horror, Supernatural, Vampire, School

Anime Blood C ini menceritakan tentang kehidupan seorang gadis bernama Saya Kisaragi yang merupakan sebuah subjek eksperimen. Pada siang hari, ia terlihat seperti gadis biasa pada umumnya. Tetapi pada malam hari, dia memiliki tugas untuk membasmi makhluk-makhluk pemangsa manusia yang disebut Furukimono.

Tapi seiring berjalannya waktu dan telah melewati banyak pertarungan, ia mempelajari banyak hal tentang siapa dia dan apa tugas sebenarnya dari pertarungannya sampai akhirnya ia mengetahui rahasia yang tersembunyi dibalik pertarungannya dengan Furukimono

#18. Owari no Seraph

anime mirip attack on titan

Sinonim: Seraph of the End: Vampire Reign, Seraph of the End
Total Episode: 24
Tayang: 2015
Studio: Wit Studio
Source: Manga
Genre: Action, Military, Supernatural, Drama, Vampire, Shounen

Bisa dibilang, anime tentang vampir ini juga mirip attack on titan. Jika di seri attack on titan para manusianya itu dimakan oleh titan, tapi di anime ini para manusianya dijadikan semacam ternak untuk di ambil darahnya oleh para vampirnya.

Kisahnya sendiri bermula ketika sebuah virus yang menghancurkan populasi manusia muncul. Banyak dari mereka yang meninggal dan hanya menyisakan anak anak di bawah usia tiga belas tahun yang masih hidup. Pada saat yang sama para vampir muncul menyelamatkan anak anak yang masih hidup dan membawa mereka ke tempat yang aman.

Namun sebagai ganti atas perlindungan yang diberikan oleh vampir ini, para vampir meminta mereka untuk menyumbangkan darahnya. Namun saat sang karakter utama bernama Yuuichirou kabur dari para vampir ini, ternyata masih banyak manusia di luar sana yang hidup dan selamat.

Menyadari telah dibodohi dan dijadikan seperti hewan ternak, kini Yuuichirou bertekad membasmi semua vampir untuk membuat dunia yang lebih baik.

#17. Chrome Shelled Regios

anime mirip attack on titan

Sinonim: Chrome Shelled Regios, Koukaku no Regios, Kokaku no Regios
Total Episode: 24
Tayang: 2009
Studio: Zexcs
Source: Light novel
Genre: Action, Adventure, Fantasy, School, Sci-Fi

Mengisahkan bumi pasca-apokaliptik yang dibanjiri dengan binatang bermutasi disebut Filth Monster atau Limbeekoon, umat manusia dipaksa untuk hidup di kota-kota besar bernama Regios dan belajar menggunakan senjata yang disebut Dite serta memanfaatkan kekuatan KEI untuk bertahan hidup.

Pusat cerita anime mirip attack on titan ini berada di Kota Zuellni, Layfon Alseif sang karakter utama berharap untuk memulai hidup baru dan melupakan masa lalunya.

Namun, masa lalunya sebagai pasukan elit telah menarik perhatian orang bernama Karian Loss dan Kapten Peleton 17 bernama Nina Antalk yang langsung mengakui kemampuannya dan memutuskan dia calon yang sempurna untuk bergabung dengan kelompoknya.

#16. Muv-Luv Alternative: Total Eclipse

anime mirip attack on titan

Sinonim: Muv-Luv Alternative: Total Eclipse, MuvLuv Alternative Total Eclipse, MLA TE
Total Episode: 24
Tayang: 2012
Studio: Satelight, ixtl
Source: Light novel
Genre: Action, Mecha, Military, Sci-Fi

Meskipun anime ini bergenre mecha, tapi seri ini juga memiliki banyak kesamaan dengan attack on titan. Sama sama memiliki banyak aksi berdarah dan juga manusia berada di ambang kepunahan, anime ini menceritakan tentang manusia yang mulai dibantai oleh ras alien.

Untuk menyelamatkan umat manusia, Yuuya Bridges, seorang pilot setengah Jepang, setengah Amerika ditugaskan ke sebuah skuadron elit PBB untuk mengembangkan TSF (Tactical Surface Fighters) baru yaitu perangkat perang berbentuk robot yang mampu mengalahkan kekuatan alien bernama BETA.

#15. Claymore

anime mirip attack on titan

Total Episode: 26
Tayang: 2007
Studio: Madhouse
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Super Power, Demons, Supernatural, Fantasy, Shounen

Nah kalau anime mirip attack on titan yang satu ini sih menceritakan manusia yang mulai resah akibat monster pemakan otak manusia bernama Yoma muncul dimana mana. Selain memiliki banyak aksi gore, anime ini juga mengisahkan para prajurit khusus yang dikirim untuk membasmi monster di setiap masing masing seri.

Untuk membasmi para Yoma ini, sebuah oraganisasi misterius tanpa nama, menciptakan manusia setangah yoma untuk membunuh mereka. Prajurit bernama "Claymore" ini adalah satu satunya orang yang dapat mendeteksi para yoma, karena mahluk ini dapat berubah dan memiliki ingatan tentang orang yang telah ia makan otaknya.

#14. Aldnoah.Zero

anime mirip attack on titan

Total Episode: 24
Tayang: 2014
Studio: A-1 Pictures, TROYCA
Source: Original
Genre: Action, Military, Sci-Fi, Mecha

Aldnoah.Zero memiliki kemiripan sama-sama mengisahkan berada di ambang kehancuran dari serangan pihak luar. Bedanya aldnoah itu genrenya mecha dan diserang oleh manusia dari mars menggunakan robot, sedangkan attack on titan diserang oleh para titan dari negara sebelah.

Anime mirip attack on titan ini kisahnya menceritakan tentang sebuah konflik antara Mars dengan Bumi yang tak kunjung usai. Awalnya, para manusia menemukan sebuah hypergate di bulan yang memungkinkan manusia untuk melakukan teleport ke planet Mars.

Semenjak saat itu banyak orang yang mulai tinggal disana dan menemukan tekologi lain bernama "Aldnoah". Dan akibat penemuan ini pula, kekaisaran Vers dibentuk di Mars. Nah semenjak pembentukan kekaisaran di Mars, manusia di sana mulai menganggap bahwa manusia bumi adalah mahluk rendahan.

Dan konfilk mulai memanas semenjak putri dari Mars bernama Asseylum ingin menjalin kerjasama serta berdamai dengan bumi.

#13. Neon Genesis Evangelion

anime mirip attack on titan

Sinonim: Shinseiki Evangelion
Total Episode: 26
Tayang: 1995-1996
Studio: Gainax, Tatsunoko Production
Source: Original
Genre: Action, Sci-Fi, Dementia, Psychological, Drama, Mecha

Mengisahkan dunia yang sudah sangat kacau dan bisa dibilang sudah berada di ambang kehancuran. Beberapa daratan dan pulau sudah menghilang, cuaca sudah tak menentu dan kejadian ini desebabkan oleh sebuah bencana jatuhnya meteor yang diberinama "Second Impact".

Namun kenyataanya adalah bencana ini terjadi setelah sebuah eksperimen gagal yang dilakukan pada satu makhluk cahaya raksasa yang kemudian dikenal sebagai Angel pertama, yaitu Adam.

Harapan terakhir umat manusia kini ada di tangan sebuah badan khusus di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa bernama Nerv. Dan anime mirip attack on titan ini kisah utamanya menceritakan seorang anak berusia 14 tahun bernama Shinji Ikari.

Ia adalah seorang anak yang memiliki kecocokan paling tinggi untuk mengendarai sebuah robot berbentuk manusia bernama Evangelion yang akan menghabisi para Angel yang kini mulai meresahkan manusia.

#12. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

anime mirip attack on titan

Sinonim: Fullmetal Alchemist: Brotherhood, Hagane no Renkinjutsushi: Fullmetal Alchemist, Fullmetal Alchemist (2009), FMA, FULLMETAL ALCHEMIST
Total Episode: 64
Tayang: 5 April 2009 - 4 Juli 2010
Studio: Bones
Source: Manga
Genre: Action, Military, Adventure, Comedy, Drama, Magic, Fantasy, Shounen

Anime mirip attack on titan berikutnya ini menceritakan kisah Ed dan Al. Untuk menghidupkan kembali ibunya yang sudah meninggal, Ed dan Al melakukan transmutasi manusia yang dilarang oleh negaranya.

Karena tindakan yang berbahaya ini, Ed kehilangan sebagian lengan dan kakinya sementara Al kehilangan seluruh tubuhnya.

Untuk mengembalikan tubuh Al seperti sedia kala, Ed menjalani serangkaian tes untuk menjadi Alchemist Negara demi mencari info supaya tubuh mereka bisa kembali seperti semula. Dan saat berbagai macam riset mengarah pada sebuah Batu Bertuah, mereka pun mulai mencarinya.

Namun saat mereka melakukan perjalanan untuk menemukan batu bertuah yang konon dapat menyembuhkan penyakit apapun tanpa melakukan pertukaran setara dari teknik alkemia, kebenaran tentang batu ini terungkap.

Batu bertuah ini ternyata terbuat dari jiwa manusia hidup. Sepanjang perjalanan, mereka akan berhadapan dengan tujuh dosa mematikan yang ternyata mengincar batu bertuah demi kepentingannya sendiri.

Untuk mengembalikan tubuh mereka dan juga melindungi manusia dari eksperimen berbahaya ini, sepanjang perjalanan mereka akan berhadapan dengan berbagai konflik antar Al, Ed dan juga sebuah misteri kenapa batu ini bisa ada.

#11. Deadman Wonderland

anime mirip attack on titan

Sinonim: Deadman Wonderland, DEADMAN WONDERLAND
Total Episode: 12
Tayang: 2011
Studio: Manglobe
Source: Manga
Genre: Action, Sci-Fi, Horror, Shounen

Cerita anime mirip attack on titan ini bermula saat munculnya Akai Otoko (Red Man) yang tiba-tiba datang dan membunuh satu kelas di sebuah SMP. Dari seluruh murid di kelas tersebut, satu orang sengaja dibiarkan hidup. Dialah Igarashi Ganta.

Karena Ganta satu-satunya orang yang hidup, dia pun difitnah telah melakukan pembantaian atas kematian teman-teman sekelasnya.

Walaupun sudah mengelak dan mengatakan yang sebenarnya dia tetap dinyatakan bersalah dan harus menerima hukuman. Dan hukuman yang tepat untuknya adalah hukuman mati.

Ganta pun harus menjalani hari-harinya di sebuah penjara khusus bernama Deadman Wonderland sebelum hari kematiannya. Tempat ini merupakan sebuah penjara berbentuk taman bermain untuk menghibur para penonton.

Sayangnya permainan yang dimainkan adalah permainan death battle. Jika kamu kalah, kamu mati. Demikianlah peraturannya. Disana para narapidana harus melakukan permainan hidup atau mati demi mendapatkan coin yang bisa di tukar untuk mendapat makan.

#10. Akame Ga Kill

anime mirip attack on titan

Sinonim: Akame ga Kill!, Akame ga Kiru!
Total Episode: 24
Tayang: 2014
Studio: White Fox
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy, Shounen

Nah kalau anime mirip attack on titan ini sih ceritanya tentang seorang pemuda bernama Tatsumi yang memutuskan pergi ke ibu kota untuk menjadi seorang prajurit agar bisa menyelamatkan orang-orang di desanya dari pajak yang sangat tinggi dan tidak manusiawi.

Namun saat dalam perjalanan menuju kota, Tatsumi bertemu dengan kelompok bernama "Night Raid" yang tiba-tiba menghabisi orang yang terlihat tidak berdosa dimatanya.

Dan setelah Night Raid mengatakan kebenaran yang terjadi tentang ibu kota yang dipenuhi oleh pejabat-pejabat korup dan melihat sendiri kebenaran yang terjadi, Tatsumi memutuskan untuk bergabung dengan Night Raid.

Dan bersama Night Raid, Tatsumi memutuskan untuk menghabisi para koruptor dan berharap bisa membebaskan kerajaan dari para pejabat-pejabat yang rakus akan harta dan juga menolong desanya yang sudah sangat menderita.

#9. Highschool of the Dead

anime mirip attack on titan

Sinonim: High School of the Dead, Gakuen Mokushiroku: Highschool of the Dead, HOTD, HSOTD
Total Episode: 12
Tayang: 2010
Studio: Madhouse
Source: Manga
Genre: Action, Horror, Supernatural, Ecchi, Shounen

Saat ini dunia mulai tak aman lagi akibat suatu virus/ pandemik mematikan yang belum diketahui asalnya.

Hal ini dapat membuat orang-orang yang terjangkit virus ini berubah menjadi zombie dan mulai kehilangan kendali serta akan mengejar dan menyerang manusia-manusia yang lainnya.

Kisah anime mirip attack on titan ini sendiri bermula saat sang tokoh utama bernama Takashi Komuro, melihat kejadian aneh didepan gerbang sekolahnya.

Disana ada orang yang mencoba memaksa masuk kedalam sekolah, namun dihalau oleh para penjaga sekolah yang ada disana.

Orang aneh tersebut terus memaksa masuk dan mendobrak gerbang sekolah hingga akhirnya ia menggigit lengan penjaga sekolah, untuk beberapa saat penjaga tak sadarkan diri hingga selang beberapa saat orang yang tergigit bangkit dan mulai menggigit guru-guru disana.

Melihat kejadian ini Takashi mulai merasa aneh dan curiga dan kemudian memberitahukan kejadian tersebut kepada orang-orang lainnya.

Pada awalnya orang-orang hanya menyebut itu sebuah lelucon, tapi akhirnya orang-orang yang tergigit tadi benar-benar mulai kehilangan kendali dan menyebar keseisi sekolah.

Kini Takashi dihadapkan dengan situasi sulit, dimana jika ia kena gigitan ini ia akan menadi zombie seperti yang lainnya. Untuk menyelamatkan diri, Takashi mulai mengumpulkan orang-orang yang selamat untuk menyerang balik para zombi sebelum wabah ini menyebar lebih luas lagi.

#8. Tengen Toppa Gurren Lagann

anime mirip attack on titan

Sinonim: Gurren Lagann, Tengen Toppa Gurren-Lagann, Making Break-Through Gurren Lagann, Heavenly Breakthrough Gurren Lagann, TTGL, Gurren Laggan
Total Episode: 27
Tayang: 2007
Studio: Gainax
Source: Original
Genre: Action, Adventure, Comedy, Mecha, Sci-Fi

Salah satu anime mecha terbaik sepanjang masa ini bercerita di masa depan yang jauh semua orang hidup di gua bawah tanah yang sangat besar, rata-rata orang yang hidup di gua bawah tanah tidak mengenal dan mengetahui tentang dunia atas bahkan langit yang biru.

Dari sekian banyaknya gua bawah tanah yang tersebar di seluruh dunia ada sebuah desa kecil yang bernama Jiha, di desa itu ada seorang anak yang bernama Simon dan seorang pemuda yang bernama Kamina.

Mereka membentuk sebuah grup untuk melarikan diri dari dari desa untuk menunjukan pada semua orang bahwa dunia atas itu ada dan dipermukaan itu ada langit yang begitu indah. Cerita utama anime mirip attack on titan ini berpusat pada Shimon yang menemukan Core Drill yang ternyata merupakan kunci pengendali Gunmen.

Bersama Kamina dan Yoko Littner mereka berpetualang untuk membasmi Beastmen. Robot Shimon yang bernama Lagann dapat bergabung dengan robot Kamina yang bernama Gurren, menjadi sebuah Gunmen super kuat yang bernama Gurren Lagann.

#7. Ao no Exorcist

anime mirip attack on titan

Sinonim: Blue Exorcist, Ao no Futsumashi, Blue Exorcist: Kyoto Saga, Blue Exorcist: Kyoto Impure King Arc
Total Episode: 37
Tayang: 2011 & 2017
Studio: A-1 Pictures
Source: Manga
Genre: Action, Demons, Fantasy, Shounen, Supernatural

Ao no Exorcist ini berlatar di sebuah dunia dimana dunia tersebut terbagi kedalam 2 dimensi, yaitu Dimensi Assiah (manusia) dan Dimensi Gehenna (setan). Cerita anime mirip attack on titan ini berpusat pada seorang tokoh bernama Rin Okumura dan adik kembarnya Yukio Okumura yang dibesarkan oleh seorang Exorcist (pembasmi setan) bernama Shiro Fujimoto.

Sedari kecil mereka telah dirawat olehnya layaknya anak sendiri. Tapi suatu hari sang raja iblis Satan ingin menyatukan dimensi manusia dan dimensi setan dengan merasuki tubuh Shiro yang menyebabkannya meninggal untuk berkorban demi anak angkatnya.

Karena merasa terlalu lemah dan tidak berguna, Rin akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang Exorcist seperti orangtua yang telah membesarkannya agar menjadi lebih kuat dan bisa mengalahkan Satan dan juga melindungi apa yang berharga baginya.

Untuk mewujudkan hal itu, Rin mendaftarkan diri ke sebuah Akademi bernama Sei Juuji Gakuen, yaitu sebuah sekolah yang didedikasikan untuk melindungi dunia manusia (Assiah) dari alam setan (Gehenna).

Tak lama setelah Rin masuk kedalam akademi ini, ia kaget dan baru menyadari karena Yukio ternyata sudah menjadi exorcist terlebih dahulu sebelum dirinya, bahkan ia merupakan salah satu guru yang mengajar disana.

#6. Kiseijuu Sei no Kakuritsu

anime mirip attack on titan

Sinonim: Parasyte -the maxim-, Parasite, Parasitic Beasts, Parasyte
Total Episode: 24
Tayang: 2014-2015
Studio: Madhouse
Source: Manga
Genre: Action, Sci-Fi, Horror, Psychological, Drama, Seinen

Anime mirip attack on titan ini bercerita tentang alien berbentuk parasyte. Makhluk ini mampu mengambil alih seluruh tubuh manusia dengan cara menginfeksi otaknya.

Ketika sudah berhasil mengambil alih tubuh korban, parasyte akan membunuh dan memakan sesama manusia agar bisa bertahan hidup.

Akibatnya, banyak manusia yang mati di tangan parasyte karena mereka memiliki wujud yang sama seperti manusia dan tidak disadari oleh siapapun.

Ceritanya sendiri berpusat pada Izumi Shinichi, sebenarnya ia adalah salah satu korban dari parasite ini. Beruntung saat alien ini mencoba untuk mengambil alih otaknya melalui lubang telinganya, saat itu ia sedang menggunakan earphone.

Tapi disaat gagal mengambil alih otaknya, sang alien ini malah mengambil alih salah satu lengannya. Dan semenjak saat itu Shinichi kehilangan salah satu lengannya karena sistem sarafnya telah diambil oleh alien tadi.

Sebagai satu-satunya orang yang mengetahui fakta dibalik adanya parasite berbahaya ini, Shinichi merasa punya tanggung jawab untuk menghentikan kebiadabannya parasyte.

Oleh karena itu, dia pun bekerja sama dengan "Migi" parasyte yang kini ada di tangan kanannya untuk memberantas semua parasyte yang ada di muka bumi demi keselamatan umat manusia dan juga Migi yang mulai terancam.

#5. Guilty Crown

anime mirip attack on titan

Total Episode: 22
Tayang: 2011-2012
Studio: Production I.G
Source: Original
Genre: Action, Sci-Fi, Super Power, Drama, Romance

Anime mirip attack on titan ini berlatar waktu pada tahun 2039, dimana pada saat itu Jepang telah berada dibawah kendali sebuah organisasi multinasional yang disebut GHQ, akibat dilanda suatu virus tak dikenal sejak 10 tahun silam yang dikenal sebagai "Lost Christmas".

Suatu hari, secara kebetulan sang tokoh utama, Ouma Shu, seorang lelaki berusia 17 tahun bertemu dengan Yuzuriha Inori, penyanyi kesukaannya yang terkenal di dunia internet. Pertemuan tak terduga ini mengakibatkan kekuatan tesembunyi Ouma Shu muncul.

Ternyata Shu memiliki kekuatan supernatural di tangan kanannya yang dapat mengekstrak alat atau senjata dari tubuh teman-temannya.

Kemampuan tersebut didapat Shu ketika ia bertemu dengan Inori yang ternyata merupakan anggota kelompok gerilyawan yang ingin membebaskan Jepang dari kendali GHQ yang disebut "Undertaker".

Setelah pertemuan itu, Shuu mulai terseret dalam pertempuran sengit antara Undertakers dengan GHQ.

#4. Bleach

anime mirip attack on titan

Total Episode: 366
Tayang: 2004-2012
Studio: Studio Pierrot
Source: Manga
Genre: Action, Adventure, Comedy, Super Power, Supernatural, Shounen

Bleach merupakan salah satu anime shounen terbaik yang ada hingga saat ini. Disini ceritanya punya kemiripan tentang manusia yang terancam oleh suatu mahluk, (hollow di anime bleach, titan di anime attack on titan) kedua karakter utama film ini juga sama-sama kehilangan ibunya akibat mahluk yang mengancam umat manusia tadi.

Kisahnya bercerita tentang Ichigo Kurosaki, seorang pelajar SMA yang memiliki kemampuan untuk melihat roh, dan juga Rukia Kuchiki, seorang shinigami (dewa kematian) yang pada suatu hari bertemu dengan Ichigo sewaktu sedang memburu roh jahat yang disebut Hollow.

Pada saat Rukia bertarung melawan hollow tersebut ia terluka, karena tidak memiliki pilihan lain, Rukia akhirnya memindahkan kekuatan shinigami-nya kepada Ichigo untuk menggantikannya sebagai Shinigami pengganti.

Sejak saat itulah kekuatan Ichigo yang selama ini terpendam pun mulai bangkit dan memperlihatkan bakatnya sebagai Shinigami yang hebat. Akibat kejadian ini, Ichigo mulai terlibat menjadi shinigami untuk membasmi para Hollow.

Semenjak saat itu juga Ichigo mulai menjadi seorang shinigami yang bertugas untuk mengantarkan Hollow/ arwah gentayangan ke Soul Society.

#3. God Eater

anime mirip attack on titan

Total Episode: 13
Tayang: 2015-2016
Studio: ufotable
Source: Game
Genre: Action, Military, Sci-Fi, Fantasy

Anime mirip attack on titan ini juga menceritakan manusia yang berada di ambang kepunahan, dan mereka juga hidup dibalik dinding atau kota tertentu untuk menyelamatkan sisa peradaban manusia dari monster bernama Aragami.

Untuk bertahan hidup dari serangan monster yang dapat berevolusi menjadi lebih kuat ini, para manusia terpilih yang dapat menggunakan senjata yang terbuat dari sel Aragami bernama "God Arcs" bergabung dengan sebuah organisasi bernama Fenrir.

#2. Black Bullet

anime mirip attack on titan

Total Episode: 13
Tayang: 2014
Studio: Kinema Citrus, Orange
Source: Light novel
Genre: Action, Sci-Fi, Mystery, Seinen

Sama sama menceritakan tentang bertahan hidup dari serangan monster dibalik dinding dan kota, anime mirip attack on titan ini bercerita tentang seorang gadis kecil bernama Aihara Enju, yaitu anak terkutuk, sebutan bagi manusia yang berubah menjadi manusia setengah gastrea akibat virus misterius.

Enju memiliki gen Gastrea di dalam darahnya, hal ini terjadi karena saat ibunya sedang hamil, ia terinfeksi virus misterius yang bisa merubah manusia menjadi Gastrea. Bersama dengan partnernya yang bernama Satomi Rentarou, ia diwajibkan untuk melindungi manusia dari para Gastrea.

#1. Koutetsujou no Kabaneri

anime mirip attack on titan

Sinonim: Kabaneri of the Iron Fortress
Total Episode: 12
Tayang: 2016
Studio: Wit Studio
Source: Original
Genre: Action, Drama, Fantasy, Horror

Banyak yang bilang kalau anime ini adalah kembarannya attack on titan. Kenapa bisa begitu? karena selain digarap di studio anime yang sama, anime ini juga mengusung topik, plot dan juga poin utama dari anime Attack on Titan.

Kisahnya juga sama sama menceritakan monster yang tiba-tiba muncul menyerang manusia dan mereka berlindung di balik tempat tertentu. Jika anime attack on titan berlindung di balik dinding, maka seri ini manusianya berlindung di balik stasiun dan kota yang dilindungi tembok.

Koutetsujou no Kabaneri sendiri bercerita tentang seorang laki-laki bernama Ikoma, untuk membasmi monster bernama kabane ia menciptakan sebuah senjata bernama Tsuranukizutsu yaitu senjata khusus yang dibuat untuk mengalahkan monster tersebut.

Next > Dijamin Seru! Ini 30 Anime Mirip Nanatsu No Taizai (No 18 Merupakan Anime Action Terbaik Dengan Karakter Utama Overpower)

Nah itu dia anime mirip attack on titan (shingeki no kyojin) yang juga sebagian besarnya memiliki tema tentang manusia yang berada di ambang kepunahan dan juga bertahan hidup. Dari anime di atas, mana anime favoritmu?

Oh ya, jika kamu mau menambahkan seri anime mirip attack on titan lainnya yang belum tertulis di atas, silahkan diskusikan di kolom komentar ya. Jangan lupa juga share dan simak pembahasan anime menarik lainnya hanya di Suitosite.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar